Akibat Pasien Positif Covid-19, IGD RSUD Ciamis Ditutup Sementara Waktu

IGD RSUD Ciamis
RSUD Ciamis. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Adanya pasien yang terpapar covid-19, IGD RSUD Ciamis tutup sementara waktu. Hal tersebut karena akan adanya sterilisasi ruangan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Jumat (27/11/2020).

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Kabupaten Ciamis, dr. Ramdan, mengatakan, penutupan IGD tersebut karena sebelumnya ada pasien terpapar covid-19. Sehingga ini sebagai langkah agar tidak menyebar ke pasien lain maupun karyawan.

“Beberapa hari lalu ada pasien diobservasi 3 sif, lalu rapid test dan hasilnya positif. Tidak mau ambil risiko, kami langsung melakukan penutupan IGD sementara waktu untuk sterilisasi ruangan,” katanya.

Ramdan menuturkan, sebanyak 33 perawat dan 12 Dokter yang biasa melayani di IGD RSUD Ciamis saat ini sedang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Kalau karyawan saat ini tidak ada gejala karena mereka memakai alat pelindung diri (APD) level 2, jadinya aman. Namun begitu, nanti setelah 4 hari mereka juga akan melakukan tes swab untuk memastikan saja apakah terpapar atau tidak,” tuturnya.

Baca juga: Persiapan Pilkades di Ciamis, Wajib Prokes Ketat saat Pemungutan Suara

Waktu Penutupan IGD RSUD Ciamis

Penutupan ini, lanjutnya, terhitung 26 hingga 27 November 2020 pukul 17.00 WIB. Ramdan pun menyarankan warga yang akan berobat bisa datang ke IGD RS terdekat.

“Mudah-mudahan saja nanti sore IGD RSUD Ciamis sudah bisa kembali melayani. Namun, itu juga harus nunggu hasil rekomendasi. Tapi, kepada masyarakat jangan cemas dan panik karena masyarakat juga bisa ke IGD RS terdekat,” ucapnya.

Ramdan menambahkan, dalam penanggulangan penanganan covid-19, butuh dorongan dan partisifpasi dari semua pihak.

Hal ini agar covid-19 di Kabupaten Ciamis bisa ditangani dan angka kasus bisa kembali menurun.

“Maka dari itu, dengan adanya penutupan sementara kami harap masyarakat bisa memakluminya. Mudah-mudahan covid-19 bisa segera menghilang,” pungkasnya. (Ferry/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid