Aksi Forum Umat Islam Kota Banjar Bakar Poster Presiden Prancis

Aksi pembakaran poster Presiden Prancis oleh massa aksi yang tergabung dalam Forum Umat Islam Kota Banjar. Foto: Muhlisin/HR.
Aksi pembakaran poster Presiden Prancis oleh massa aksi yang tergabung dalam Forum Umat Islam Kota Banjar. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Aksi Forum Umat Islam Kota Banjar, Jawa Barat, membakar poster Presiden Prancis, Emanuel Marcon, dipicu karena pemimpin negara tersebut telah menghina Nabi Muhammad SAW.

Selain membakar poster Emanuel Marcon, ratusan massa aksi yang tergabung dalam Forum Umat Islam dan Masyarakat Kota Banjar, juga melakukan konvoi menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Dalam aksi bakar poster Presiden Prancis yang berlangsung di Alun-alun Kota Banjar, Jum’at (06/11/2020), salah seorang orator, Asep Mukhtar atau dikenal Asep Samurai, menyerukan kepada umat Islam untuk bersama-sama membela Nabi Muhammad SAW, dari penghinaan yang dilakukan Emanuel Macron.

Menurutnya, pernyataan Presiden Prancis yang menyebut bahwa membuat karikatur Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk kebebasan berekspresi, telah melukai perasaan umat muslim. Karena itu umat muslim harus melawannya.

“Kita mengutuk orang yang menghina nabi karena kita mencintai Rosulullah. Untuk itu, mereka yang menghina nabi harus kita lawan,” ujar Asep, dalam orasinya.

Boikot Produk Prancis

Baca Juga : Aksi Massa Tolak Omnibus Law Blokade Jalan HZ Mustofa Tasikmalaya

Penanggung jawab aksi, KH. Mukhtar Ghozali, menambahkan, aksi Forum Umat Islam Kota Banjar ini merupakan bentuk perlawanan agar mereka yang menghina nabi tidak berbuat semena-mena.

Ia menegaskan, umat Islam yang selama ini sudah terlalu sering mendapatkan penghinaan harus bangkit melakukan pembelaan.

“Apabila Islam dihina harus bangkit melawan jangan hanya diam. Kami ingin agar seruan ini sampai kepada Presiden Prancis penghina Nabi Muhammad SAW,” ujar KH. Muhktar Ghozali.

Selain itu, ia juga mengajak kepada umat Islam agar lebih selektif saat membeli berbagai produk kebutuhan dengan memilih produk buatan lokal milik umat Islam. Serta menghindari produk-pruduk buatan Prancis.

“Pilih produk buatan kita umat Islam. Hindari produk-produk mereka sebagai aksi boikot dan perlawanan kita umat Islam,” tandas KH. Muhktar Ghozali.

Dari pantauan HR Online, massa aksi mulai berkumpul sekitar kawasan Alun-alun Kota Banjar pada pukul 13:00 WIB. Setelah itu, mereka melakukan orasi dan pembakaran poster Emanuel Macron.

Kemudian, mereka melakukan konvoi bersama keliling Kota Banjar menyerukan pemboikotan produk-produk buatan Prancis kepada warga. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah