Alasan Game PS5 Mahal Sebanding Dengan Hiburan Berjam-jam

Alasan game PS5 Mahal Sebanding Dengan Hiburan Berjam-jam
Ilustrasi Alasan game PS5 Mahal. Foto : Istimewa

Alasan game PS5 mahal yang kini sudah resmi berada di pasaran Internasional tentu membuat penasaran. Beberapa game konsol yang merupakan penerus dari PS4 sudah beredar secara eksklusif untuk PS5. Namun untuk memiliki game ini, konsumen harus merogoh kantong mereka sedikit lebih dalam.

Harga yang mereka berikan menimbulkan beragam protes dari gamer. Bagaimana tidak? Sony memberikan data resminya untuk PS5 reguler memiliki harga US$ 499,99 per unitnya atau sekitar Rp 7 jutaan jika menggunakan asumsi Rp 14.000 untuk per US$.

Sedangkan untuk yang PS5 Digital mereka banderol sekitar US$ 399,99 sama seperti Rp 5,6 juta. Tentu harga yang demikian akan memaksa kantong konsumen untuk terkuras lebih dalam. Padahal untuk kawasan Indonesia sendiri baru akan mereka buka pemesanan pada tanggal 18 Desember mendatang.

Alasan Game PS5 Mahal

Sony mengumumkan untuk meluncurkan PS5, namun dengan harga yang fantastis membuat gamer geleng-geleng melihat harganya yang tidak biasa. Meski sudah beredar untuk beberapa negara, namun Indonesia sendiri masih menunggu bulan depan untuk mulai pemesannya.

Sedangkan untuk penjualan resminya akan Sony buka mulai 22 Januari 2021 mendatang. Namun harga yang demikian tidak menghalangi konsumen untuk membeli produk Sony ini. Terbukti untuk beberapa negara, produk ini sudah habis terjual. Terlepas dari alasan game PS5 mahal, namun produk ini banyak orang nantikan.

Baca Juga : Game Mass Effect Segera Hadir, Kini Masa Pengembangan

Dari keterangan diatas masih ada PS5 Digital Edition yang mereka jual dengan Rp 7,3 juta serta PS5 drive disk Ultra HD Blu-ray dengan harga Rp 8,8 juta. Harga ini berasal dari keterangan pihak Sony sendiri pada Kamis lalu.

Pihaknya mengatakan jika harga yang mereka berikan sangat pantas dan cocok untuk game yang gamer impikan selama ini. Karena dengan bermain video game yang bisa sampai berjam-jam ini adalah bentuk hiburan yang tidak bisa dibandingkan dengan membaca buku dan menyaksikan film.

Biaya Produksi Meningkat

Terlebih produksi untuk game yang sampai saat ini semakin mahal sehingga sangat wajar jika harga yang Sony berikan terhitung mahal dan mengalami kenaikan daripada yang lainnya. Kenaikan harga ini juga tidak mereka lakukan dengan drastis, namun alasan game PS5 mahal ini sangat wajar jika melihat fiturnya.

Dari CEO Take Two Interactive yaitu Strauss Zelnick yang mengatakan jika ia tidak melihat adanya kenaikan pada 15 tahun terakhir pada biaya produksi yang seharusnya sudah mengalami kenaikan sampai 300%.

Dengan pembuatan game yang jauh lebih besar jika melihat 10 tahun yang lalu, pengalaman bermain game benar-benar kuat. Hal ini akan mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk awal pembeliannya.

Baca Juga : Game Console PS 5 Ludes Terjual Hari Pertama Rilis

Nantinya game akan memiliki harga sekitar Rp 1,029 juta untuk permainan Demon’s Soul. Sedangkan untuk Spider Man: Miles Morales Rp 729.000 serta Sackboy A Big Adventure akan memiliki harga Rp 879.000.

Mereka mengatakan harga ini pantas untuk menjadi hiburan yang berjam-jam lamanya. Sehingga harga berapapun tentu tidak mejadi mahal ketika mendapat hiburan yang lama. Inilah salah satu alasan game PS5 mahal.

Kelebihan PS5

Adapun yang Sony tawarkan untuk penggunanya dengan kehadiran PS5 tentunya permainan lebih nyata yang memiliki powerfull karena pihak pengembang akan lebih memaksimalkan karyanya dengan lebih baik, terutama pada bagian ray tracingnya. Sehingga alasan game PS5 mahal tentu sebanding dengan yang gamer terima.

Dengan menggunakan teknologi terbaru, gamer bisa menikmati visual yang ada dalam video game menjadi lebih nyata. Dengan efek pantulan cahaya yang terpantul dalam air dan benda kaca yang lebih nyata. Bahkan gamer bisa bermain game dengan resolusi sampai 8K.

Untuk bagian penyimpanan menggunakan SSD yang meminimalkan adanya loading waktu yang bisa terlalu lama. Sehingga akan sangat wajar jika PS5 memiliki harga yang meningkat karena memang gamer akan mendapatkan fasilitas yang lebih baik untuk pengalaman yang berbeda.

Memang harga ini terlihat lebih mahal karena belum gamer rasakan secara langsung. Namun untuk merasakan produk Sony ini, gamer harus bersabar dalam melakukan pemesanan. Karena masalah pandemi Corona yang berdampak pada bidang apapun, termasuk pengiriman produk Sony.

Alasan game PS5 mahal adalah berbagai fasilitas dan hiburan yang akan gamer terima selama menggunakan produk Sony. Hal ini tidak tertandingi dengan harga yang Sony berikan. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Nominasi The Game Awards 2020, Ajang Tertinggi Video Game
Aegis Boost Pro