Anggota DPRD Ciamis Ini Minta Pilkades Serentak 19 Desember Nanti Prioritaskan Prokes

Pilkades Serentak
Ketua Komisi A DPRD Ciamis, Nurmuttaqin. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Anggota DPRD Ciamis, Nurmuttaqin, menilai keputusan Mendagri yang membolehkan pelaksanaan Pilkades serentak di Ciamis pada 19 Desember 2020 mendatang sudah tepat.

Sehingga, persiapan-persiapan oleh panitia maupun tim sukses masing-masing calon kades sudah mulai kembali sejak keputusan tersebut.

Meskipun begitu, pelaksanaan Pilkades serentak tersebut harus merujuk pada protokol kesehatan guna menghindari penyebaran covid-19.

“Pandemi belum berakhir, namun pelaksanaan Pilkades juga harus berjalan sesuai keputusan itu. Akan tetapi semuanya wajib menaati prokes,” katanya kepada HR Online, Senin (16/11/2020).

Baca juga: KBM Daring Diperpanjang, Disdik Ciamis Imbau Guru Semangat Terapkan Prokes 3M

Nurmuttaqin yang juga Ketua Komisi A DPRD Ciamis ini juga meminta agar tim sukses calon kades lebih memprioritaskan sosialisasi pencegahan covid-19, selain penyampaian kapan pemilihan berlangsung.

“Intinya agar saat datang ke TPS nanti bisa mematuhinya, seperti memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan dengan sabun,” imbuhnya.

Ia berharap, pesta demokrasi tingkat desa secara serentak ini jangan sampai menjadi masalah baru dengan munculnya klaster baru virus corona.

Sehingga, persoalan ini selain menjadi tanggungjawab panitia, semua pihak juga perlu mendukung penerapan prokes ini agar bisa berjalan dengan lancar.

“Apalagi bila ada warga maupun keluarga calon yang bekerja di luar Ciamis sengaja pulang untuk memilih. Makanya pendataan sangat penting dan panitia jangan sampai lengah,” pungkasnya. (Es/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid