Apache RTR 200 4V Meluncur ke India dengan Tiga Mode Berkendara

Apache RTR 200 4V Meluncur ke India dengan Tiga Mode Berkendara
Ilustrasi. Apache RTR 200 4V. Foto Istimewa

Apache RTR 200 4V yang baru telah meluncur ke India dengan tiga mode berkendara dan dapat menyesuaikan suspensi. Perusahaan telah memperkenalkan fitur-fitur baru utama pada motor untuk menambah kesan sporty yang penggemar kenal dengan seri Apache.

Sementara motor Apache yang baru terlihat mirip dengan model sebelumnya, ia mendapatkan peningkatan perangkat keras. Yang utama adalah suspensi depan bersama tuas rem tiga tahap dan tuas kopling.

Sri Apache ini menjadi bukti komitmen perusahaan dalam menghadirkan kecakapan teknologi kepada pelanggan aspiratif. Kepala pemasaran TVS, Meghashyam Dighole juga menyampaikan bahwa peluncuran motor ini demi kepuasan pelanggan.

Hal ini juga merupakan bentuk penghargaan atas pencapaian 4 juta penjualan global merek Apache bulan lalu. Beberapa pembaruan penting yang perusahaan lakukan memang benar-benar untuk pelanggan setia mereka.

Perubahan dan Pembaruan Apache RTR 200 4V

Untuk memulainya, motor ini sekarang mendapat tiga mode berkendara yaitu Sport, Urban, dan Rain. Sepeda motor mendapat saklar mode berkendara khusus dan anda pun dapat menyesuaikan mode berkendara saat bepergian.

Suspensi belakang adalah unit Showa yang juga akan memiliki penyesuaian preload. Apache baru juga akan lebih ringan 1kg dan mendapat pengaturan rem untuk kinerja pengereman yang lebih baik.

Desain tidak banyak berubah pada bagian styling depan. Meski begitu, sepeda motor ini tetap mempertahankan desain roadster-nya.

Baca Juga : Yamaha BWS 125 dengan Desain Berani Siap Menyaingi Honda ADV

Selain itu, Apache RTR 200 4V mendapat tangki bahan bakar berotot, penutup mesin, serta pengaturan kursi terpisah. Skema cat Matte Blue yang baru tampaknya terinspirasi dari motor balap TVS OMC.

Paling penting adalah RTR 200 4V merupakan motor paling terjangkau pada pasar India yang lengkap dengan penyesuaian garpu depan. Tak hanya itu, pada dasarnya memberikan rasio power-to-weight yang lebih baik sebesar 189.6PS/ ton daripada BS6 generasi saat ini.

Mode Berkendara

Sama seperti penjelasan sebelumnya, motor ini memiliki tiga mode berkendara yaitu Sport, Urban, dan Rain. Pada kenyataannya bahwa beralih antar mode dapat mengubah RPM tempat lampu shift menyala.

TVS berhasil memasukkan mode berkendara meskipun menggunakan throttle dengan kabel sebagai pengoperasiannya. Hal ini juga membantu merek menjaga biaya dan memberi harga sepeda secara kompetitif.

Baca Juga : Honda NX125 2021 Mirip Vario 125 Resmi Meluncur di Tiongkok

Apache RTR 200 4V dengan mode Sport memungkinkan tenaga dan akselerasi maksimum untuk melewati trek atau jalan raya. Pemetakan ABS untuk intervensi paling sedikit dan persentase slip tertinggi pada waktu putaran yang lebih cepat.

Selain itu, mode Sport akan memiliki semua 20,82 poni dan torsi 17,25Nm. Faktanya, angka tenaga tersebut sebenarnya lebih baik dari motor BS6 saat ini sebesar 0,32PS dan 0,4Nm.

Mode Urban memperhitungkan pengiriman tenaga mesin untuk memberikan tenaga dan kontrol optimal. Terutama saat berkendara, ada jalan kota dengan ABS untuk respon yang cepat.

Mode ini juga mengurangi daya hingga 17,32PS dan 16,1Nm. Lalu menawarkan penyaluran daya linier dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Namun, kecepatan tertinggi Apache RTR 200 4V pada mode ini mendapat pembatasan hingga sekitar 105km/jam. Berbeda dengan mode Sport yang memungkinkan anda mendorong RTR ke kecepatan tertinggi mencapai 127kmpj.

Mode Rain mengutamakan ABS untuk memberikan respon maksimum dengan nuansa denyut tuas yang kuat. Ini memicu ABS untuk datang lebih awal terkait respon yang lebih baik pada kondisi jalan basah.

Tidak ada perbedaan antara mode Urban dan Rain dalam hal output daya. Meskipun ABS lebih sensitif yang mencegah penguncian roda dalam kondisi basah atau lembab.

Mesin dan Harga

Motor ini menggunakan mesin 197,7cc, satu silinder, dan juga berpendingin oli. Lalu berpadu dengan transmisi lima kecepatan dengan kopling lebih baik.

Motor injeksi dengan bahan bakar lebih bagus untuk mengembangkan tenaga puncak dan output torsi. Seri Apache RTR 200 4V ini mendapat tuas rem dan kopling 3 langkah yang bisa anda sesuaikan.

Penggemar mungkin berpikir bahwa TVS akan mengenakan biaya besar untuk pembaruan ini, tetapi ternyata tidak demikian. Faktanya, motor ini memiliki harga Rs 1,31 lakh atau setara dengan Rp25,5 jutaan.

Itu berarti, motor ini hanya Rs 1.000 lebih mahal daripada varian ABS dual-channel BS6 saat ini. RTR 200 4V dengan ABS saluran ganda akan menawarkan tiga pilihan warna, yakni Gloss Black, Pearl White, dan Matte Blue.

Terdapat pembaruan fitur seperti GTT (Glide Through Traffic), konsol digital berkemampuan Bluetooth, dan aplikasi TVS SmartXConnect. Pembaruan ini benar-benar menjadikan Apache RTR 200 4V salah satu proposisi nilai terbaik pada segmen 200cc. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Yamaha All New Aerox 2020 Rilis dengan Pembaruan yang Lebih Canggih