Aplikasi Al Quran Terbaik untuk Android Terupdate 2020

Aplikasi Al Quran Terbaik untuk Android Terupdate 2020
Aplikasi Al Quran. Foto Ist/net

Al Quran merupakan kitab suci umat Islam yang turun kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Kini kebiasaan membaca Al Quran seperti tak terlihat. Sebab banyak orang yang menggunakan aplikasi Al Quran untuk membacanya.

Tidak semua orang yang memegang HP atau PC itu hanya bermain sosmed. Tetapi banyak dari mereka yang menyempatkan diri dengan membaca Al Quran melalui sarana tersebut. Hal ini tentu akan mempermudah kaum muslimin yang tidak sempat membaca Al Quran saat sedang sibuk aktivitas.

Kecanggihan teknologi pada zaman modern ini mulai berkembang dengan pesat. Salah satunya adalah dengan menciptakan aplikasi untuk membaca Al Quran yang sangat efektif. Bahkan tak jarang aplikasi tersebut memiliki fitur yang lengkap. Misalnya fitur mp3, tajwid, dan lain sebagainya.

Baca juga: Aplikasi Raqib Atid, Viral dan Menggegerkan, Namun Juga Bermanfaat

Hampir setiap smartphone kini bisa untuk menginstal aplikasi ini. Banyak juga masyarakat Indonesia yang kini sudah memiliki smartphone. Bahkan hampir semua sudah menggunakannya, tak heran jika sudah mengetahui bahwa ada layanan untuk membaca Al Quran pada Android.

Aplikasi Al Quran Terbaik Android

Kini sudah banyak bermunculan Android yang bisa untuk menginstal berbagai macam aplikasi. Salah satunya adalah Al Quran ini yang mungkin sudah tidak asing lagi. Berikut adalah aplikasi yang bisa anda instal pada Android:

Al Quran Indonesia

Aplikasi Al Quran Terbaik untuk Android Terupdate 2020

Membaca Al Quran kini sudah tidak repot lagi. Anda tidak perlu membawa Al Quran kemana-mana sebab sudah ada aplikasi canggih sebagai penggantinya. Al Quran Indonesia adalah solusi bagi anda yang akan mengunduhnya pada Google Play Store.

Aplikasi ini asli buatan orang Indonesia. Oleh karena itu, namanya adalah Al Quran Indonesia. Aplikasi ini bisa anda dapatkan secara gratis, tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun.

Dalam ini, sang kreator memudahkan pengguna dalam membaca Al Quran. Aplikasi ini bisa dalam bentuk landscape ataupun portrait, tergantung kenyamanan pengguna. Tak hanya itu, Al Quran Indonesia sudah lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia.

Aplikasi ini juga memiliki dua tipe tema, yaitu light dan dark. Memiliki kelengkapan fitur audio controller berupa pause, play, dan stop. Aplikasi Al Quran Indonesia merupakan pilihan yang pas bagi anda.

MyQuran Al Quran dan Terjemahan

Berikutnya ada MyQuran yang merupakan platform untuk PC dan Android. Memiliki desain yang sangat simple, sehingga mempermudah pengguna dalam menggunakannya. Aplikasi ini terunduh lebih dari seratus ribu pengguna Android.

Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Kompas Kiblat dengan Benar

MyQuran sudah lengkap dengan fitur terjemahan dan bisa melakukan pencarian surat Al Quran dengan mudah. Pengguna juga bisa menyimpan surat terakhir sebagai penanda bacaan. Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah dan tidak akan lupa.

Tak hanya bacaan ayat suci Al Quran saja, layanan ini juga lengkap dengan bacaan doa-doa. Ada juga asmaul husna atau nama baik Allah yang berjumlah 99. Lebih hebatnya lagi, aplikasi ini bisa anda unduh gratis pada Google Play Store.

Ayat-Al Quran

Aplikasi Al Quran berikutnya adalah Ayat-Al Quran. Merupakan aplikasi yang sudah banyak diunduh lebih dari seratus ribu orang. Layanan ini sudah cukup baik bagi anda yang ingin membaca Al Quran melalui smartphone.

Baca juga: Aplikasi Kompas Kiblat dan Beragam Fitur Pelengkapnya

Terdapat 20 bahasa terjemahan yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu saja, aplikasi ini lengkap dengan fitur pencarian yang mudah. Apabila anda ingin membuka surat dan ayat, bisa langsung ketemu dengan menggunakan fitur aplikasi ini.

Ayat-Al Quran juga memiliki dua bahasa terjemahan untuk rekaman. Bahasa tersebut adalah Arab dan Urdu. Anda bisa mengunduh aplikasi Ayat-Al Quran pada Google Play Store secara gratis.

Al Quran Free

Aplikasi Al Quran Terbaik untuk Android Terupdate 2020

Selanjutnya ada Al Quran Free yang merupakan layanan terbaik untuk Android. Ketika anda masuk ke menu yang ada pada aplikasi ini, akan mendapatkan suguhan desain yang simple dan menarik. Tak heran jika banyak orang yang mudah memahami aplikasi ini.

Aplikasi Al Quran Free memiliki kelengkapan fitur yang beraneka ragam. Salah satunya adalah terjemahan pada aplikasi ini menggunakan bahasa Inggris. Tak hanya itu, anda bisa membagikan secara langsung ayat-ayat yang ada melalui sosmed.

Baca juga: Aplikasi Belajar Mengaji di Smartphone Buat Anak Anda

Salah satu sosmed yang laris untuk membagikan ayat-ayat ini adalah Facebook. Dengan begitu, anda akan lebih mudah ketika membutuhkan sesuatu yang berkaitan dengan ayat Al Quran.

Fitur pada Al Quran ini juga memiliki style membaca sesuai dengan kebutuhan pengguna. Berbagai pilihan tema juga akan menemani anda dalam membaca Al Quran. Pengguna tidak akan bosan dengan tampilan yang itu-itu saja.

Quran for Android

Membaca Al Quran dengan menggunakan ponsel sudah sering anda temui. Bahkan banyak anak muda yang sudah memiliki aplikasi Al Quran sejak lama. Karena mereka mengetahui suatu kebutuhan yang akhirnya menggunakan aplikasi adalah solusi utamanya.

Aplikasi berikutnya adalah Quran for Android yang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Salah satunya adalah adanya fitur night mode yang membantu menjaga kesehatan mata. Apalagi bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan mata akan sangat terbantu.

Walaupun membaca Al Quran dalam waktu lama, mata akan tetap terlindungi dari paparan sinar pada layar. Terjemahan pada aplikasi ini juga menggunakan banyak bahasa. Tidak sembarang penafsiran pada aplikasi ini karena sudah terbukti akurat dan banyak peminatnya.

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini pada Google Play Store dengan gratis. Proses pengunduhannya mudah dan penggunaannya juga sangat mudah. Anda yang merupakan orang awam akan cepat dalam memahami penggunaan aplikasi ini.

Al Quran

Layanan berikutnya adalah Al Quran yang bisa anda unduh secara gratis. Anda bisa menggunakan aplikasi ini kapan dan dari mana saja. Selagi ponsel masih pada genggaman tangan dan terdapat aplikasi Al Quran akan mudah untuk membacanya.

Bagi anda yang suka atau bisa menggunakan bahasa Inggris, aplikasi ini adalah pilihan yang sangat tepat. Sebab aplikasi ini memiliki terjemahan dalam bahasa Inggris. Terjemahan ini sudah sesuai dengan penafsiran yang pas dan dasarnya.

Al Quran juga memiliki fitur yang bisa menandakan sebuah bacaan terakhir. Anda tidak akan kehilangan batas akhir bacaan anda. Dengan begitu, mudah bagi anda untuk mengingatnya.

Layanan ini lengkap dengan daftar index surat Al Quran. Fitur ini tentunya memberikan kemudahan bagi anda yang akan mencari surat dengan cepat. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mengunjungi PlayStore.

MyQuran International Pro

Aplikasi Al Quran berikutnya adalah MyQuran International Pro. Merupakan layanan berbayar yang bisa membuat nyaman penggunanya dalam membaca Al Quran. Memiliki tampilan bacaan dengan landscape ataupun portrait.

Baca juga: Bagaimana Hukum Menyentuh Aplikasi Al Qur`an di Smartphone?

Tentu saja fitur tersebut merupakan pilihan pengguna yang wajib ada. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna akan lebih nyaman dan leluasa ketika membaca Al Quran. MyQuran International Pro tentunya memiliki berbagai keunggulan, sebab merupakan aplikasi berbayar yang go international.

Tampilannya yang sederhana membuat aplikasi ini lebih menarik dan mudah untuk memahaminya. Tak hanya sekedar ayat suci Al Quran saja, aplikasi ini juga lengkap dengan fitur doa dan Asmaul Husna. Pengguna bisa membaca Al Quran dan mempelajari Asmaul Husna, sehingga pahala akan berlimpah.

Al Quran Bahasa Indonesia MP3

Aplikasi Al Quran Terbaik untuk Android Terupdate 2020

Selanjutnya ada aplikasi Al Quran yang memiliki fitur MP3 unggulan. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam bahasa. Pemiliknya bisa dengan mudah membaca atau mendengarkan ayat suci Al Quran.

Anda juga bisa memilih font style yang berjumlah tiga. Dengan begitu, tampilan aplikasi akan lebih menarik dan sesuai dengan karakter anda. Tak hanya itu, anda juga bisa mengatur warna font dan background sesuai dengan kebutuhan.

Dengan ini, anda juga bisa mengunduh satu per satu surat Al Quran. Dengan begitu, tanpa adanya jaringan internet, anda bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini.

Al Quran (Tafsir & by Word)

Aplikasi Al Quran Terbaik untuk Android Terupdate 2020

Selanjutnya ada aplikasi Al Quran yang sangat modern. Sebab memiliki kelengkapan terjemahan per kata. Tentunya hal ini akan mempermudah anda yang sedang belajar bahasa Arab. Tak hanya itu, aplikasi ini sangat banyak peminatnya.

Anda juga bisa mendengarkan qori melalui audio yang ada. Dalam aplikasi ini juga memiliki fitur penanda tajwid dengan warna yang menarik. Hal ini tentu akan mempermudah pengguna dalam memahami tajwid.

Lebih hebatnya lagi, terdapat fitur catatan. Yang mana anda bisa mudah menggunakannya dengan menyisipkan beberapa catatan terkait bacaan anda.

Itulah aplikasi Al Quran yang bisa anda gunakan sebagai referensi. Layaknya aplikasi lain, anda perlu menginstal terlebih dahulu pada Android anda. Setelah itu, layanan bisa dengan mudah anda gunakan untuk membaca Al Quran. (R10/HR-Online)

Editor: Ahmad Muhafid