Aplikasi Bawaan iPhone, Hapus dengan Aman untuk Memori Lapang

Aplikasi bawaan iPhone
Ilustrasi Aplikasi bawaan iPhone. Foto Istimewa

Aplikasi bawaan iPhone dapat anda hapus dengan aman tanpa menimbulkan adanya bahaya terhadap perangkat tersebut. Namun, perlu anda ketahui, tidak semua aplikasi bawaan yang terdapat pada perangkat iOS dapat anda hapus begitu saja.

Terdapat beberapa aplikasi bawaan seperti settings dan App Store tidak dapat anda hapus dari sistem iOS. Dengan beragam jenis aplikasi yang hadir, tidak semua pengguna merasa aplikasi tersebut benar-benar bermanfaat dan ingin menghapusnya.

Dengan menghapus aplikasi yang tidak terlalu bermanfaat tersebut, anda juga dapat menambah kapasitas memori kosong pada perangkat anda.

Aplikasi Bawaan iPhone

Dalam perangkat iPhone terdapat fitur yang bermanfaat untuk menghapus aplikasi yang tidak anda perlukan. Lalu aplikasi apa saja yang dapat anda hapus dari perangkat iPhone secara aman dan tidak membahayakan smartphone anda tersebut?

Berikut ini akan kita bahas mengenai aplikasi bawaan iPhone yang dapat anda hapus dari perangkat anda, antara lain:

Home

Aplikasi Home memiliki fungsi untuk mengendalikan beragam perangkat rumah tangga yang menggunakan adanya basis HomeKit.

Sebagai contoh, perangkat lampu dengan sistem yang dapat memperoleh perintah nyala serta mati melalui Siri, pintu garasi otomatis, dan lain sebagainya. Namun, di Indonesia masih sangat jarang produk rumah tangga yang memperoleh dukungan fitur Home.

Oleh karena itu, bagi anda yang berada di Indonesia, hadirnya aplikasi ini tentu memakan satu petak pada bagian homescreen anda dan tidak akan pernah anda gunakan dalam aktivitas harian anda. Maka anda dapat menghapusnya secara lebih aman.

Baca Juga: Aplikasi Penyadap WhatsApp Ini Perlu Diwaspadai

Kalkulator

Aplikasi bawaan iPhone yang dapat anda hapus secara aman adalah aplikasi kalkulator bawaan. Meskipun anda menghapus aplikasi ini, perangkat iPhone atau iPad anda pun akan tetap aman.

Tujuan dari penghapusan aplikasi ini, selain karena untuk kapasitas penyimpanan, anda juga dapat menggunakan aplikasi kalkulator lain yang dapat anda download dari App Store. Aplikasi ini tentunya lebih canggih dari aplikasi kalkulator bawaan dari iOS.

Mail

Aplikasi bawaan iPhone yang dapat anda hapus secara aman berikutnya adalah Mail. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengakses beragam akun email yang anda miliki. Namun sebagian besar pengguna iPhone merasa lebih nyaman dengan menggunakan aplikasi email dari pihak ketiga.

Alasan lain penghapusan dari aplikasi ini adalah di dalamnya belum memperoleh dukungan fitur keamanan melalui Touch ID. Selain itu, mode Push Notification dari akun email Googkle gratisannya tidak mendukung adanya app Mail.

Baca Juga: Aplikasi Smartphone Android Gratis Penunjang Ibadah di Bulan Ramadhan

Watch App

Aplikasi Watch App memiliki fungsi untuk terhubung ke Apple Watch. Dalam aplikasi ini terdapat fitur yang dapat bermanfaat untuk merapikan tampilan yang terdapat pada Apple Watch. Caranya cukup mudah. Anda tinggal instal aplikasi, update, serta restore.

Akan tetapi jika anda belum mempunyai Apple Watch atau berencana tidak akan menggunakannya dalam waktu dekat, maka anda dapat menghapus serta instal ulang aplikasi bawaan iPhone ini saat akan menggunakannya lain waktu.

Kompas

Salah satu aplikasi bawaan yang mempunyai fungsi sangat bagus dalam kondisi tertentu. Namun dalam penggunaan aplikasi tidak terlalu intens, hanya dalam waktu tertentu saja.

Bahkan tidak pernah tahu dengan adanya aplikasi kompas. Maka, daripada terlalu memakan kapasitas memori perangkat, anda dapat menghapusnya dengan mudah dari perangkat anda.

Baca Juga: Aplikasi Root HP Tanpa PC Paling Populer 2020, Berikut Daftar Terbaiknya

Podcasts

Podcasts merupakan salah satu aplikasi bawaan iPhone yang terhubung dengan iTunes Store pada Section yang sama. Dalam hal ini, pengguna dapat menambahkan beberapa saluran Podcasts yang berisi dengan siaran dalam bentuk video atau suara dari chanel favorit anda.

Namun bagi anda yang sangat jarang menggunakan aplikasi ini dan lebih sering mengakses konten audio visual dari Youtube atau dari aplikasi lainnya, maka anda dapat menghapus Podcasts dari perangkat iPhone yang anda gunakan tanpa khawatir mengenai keamanan terhadap perangkat iOS anda.

Stocks

Adalah salah satu aplikasi yang berfungsi untuk memantau pasar saham internasional. Dalam penggunaan aplikasi ini, data yang anda gunakan akan terhubung dengan layanan Yahoo Finance dengan hasil yang lebih akurat.

Selain itu, aplikasi bawaan iPhone satu ini juga memperoleh kelengkapan perubahan angka saham, yakni naik atau turun. Bagi anda yang tidak terlalu membutuhkan aplikasi ini, dapat menghapusnya dari perangkat iOS yang anda gunakan. Dengan demikian, kapasitas memori iPhone anda pun akan terasa lebih lapang dan dapat anda manfaatkan untuk penyimpanan lainnya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang