Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Kuliah Online Terbaik, Dukung Pembelajaran Selama Pandemi

Aplikasi Kuliah Online Terbaik, Dukung Pembelajaran Selama Pandemi

Aplikasi kuliah online dapat menjadi solusi tepat untuk mendukung segala aktivitas kuliah anda selama pandemi saat ini. Dengan adanya penyebaran virus Corona dalam beberapa bulan yang terakhir di Indonesia, maka saat ini pemerintah menetapkan keputusan untuk menunda belajar tatap muka dalam kelas, baik bagi pelajar maupun mahasiswa.

Penundaan ini berlangsung hingga dalam waktu yang belum ditentukan. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya penularan virus yang semakin luas.

Oleh karena itu, untuk mendukung segala aktivitas belajar mengajar, terutama bagi para mahasiswa yang berlangsung secara online, saat ini telah hadir layanan untuk kuliah terbaik yang dapat menunjang aktivitas belajar anda.

Baca Juga: Aplikasi Bawaan iPhone, Hapus dengan Aman untuk Memori Lapang

Beragam Jenis Aplikasi Kuliah Online

Saat ini telah banyak kampus yang menerapkan sistem e-learning demi mencegah penyebaran virus Corona. Dalam hal ini, para mahasiswa menerapkan metode kuliah online yang mereka lakukan dengan komunikasi dua arah.

Bagi anda para mahasiswa yang mengikuti sejumlah kegiatan belajar mengajar secara online, tentu memerlukan adanya sebuah media atau aplikasi untuk mendukung belajar online tersebut.

Berikut ini beragam pilihan layanan untuk mendukung kuliah online yang dapat membantu para mahasiswa serta dosen dalam mengatur proses pembelajaran, antara lain:

Google Classroom

Aplikasi Google Classroom hadir dengan desain khusus untuk para dosen dan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran melalui dukungan Google.

Aplikasi ini mengintegrasikan beragam jenis layanan Google secara bersamaan dengan tujuan untuk mempermudah lembaga pendidikan dalam masa peralihan menuju sistem tanpa kertas atau paperless.

Dalam menggunakan aplikasi kuliah online satu ini, pemberian serta penyelesaian tugas dilakukan dengan Google Drive dan juga Gmail sebagai bentuk pemberitahuan pada Google Classroom.

Dengan demikian, para mahasiswa tinggal memasukkan kode kelas yang telah terdaftar, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam kelas.

Baca Juga: Aplikasi Kata-Kata Terpopuler, Jadikan Rangkaian Quotes Lebih Menarik

Zoom

Aplikasi kuliah online terbaik selanjutnya adalah Zoom Cloud Meeting. Penggunaan aplikasi ini cukup mudah dengan beberapa kelebihan, antara lain dapat anda akses secara lancar meski berada dalam jaringan 3G.

Adanya panggilan video serta berkirim pesan secara bersamaan. Cukup hemat kuota. Dengan menggunakan layanan ini, tentu dapat memperlancar aktivitas kuliah online anda.

Skype

Rekomendasi aplikasi untuk mendukung e-learning selanjutnya adalah Skype. Seperti yang kita ketahui, Skype merupakan salah satu aplikasi komunikasi yang menampilkan adanya video tatap muka antar penggunanya.

Meskipun penggunaannya sedang mengalami penurunan. Akan tetapi, tidak ada salahnya selama masa pandemi ini anda menggunakan kembali aplikasi ini.

Sebenarnya aplikasi Skype sudah dimanfaatkan oleh beberapa universitas luar negeri dalam program perkuliahannya. Dengan menggunakan Skype, anda dapat terhubung dengan rekan serta dosen hingga 50 peserta dalam satu ruangan yang sama.

Dengan demikian, proses pemberian materi akan sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu, anda juga dapat melakukan presentasi secara lebih mudah tanpa harus melakukan pengetikan teks ulang.

Dalam menggunakan aplikasi kuliah online satu ini, yang perlu anda perhatikan adalah adanya koneksi jaringan yang kuat.

Baca Juga: Aplikasi Go SMS Pro, Waspadai Kerentanan Pencurian Data Pengguna

Edmodo

Dengan menggunakan aplikasi Edmodo, tidak hanya dapat menghubungkan mahasiswa serta dosen saja, akan tetapi juga untuk orang tua murid.

Antara dosen dan mahasiswa dapat saling berbagai catatan, tautan, serta dokumen. Dengan menggunakan aplikasi ini, dosen juga dapat dengan mudah dalam mengirimkan peringatan, tugas, serta acara.

Melalui Edmodo, para pengajar dapat memeriksa tingkat pemahaman mahasiswa serta memberikan penghargaan atas kinerja atau perilaku mereka. Selain itu, para orang tua pun dapat memantau kegiatan belajar sang anak.

Quipper

Merupakan salah satu perusahaan teknologi pendidikan yang menyediakan beragam layanan produk serta jasa pendidikan bagi para siswa Indonesia. Hadirnya aplikasi ini dapat menunjang kegiatan belajar online, terutama bagi para mahasiswa.

Moodle

Adalah salah satu aplikasi kuliah online berbasis website yang bisa mengubah sistem pembelajaran offline menjadi bentuk online atau biasa disebut dengan web based.

Dengan menggunakan Moodle, memungkinkan para mahasiswa untuk masuk dalam ruang kelas digital serta mengakses semua materi pembelajaran yang mereka peroleh.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi kuliah online satu ini, memungkinkan para dosen untuk membuat kuis, jurnal, penyusunan materi, dan lain sebagainya. Aplikasi ini dapat anda akses melalui perangkat Android serta iOS. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img