Aplikasi Pak Tani Digital, Solusi Tepat Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Aplikasi Pak Tani Digital
Ilustrasi Aplikasi Pak Tani Digital. Foto Isrtimewa

Aplikasi Pak Tani Digital hadir untuk memberi kemudahan dalam menjual hasil pertanian secara online. Sebagai negara agraris, Indonesia seharusnya bisa lebih sejahtera dengan hasil pertanian yang diperoleh.

Namun para petani Indonesia sepertinya masih kurang merasakan kesejahteraan tersebut. Bidang pertanian Indonesia dapat dikatakan memiliki segudang masalah yang dapat menjadi ancaman tersendiri bagi para petani.

Adanya masalah ini hendaknya menjadi tanggung jawab pemerintah dalam menyelesaikannya. Para petani Indonesia seringkali sulit memproduksi hasil pertanian dengan tingkat yang tinggi.

Penyebab terjadinya masalah ini adalah mahalnya bahan serta alat-alat pertanian seperti pupuk, bibit, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Aplikasi Kormo Jobs, Solusi Tepat Cari Kerja dan Kembangkan Karier Anda

Aplikasi Pak Tani Digital

Namun sebenarnya yang menjadi masalah besar bagi para petani Indonesia adalah mengenai pendistribusian hasil pertanian.

Para petani merasa sangat kesulitan menjangkau lokasi untuk mendistribusikan hasil tani mereka karena berada di pedesaan.

Dengan demikian, para penimbun dan tengkulak pun mempermainkan mereka dengan membeli hasil pertanian dalam harga yang sangat murah.

Dengan adanya masalah tersebut, kehadiran Pak Tani Digital semoga dapat menjadi salah satu solusi untuk menciptakan kesejahteraan pertanian Indonesia.

Dalam era serba digital saat ini, masyarakat Indonesia tentu sangat membutuhkan beragam ide kreatif guna memecahkan berbagai masalah yang terjadi di Indonesia, terutama dalam dunia pertanian Indonesia.

Asal Mula Aplikasi Pak Tani Digital

Sebagai salah satu negara agraris, kesejahteraan petani Indonesia masih sangat kurang. Hal ini tentunya dapat mengancam keberlangsungan pasokan pangan.

Selain itu, juga dapat menjadi penyebab meningkatnya ketergantungan bagi Indonesia terhadap produk pangan impor.

Prihatin dengan adanya masalah tersebut, tiga pemuda asal Medan, yakni Tamrin Imanuel Panggabean, Manurung Rekianto, serta Daniel Morris tergerak untuk mengembangkan adanya solusi digital yang mereka namakan Pak Tani Digital.

Aplikasi ini merupakan salah satu solusi terpadu dengan berbentuk aplikasi digital. Dengan menggunakan aplikasi ini, dapat mempertemukan petani dengan pembeli akhir dan pemangku kepentingan lainnya dalam bidang pertanian.

Seperti penjualan alat-alat pertanian, pemilik angkutan, investor, serta pemerintah. Dalam mengembangkan Pak Tani Digital, ketiga pemuda asal Medan tersebut tentunya menemukan banyak tantangan. Terutama banyaknya petani Indonesia yang belum terbiasa dalam menggunakan perangkat smartphone.

Masalah lain yang sering terjadi adalah para petani juga kesulitan untuk mencari rekan yang dapat mereka ajak bekerja sama dalam menyelesaikan masalah pertanian Indonesia.

Baca Juga: Aplikasi Muslim Pro, Kabar Terbaru dan Klarifikasi Terkait Penjualan Data

Beragam Fitur Penting Dalam Aplikasi Pak Tani Digital

Dengan menggunakan Pak Tani Digital, petani dapat menjual hasil pertanian secara online dengan harga yang lebih pantas. Hal ini tanpa melalui tengkulak yang biasa membeli hasil tani mereka dengan harga yang sangat murah.

Adapun beragam fitur aplikasi yang dapat para petani dan masyarakat luas, antara lain:

Beriklan Secara Gratis

Bagi anda yang akan memasarkan hasil pertanian secara online, dengan menggunakan aplikasi Pak Tani Digital merupakan salah satu solusi tepat. Anda dapat beriklan secara gratis melalui aplikasi ini.

Dengan jualan secara online, akan membuat jangkauan pembelinya menjadi sangat luas. Para pengiklan dapat tentukan harga komoditi sesuai yang mereka inginkan.

Pasar Online

Selanjutnya setelah beriklan secara gratis, maka Pak Tani Digital dapat menjadi sebuah pasar online untuk produk pertanian yang para petani hasilkan. Dari sinilah para petani dan pihak pembeli saling bertemu secara online.

Melalui aplikasi Pak Tani Digital ini, dapat memasarkan beragam jenis hasil pertanian dan para pembeli pun dapat memilih produk dari beragam pilihan tersebut.

Supplier

Bagi anda yang memiliki toko yang menjual bahan serta alat pertanian, anda juga dapat beriklan melalui aplikasi ini. Anda dapat memasarkan produk-produk yang anda perjualbelikan.

Baca Juga: Aplikasi Bahasa Sunda Terlengkap dan Praktis Belajar Bahasa Sunda

Transporter

Adalah sebagai penyedia jasa angkut komoditi pertanian dari satu lokasi menuju lokasi lain. Bagi anda yang memiliki alat transportasi angkut dapat langsung beriklan, sehingga para petani dapat menghubungi anda secara langsung.

Cek Harga

Dalam Pak Tani Digital juga menyediakan fitur cek harga yang dapat anda manfaatkan untuk mengetahui harga tiap komoditi pertanian skala nasionalnya yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia.

Fitur lain yang dapat anda manfaatkan dari aplikasi ini adalah koperasi, peternakan, perikanan, serta butuh komoditi.

Dengan hadirnya beragam fitur dalam aplikasi Pak Tani Digital, dapat anda manfaatkan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para petani Indonesia. Salah satu usahanya adalah dengan memberikan edukasi penggunaan gadget kepada para petani agar mereka dapat ikuti perkembangan teknologi secara baik. (R10/HR Online)

Editor: Jujang