Aplikasi Penghitung Kata Paling Direkomendasikan, Berikut Pilihannya!

Aplikasi penghitung kata
ilustrasi Aplikasi penghitung kata. foto istimewa

Aplikasi penghitung kata cukup membantu bagi anda para blogger, penulis artikel, atau yang memiliki profesi sejenis. Dengan menggunakan layanan ini, anda dapat dengan mudah dalam menghitung jumlah kata atau karakter.

Sehingga anda dapat membuat artikel yang bagus serta panjang sesuai dengan yang anda inginkan. Penghitung kata cukup populer di kalangan penulis berbayar.

Pada saat membuat draf artikel menggunakan Microsoft Word, tentu anda perlu mengetahui jumlah kata yang sudah anda tulis. Atau yang populer disebut dengan word count.

MS Word sudah memiliki kelengkapan alat penghitung kata yang dapat anda gunakan secara mudah dalam menghitung jumlah kata atau karakter.

Dengan memilih menu yang tepat serta mengklik opsi jumlah kata yang tertera pada menu, maka anda akan memperoleh informasi yang anda butuhkan.

Baca Juga: Aplikasi Desain Taman Terbaik yang Cocok Bagi Para Pemula

Aplikasi Penghitung Kata

Dalam pembuatan artikel yang berkualitas, layanan untuk menghitung jumlah huruf atau kata merupakan salah satu tool penunjang. Bagi para blogger yang sudah master, tentu paham mengenai manfaat dari aplikasi satu ini secara online ini.

Salah satunya agar artikel SEO friendly. Akan tetapi, meskipun artikel dalam blog yang anda buat tidak untuk keperluan mengejar SEO, aplikasi penghitung kata masih perlu untuk anda gunakan.

Dimana untuk meningkatkan kualitas artikel yang anda buat. Selain bermanfaat bagi para blogger, aplikasi ini juga bermanfaat bagi para novelis.

Berikut ini daftar layanan yang dapat anda manfaatkan untuk menghitung jumlah kata atau karakter, baik secara online ataupun offline, antara lain:

Word Counter

Merupakan layanan untuk menghitung karakter atau kata yang cukup sederhana. Meskipun demikian, dalam aplikasi ini terdapat fitur yang cukup lengkap. Fitur tersebut seperti penghitung kalimat dan paragraf.

Menariknya lagi, dalam aplikasi Word Counter juga terdapat keyword density. Dengan Word Counter, dapat memfasilitasi tugas dalam menghitung karakter, kata, kalimat, paragraf, serta halaman secara real time bersama pemeriksaan ejaan dan tata bahasa.

Salah satu fungsi penting aplikasi ini adalah sebagai analisis kepadatan kata. Dalam hal ini, anda dapat melihat istilah apa yang sering anda ulangi pada keseluruhan teks.

Selain itu, aplikasi penghitung kata satu ini dapat membantu anda dalam memulai analisis teks secara kuantitif dengan menunjukkan kepada anda frasa yang paling umum digunakan.

Baca Juga: Aplikasi Peta Offline Terbaik Paling Direkomendasikan, Berikut Daftarnya!

Word Count Tools

Layanan untuk menghitung kata selanjutnya adalah Word Count Tools. Merupakan aplikasi online yang hadir dengan fitur yang cukup lengkap.

Tidak hanya untuk jumlah karakter serta kata saja yang dapat anda hitung dengan menggunakan layanan ini. Akan tetapi, juga untuk menghitung kalimat, paragraf, kata-kata sulit, kata unik, dan lain sebagainya.

Count Anything

Salah satu aplikasi penghitung kata ini dapat anda gunakan secara offline. Oleh karena itu, untuk dapat memanfaatkannya, anda harus mendownloadnya pada alamat aplikasi tersebut.

Dalam layanan ini terdapat fitur yang sangat lengkap untuk anda manfaatkan dalam penghitung jumlah karakter atau kata. Hal menarik dari aplikasi Count Anything, terdapat fitur untuk mendukung berbagai jenis format. Seperti PowerPoint, PDF, XTML, Excel, dan jenis format lainnya.

Word Count

Hampir sama dengan Count Anything, aplikasi penghitung kata satu ini dapat mengetahui jumlah kata serta karakter dalam bentuk file PDF, Excel, serta beberapa jenis format lain.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Anda tinggal upload file yang akan anda hitung jumlah kata atau karakternya. Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, Word Count hanya dapat anda gunakan secara online.

Baca Juga: Aplikasi Belajar Zenius, Belajar Online Lebih Praktis dan Gratis

WordCounter360°

Salah satu layanan untuk menghitung kata ini dapat anda gunakan secara online ataupun offline. Dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui jumlah karakter, tanda-tanda, huruf, kalimat, serta paragraf dalam sebuah teks.

Selain itu, dengan WordCounter360°, anda juga dapat menghitung kepadatan kata kunci dalam teks. Anda dapat melihat jumlah kemunculan sebuah kata dalam sebuah teks yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan konten.

Dengan hadirnya aplikasi penghitung kata, maka anda dengan mudah dalam menghasilkan artikel yang berkualitas. Selain dapat memberikan manfaat untuk para blogger, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan oleh para penulis novel atau jenis buku lainnya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang