Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat 5 Waktu, Perhatikan Dengan Baik

Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat 5 Waktu, Perhatikan Dengan Baik
Ilustrasi Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat 5 Waktu. Foto Istimewa

Bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu umat muslim lakukan sebagai bagian dari ibadahnya setiap hari. Karena setiap muslim yang sudah baligh, tentu memiliki kewajiban untuk beribadah sholat lima waktu.

Berbeda dengan ibadah yang lainnya, ibadah sholat merupakan ibadah wajib untuk muslim yang baligh, sehat, dan normal. Lain halnya dengan ibadah haji, hanya wajib bagi yang mampu. Sedangkan mereka yang belum mampu, tidak melaksanakan tidak akan berdosa.

Beda pula dengan ibadah puasa yang bisa di qodho pada bulan lainnya. Sholat 5 waktu itu sendiri yaitu subuh, dhuhur, ashar, maghrib, serta isya. Semuanya adalah wajib.

Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat 5 Waktu

Sholat fardhu atau wajib ini sudah memiliki ketentuan waktu pelaksanaannya, baik itu mulai dari jam berapa dan berakhir jam berapa. Tentunya umat muslim sudah memahaminya.

Untuk itu, bagi seorang muslim sebaiknya mengetahui bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu secara baik. Hal ini sesuai dengan perintah yang ada dalam QS.An-Nisa yang berisikan perintah untuk mendirikan sholat.

Niat Sholat

Sebelum mengerjakan sholat, maka wajib untuk mengucapkan niatnya. Dari kelima sholat, maka kelimanya memiliki niat yang berbeda. Nah, berikut ini niat yang bisa anda pelajari.

Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat

Inilah bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu yang harus umat muslim pahami ketika hendak melaksanakan ibadah sholat.

Takbiratul Ihram

Ketika takbiratul ihram, maka berbarengan dengan membaca niat yang sudah tertera diatas. Cara melakukan takbiratul ihram yaitu dengan mengangkat kedua tangan dengan sejajar telinga sambil mengucapkan takbir, “Allahu Akbar” yang artinya Allah Maha Besar.

Doa Iftitah

Setelah mengucapkan takbiratul ihram pertama, maka lipat kedua tangan pada dada. Lebih tepatnya pada area yang dekat dengan hati. Adapun bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu untuk iftitah adalah berikut ini.

Surat Al-Fatihah

Bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu pada setiap raka’at dalam sholat selalu membaca Al-Fatihah. Surat ini wajib umat muslim baca dalam setiap sholat dan raka’atnya.

Membaca Al-Fatihah adalah wajib untuk setiap sholat apapun, baik fardhu maupun sunah, sehingga muslim harus hafal dengan baik untuk menyempurnakan setiap sholatnya.

Baca Surat Pendek

Selanjutnya ketika setelah membaca Al-Fatihah, maka membaca surat pendek yang anda kuasai. Surat pendek ini anda baca pada dua raka’at pertama. Beda halnya dengan surat Al-Fatihah yang wajib anda baca setiap raka’atnya. Untuk surat pendek ini hukumnya sunnah.

Rukuk dan I’tidal

Setelah membaca surat Al-Fatihah dan surat pendek, maka selanjutnya adalah rukuk. Adapun bacaan yang anda baca seperti ini:

Nah, setelah gerakan rukuk, maka baca ini:

Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat

sambil mengangkat tangan sampai sejajar telinga dengan berdiri tegak.

Selanjutnya bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu yaitu i’tidal dengan bacaan:

Sujud serta Duduk Antara Dua Sujud

Sujud merupakan posisi untuk meletakkan kedua tangan, dahi, dan hidung yang menempel pada sajadah. Untuk bacaan gerakan ini adalah “subhaana robbiyal a’la wabihamdih” sebanyak 3 kali.

Lakukan membaca bacaan tersebut sambil telapak tangan, dahi, dan hidung terus menempel sajadah dengan baik.

Jika sudah sujud, maka gerakan selanjutnya adalah duduk antara dua sujud dengan membaca:

Bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu yang salah satunya dengan duduk antara dua sujud.

Tasyahud Awal

Selanjutnya tiba pada tata cara selanjutnya yaitu tasyahud awal yang anda lakukan ketika raka’at kedua pada sholat dhuhur, ashar, maghrib, serta isya. Untuk bacaan tasyahud awal ini seperti:

Tasyahud Akhir

Rukun sholat yang terakhir adalah dengan membaca tasyahud akhir. Rukun ini adalah yang anda lakukan sebelum salam untuk raka’at terakhir. Adapun bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu untuk tasyahud akhir seperti ini:

Salam

Terakhir bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu yang menjadi rukun sholat adalah salam dengan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum warahmatullah”.

Mengucapkan salam sambil menoleh ke kanan dan ke kiri. Dengan mengucapkan salam, berarti sholat anda telah selesai.

Syarat Wajib Sholat

Syarat pertama untuk melaksanakan sholat adalah dengan menutup aurat. Untuk itu, pastikan seluruh aurat sudah tertutupi dengan baik. Tidak ada yang tersingkap meski hanya hal kecil saja. Untuk itu, selain bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu, syarat sahnya sholat juga bisa muslim ketahui.

Dalam mengerjakan sholat bukan hanya menutup aurat saja, namun menggunakan pakaian yang rapi dan bersih. Untuk itu, pastikan jika anda menggunakan yang terbaik ketika berhadapan dengan Allah untuk beribadah.

Selanjutnya adalah suci dari hadats besar dan kecil. Hadats kecil merupakan sesuatu yang bisa membatalkan sholat, misalnya kentut, buang air kecil, serta besar. Sedangkan hadats besar merupakan kondisi ketika laki-laki mengalami mimpi basah atau wanita sedang dalam keadaan haid.

Orang-orang seperti ini seharusnya tidak melakukan sholat sebelum bersuci terlebih dahulu dengan mandi wajib. Jika mereka sudah mandi wajib atau mandi besar, maka bisa melanjutkan ibadahnya. Termasuk dengan bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu tersebut bisa menjadi bagian dari ibadah sholat.

Dalam keadaan suci ketika sholat, artinya suci dari badan, pakaian, dan tempat sholat yang menjadikan syarat sahnya sholat. Untuk itu, setiap melaksanakan ibadah sholat sebaiknya perhatikan dengan detail mengenai pakaian, badan, dan tempat ibadahnya.

Masuknya waktu sholat juga menjadi syarat sahnya sholat. Sehingga setiap muslim yang akan melaksanakan ibadah sholat, sebaiknya untuk mengetahui jam masuk sholat. Berikutnya menghadap kiblat.

Untuk syarat yang terakhir adalah sholat menghadap kiblat. Setiap muslim harusnya menyesuaikan arah kiblat dari posisi masing-masing, yaitu menghadap ke arah Ka’bah atau Masjidil Haram sebagai penanda arah kiblat untuk seluruh umat Islam yang ada di dunia.

Bacaan niat dan tata cara sholat 5 waktu beserta syarat sahnya sholat menjadi bagian yang muslim ketahui untuk menunaikan ibadah sholat dengan benar. Karena seperti yang sudah diketahui bahwa sholat merupakan ibadah yang wajib setiap muslim lakukan ketika sudah baligh. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid