Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita TerbaruBadan Terasa Lemas, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Badan Terasa Lemas, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Badan terasa lemas mungkin termasuk gejala yang sering terjadi pada banyak orang. Penyebab badan lemas ini bisa karena kelelahan atau penyakit. Karena itu sebelum mencari tahu cara mengatasi badan lemas sebaiknya mengetahui dulu apa yang menjadi pemicunya.

Tubuh yang lemah atau lemas memang memperlihatkan adanya suatu kondisi yang tidak biasa. Tetapi umumnya kondisi seperti ini terjadi setelah kita melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang berat.

Kegiatan yang bersifat fisik akan menguras tenaga. Sehingga wajar saja jika tubuh akan mengalami kelelahan dan menjadi lemas. Bekerja dalam rentang waktu yang lama juga akan menguras tenaga.

Tubuh atau badan terasa lemas juga bisa berkaitan dengan asupan makanan. Makanan adalah sumber energi yang akan membuat tubuh lebih bertenaga. Sehingga kondisi tubuh yang lemas bisa karena kita kurang makan.

Penyebab Badan Terasa Lemas

Selain karena kurang makan atau melakukan aktivitas fisik yang berat, ada banyak faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab badan lemas. Berikut ini hal-hal yang bisa menyebabkan kondisi semacam ini yang wajib Anda waspadai.

Pola Makan yang Salah

Kurang makan memang bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan lemah, seperti saat kita sedang menjalankan puasa. Hal ini wajar karena tidak mendapatkan nutrisi dan energi dari makanan dalam rentang waktu tertentu.

Namun kondisi ini juga bisa terjadi karena pola makan yang kita jalankan salah. Meskipun kita sudah makan, bahkan dalam porsi yang lebih banyak, namun tidak secara otomatis membuat tubuh terjaga kebugarannya.

Badan terasa lemas atau mudah lelah jika asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh justru terlalu banyak mengandung gula dan kafein. Mungkin awalnya tubuh akan bertenaga, namun setelahnya akan mudah lemas.

Jarang Berolahraga

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Tubuh yang mudah lemas juga bisa memperlihatkan kurangnya olahraga yang Anda lakukan. Karena itu cobalah untuk mengubah perilaku dengan berolahraga.

Olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan adalah yang sering dan rutin kita lakukan. Anda tak perlu melakukan olahraga dengan keras dan tak melakukannya lagi untuk beberapa hari. Pola semacam ini justru membuat tubuh mudah lelah.

Untuk menjaga kebugaran tubuh sangat penting melakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari. Sediakan waktu sekitar 15-20 menit untuk melakukan joging, senam, atau sekedar jalan-jalan pagi.

Kurang Istirahat atau Tidur

Badan terasa lemas juga bisa karena Anda kurang istirahat atau tidur. Pekerjaan kantor yang menumpuk atau urusan bisnis yang menyita waktu tak jarang membuat orang menyepelekan tidur atau waktu untuk beristirahat.

Padahal, tidur sangat penting dalam mengembalikan kebugaran tubuh. Tidur merupakan proses alami tubuh dalam melakukan regenerasi sel-sel tubuh yang telah mati. Tidur yang cukup akan meningkatkan imunitas tubuh.

Karena itu salah satu penyebab badan lemas karena tubuh terforsir untuk bekerja. Begitu juga kegemaran begadang atau nongkrong tanpa ingat waktu akan membuat tubuh mudah lelah atau lemas.

Tekanan Psikologis

Stres atau tekanan pada aspek psikologis juga bisa menyebabkan badan terasa lemas. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan atau memicu terjadinya stres. Seperti pekerjaan kantor yang begitu banyak, beban ekonomi keluarga, konflik, dan lainnya.

Karena itu penting sekali kita untuk mengelola tekanan psikis agar tidak membebani pikiran. Beban pikiran inilah yang akan memberikan dampak buruk terhadap tubuh secara fisik. Baik dengan tubuh yang mudah lelah hingga memicu penyakit.

Stres juga akan mendorong tekanan darah naik dan detak jantung juga meningkat. Suplai oksigen ke organ tubuh juga terganggu sehingga tubuh mudah lemas. Stres berkepanjangan bisa menyebabkan hipertensi dan penyakit jantung yang berbahaya.

Dehidrasi Tubuh

Tubuh sebagian besar terdari atas cairan. Tubuh yang kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi bisa menjadi penyebab badan lemas. Karena sangat penting memperhatikan suplai dan konsumsi air putih Anda.

Minum air putih yang cukup juga akan menjaga sistem imunitas tubuh. Hal ini karena organ dan metabolisme tubuh akan bekerja secara optimal saat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Obesitas

Badan terasa lemas juga bisa karena tubuh mengalami obesitas. Berat badan yang berlebihan akan membuat tubuh menopang beban yang berat. Akibatnya, tubuh akan kesulitan untuk bergerak dan berolahraga.

Obesitas juga bisa memicu penyakit berbahaya. Dari penyakit jantung, diabetes, ataupun tekanan darah tinggi. Hal ini karena obesitas sering terjadi karena asupan makanan tak sehat dan jarang berolahraga, sehingga kolesterol menumpuk dalam tubuh.

Faktor Genetik

Faktor penyebab badan lemas lainnya juga bisa karena faktor genetik atau keturunan. Namun tubuh yang mudah lemah biasanya orang dengan bentuk tubuh yang kurus. Namun untuk memastikannya Anda perlu memeriksakan ke dokter.

Seperti distrofi otot yang termasuk jenis penyakit genetik atau turunan. Gangguan ini menyerang bagian otot tubuh karena kekurangan protein yang bernama distrofi. Kondisi inilah yang membuat tubuh mudah lemas.

Efek Konsumsi Obat

Faktor lainnya yang menyebabkan tubuh sering lemas adalah karena efek dari konsumsi obat tertentu. Beberapa jenis obat antidepresan, stimulan, kemoterapi, maupun untuk penderita diabetes dapat memberikan dampak tubuh lemas maupun kantuk.

Anemia

Badan terasa lemas juga bisa karena tubuh yang kekurangan darah. Anemia ini bisa terjadi karena jumlah sel-sel darah dalam tubuh yang menurun. Akibatnya, distribusi oksigen maupun nutrisi ke berbagai organ tubuh juga akan terganggu.

Berkurangnya sel darah merah atau hemoglobin juga akan meningkatkan kerja jantung. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab badan lemas, pusing, sakit kepala, hingga kulit tubuh yang menjadi pucat.

Jika Anda mengalami atau merasakan beberapa gejala tersebut Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya zat besi. Anda juga perlu segara periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan medis.

Gejala Stroke

Salah satu gejala awal orang yang terserang penyakit stroke adalah badan terasa lemas dalam rentang waktu yang cukup lama atau sering. Gejala ini biasanya juga dengan tubuh yang mudah lelah.

Stroke merupakan penyakit yang terjadi karena pembuluh darah dalam otak mengalami pecah. Sebelum pecah, pembuluh darah biasanya mengalami penyempitan. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh gampang lemas.

Terganggunya Kelenjar Tiroid

Penyebab badan lemas juga bisa karena kelenjar tiroid dalam tubuh mengalami gangguan. Tiroid adalah kelenjar yang terdapat tepat pada bawah jakun leher. Hormon tiroid hasil kelenjar ini berfungsi untuk mengatur reaksi kimia dalam tubuh.

Hormon ini juga bertugas mengontrol tekanan darah, detak jantung, maupun suhu tubuh. Terganggunya produksi hormon tiroid akan mempengaruhi suhu, detak jantung, maupun tekanan darah. Akibatnya badan terasa lemas.

Hipoglikemia

Gangguan yang satu ini berupa penurunan kadar gula dalam tubuh yang bisa menyebabkan tubuh mudah lemas. Gula atau glukosa penting bagi tubuh sebagai sumber energi untuk melaksanakan berbagai aktivitas.

Hipoglikemia itu sendiri bisa terjadi karena konsumsi obat kimia dalam waktu lama, melakukan olahraga yang berlebihan, ataupun karena pola asupan makanan yang tak sehat.

Hipokalemia

Gangguan lain yang juga bisa menjadi penyebab badan lemas adalah hipokalemia. Ini merupakan kondisi saat tubuh kekurangan kalium. Kalium merupakan mineral elektrolit yang penting dalam mengontrol cairan tubuh.

Dalam kondisi normal, kadar kalium dalam tubuh adalah berkisar antara 3,6 hingga 5,2 milimol perliter. Jika kurang dari kadar minimal akan terjadi hipokalemia. Selain badan terasa lemas biasanya juga timbul kram otot.

Penyakit Jantung

Kondisi tubuh yang sering mengalami lemas dan mudah lelah juga bisa merupakan indikasi adanya gangguan jantung. Kondisi ini biasanya akan semakin parah saat kita melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.

Namun terganggunya fungsi jantung biasanya juga dengan munculnya sejumlah gejala lainnya. Seperti nyeri pada dada, sesak nafas, ataupun sakit kepala. Karena itu segera pergi ke dokter jika Anda mengalami gejala tersebut.

Cara Mengatasi Badan Terasa Lemas

Setelah mengetahui berbagai penyebab badan lemas selanjutnya Anda bisa mencoba mengatasinya sebagai langkah darurat sebelum ke dokter. Namun cara mengatasi badan lemas ini jika bukan karena penyakit.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan lebih mengatur waktu kerja. Hal itu agar Anda bisa istirahat dengan waktu tidur yang cukup. Ubah gaya hidup Anda dengan melakukan olahraga yang ringan secara rutin setiap hari.

Anda juga perlu mengatur pola makan yang lebih sehat dengan memperhatikan nutrisi. Makan dengan menu yang variatif setiap hari akan memberikan nutrisi yang lengkap untuk tubuh tanpa mengalami defisiensi.

Itulah berbagai penyebab badan lemas yang sebaiknya Anda tahu dan waspadai. Jika Anda sering merasakan tubuh yang mudah lelah atau badan terasa lemas dalam waktu terus menerus sebaiknya segera pergi ke dokter. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -