Bahaya Semir Ban, Adanya Bahan Kimia Membuat Komponen Tidak Awet

Bahaya Semir Ban, Adanya Bahan Kimia Membuat Komponen Tidak Awet
Ilustrasi bahaya semir ban. Foto : istimewa

Bahaya semir ban pada kendaraan akan berdampak negatif jika sering digunakan. Kendaraan akan terlihat bersih dan menarik jika sering dicuci.

Sebab, mencuci kendaraan adalah salah satu hal yang wajib anda lakukan agar kendaraan terlihat bersih. Bahkan tidak jarang jika setelah membersihkannya ada tambahan penyemiran ban.

Belum lengkap jika membersihkan mobil agar kinclong dengan menggunakan semir ban. Sehingga tampilan kendaraan lebih kinclong dan enak untuk anda lihat.

Semir merupakan salah satu komponen yang bisa membantu ban terlihat kinclong dan bersih. Namun, sayangnya jika hal ini terus anda lakukan justru berdampak buruk pada komponen kendaraan.

Mungkin sebagian besar orang masih belum banyak yang tahu jika penggunaannya untuk ban cukup berbahaya. Padahal aktivitas penyemiran sudah sering dilakukan setelah pencucian kendaraan.

Selain kinclong, tampilan ban pun akan tampak lebih fresh. Warna yang hitam mengkilap akan terlihat berkilau setelah mencuci dan menyemirnya.

Banyak resiko yang bisa timbul ketika aktivitas ini sering anda lakukan. Meski terlihat menarik, justru ban akan mendapatkan dampak buruk setelahnya.

Boleh-boleh saja melakukan semir untuk ban asalkan tidak terlalu sering. Justru jika sering anda lakukan bahaya semir ban akan cepat terasa.

Maka dari itu, bagi anda pemilik kendaraan untuk tidak terlalu sering melakukan hal ini. Karena adanya unsur kimia pada semir, mampu membahayakan komponen tersebut.

Bahaya Semir Ban pada Kendaraan

Memiliki kendaraan yang bersih dan kinclong membuat anda merasa percaya diri saat mengendarainya. Dengan perawatan yang sering anda lakukan juga mampu membuat komponennya lebih awet.

Baca Juga : Ban Dual Purpose, Desain Menarik Bentuk Kotak untuk Off Road

Bahkan tidak jarang orang yang mengeluarkan biaya banyak hanya untuk membuat kendaraan terlihat keren. Salah satu hal yang bisa anda lakukan agar penampilan kendaraan terlihat keren dengan semir.

Ban menjadi komponen penting yang bisa membuat penampilan kendaraan keren. Jika komponen ini bersih dan kinclong, kendaraan akan terlihat lebih menarik.

Dengan peralatan tersebut, ban akan terlihat hitam dan mengkilap. Namun, perlu anda ketahui jika pemakaian terlalu sering justru bahaya untuk ban.

Hal ini karena adanya bahan kimia yang mampu merusak komponen tersebut. Anda bisa gunakan merk semir yang mudah hilang jika terkena air. Berikut ini ada beberapa bahaya semir ban jika sering anda gunakan.

Warna Kusam

Efek buruk pemakaian semir ban yaitu akan membuat komponen kendaraan justru tampak kusam. Memang awalnya warna ban akan terlihat mengkilap dan hitam.

Akan tetapi jika sering anda gunakan secara berlebihan, justru memiliki dampak buruk. Ban akan terlihat kusam dari aslinya.

Bahkan justru bisa tampak belang jika penggunaannya tidak rata. Maka dari itu, gunakan semir hanya sekali saja, jangan terlalu sering.

Ban Lebih Mudah Getas

Bahaya semir ban yang kedua yaitu membuat komponen kendaraan tersebut bisa lebih getas atau retak. Hal ini bisa terjadi jika semir yang anda gunakan memiliki kualitas yang kurang bagus.

Baca Juga : Kelebihan Ban Tubles Lebih Banyak Daripada Konvensional 

Maka dari itu, sebaiknya jika ingin menggunakan semir, pilih yang berkualitas. Meski harganya lebih tinggi, namun tidak akan berdampak buruk pada ban.

Jika anda masih bingung untuk pemakaiannya, bisa minta bantuan pada ahli otomotif. Anda bisa cari tahu mana semir ban yang tepat untuk kendaraan tersebut.

Lebih Licin

Bahaya semir ban selanjutnya jika digunakan berlebihan yaitu membuat komponen tersebut lebih licin. Hal ini bisa terjadi karena pemakaian semir hanya asal-asalan.

Sehingga akan membuat licin dari biasanya. Jika hal ini terjadi akan berakibat fatal, bahkan bisa terjadi jatuh atau kecelakaan. Jika pemakaiannya sampai telapak ban, maka daya cengkeramnya akan hilang.

Akhirnya keseimbangan bisa hilang hingga berakibat pengendara jatuh. Penggunaan semir ban harus yang berkualitas dan tentunya tepat. Selain itu, gunakan cara yang sesuai tentang bagaimana cara semir yang benar.

Semua yang berlebihan memang tidak baik, begitu juga dengan penggunaan semir ban. Anda harus bisa menggunakannya secara tidak berlebihan.

Sebagai penggantinya. anda bisa gunakan sabun colek dan menyikatnya. Meski hasilnya tidak sekinclong menggunakan semir, namun tidak memiliki dampak buruk.

Adanya bahan kimia membuat bahaya semir ban semakin terlihat. Apalagi jika pemakaiannya terlalu sering, justru ban akan mudah rusak. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Rem Sepeda Motor, Kenali Sistem Kerja dan Jenisnya