Banjir di Cigatang Hilir Kota Tasikmalaya, Pemuda Siapkan Perahu Karet

Banjir di Cigatang Hilir Kota Tasikmalaya, para pemuda setempat siapkan perahu karet. Foto: Apip Wilianto/HR.
Banjir di Cigatang Hilir Kota Tasikmalaya, para pemuda setempat siapkan perahu karet. Foto: Apip Wilianto/HR.

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- Banjir di Cigatang Hilir, tepatnya di kampung Pajagan, Kelurahan Cigatang, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terjadi akibat hujan deras yang mengguyur pada Sabtu (31/10/2020) sore hingga malam.

Tingginya curah hujan membuat air dari sungai yang mengapit wilayah tersebut meluap hingga menggenangi ruas jalan dan sejumlah bangunan. Baik bangunan sekolah, masjid, serta rumah warga.

Guna mengantisipasi adanya warga yang terjebak banjir, para pemuda setempat menyiapkan satu perahu karet dan bersiaga di lokasi banjir.

Pantauan HR Online, air terlihat mulai surut dan hujan pun sudah berhenti. Meski begitu, para pemuda tetap bersiaga untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan.

Baca Juga : Satu Kampung Terkepung Banjir di Kota Tasikmalaya

Zandi, salah seorang pemuda Cigatang Hilir, mengatakan, para pemuda tetap bersiaga meskipun banjir mulai surut. Terlebih ada satu rumah warga yang terjebak banjir, karena lokasi rumah tersebut tepat dekat sungai yang meluap.

“Kami sudah menawarkan bantuan evakuasi kepada keluarga yang terjebak banjir tersebut, tetapi mereka tidak mau. Jadi kami stay saja di sini,” katanya.

Zandi juga mengatakan bahwa, para pemudia Cigatang Hilir yang merupakan relawan tanggap bencana banjir, memiliki satu perahu karet. Mereka selalu siap siaga ketika ada bencana banjir seperti yang terjadi saat ini.

“Kita juga setiap satu minggu sekali selalu berlatih di Sungai Cciwulan. Jadi, ketika ada bencana banjir seperti ini, kita sudah siap,” pungkas Zandi. (Apip/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah