Ingin Mencari Barang Murah Buat Jualan? Ikuti Cara Ini!

barang murah buat jualan
Cara mendapatkan barang murah buat jualan. Foto: Ist/Net

Mendapatkan barang murah buat jualan bukanlah perkara mudah. Meskipun perkembangan internet telah menyediakan banyak informasi yang berguna, namun cara mencari barang murah membutuhkan ketelitian dan ketelatenan.

Salah satu bentuk usaha yang paling mudah dan tidak membutuhkan keahlian khusus adalah menjadi pedagang. Ini merupakan cara mendapatkan uang paling dasar yang telah dijalankan orang sejak jaman kuno.

Sebagai pedagang kita hanya perlu mencari dan mendapatkan barang kemudian menjualnya dengan harga yang lebih tinggi. Selisih harga inilah yang kita dapatkan sebagai keuntungan usaha.

Untuk mendapatkan barang dagangan kita pun tak harus menjadi produsen yang membuatnya sendiri. Kita bisa membelinya dari orang lain dengan harga miring dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

Namun untuk menemukan barang murah buat jualan ternyata tidak mudah. Apalagi saat ini umumnya usaha yang ada, khususnya bisnis online, adalah para pedagang. Hal ini akan menyulitkan Anda menemukan barang dagangan yang murah.

Cara Mencari Barang Murah Buat Jualan

Sebagai pedagang tentunya penting sekali untuk mendapatkan barang jualan dengan harga yang serendah-rendahnya. Selain akan lebih memudahkan kita dapat menjualnya, keuntungan yang akan kita dapatkan juga lebih besar.

Baca juga: Cara Menjadi Eksportir Pemula Hanya dengan Modal Kecil

Barang murah bukanlah barang bekas atau yang rusak. Berikut ini beberapa cara mencari barang murah buat jualan yang bisa Anda lakukan. Dengan sedikit ketelitian dan telaten, bukanlah hal sulit untuk menemukan suplier murah.

Produsen Barang

Harga suatu barang akan jauh lebih murah jika kita bisa membelinya langsung pada tangan pertama, yaitu pihak produsen. Ini merupakan hukum bisnis bahwa harga barang berasal dari biaya produksi dan tambahan margin keuntungan.

Harga barang yang kita beli langsung dari pembuatnya tentunya jauh lebih murah ketimbang dari tangan kedua atau ketiga. Untuk mencari produsen atau pembuat barang murah buat jualan Anda bisa meminta bantuan instansi pemerintah daerah.

Pusat Perkulakan

Sentra atau pusat perkulakan juga bisa menjadi tempat terbaik untuk bisa mendapatkan barang dengan harga miring. Jika Anda ingin berjualan busana muslim Anda bisa mendapatkan barang kulakan di Pasar Tanah Abang Jakarta.

Jika ingin bisnis fashion batik Anda bisa berburu ke Pasar Klewer Solo atau langsung ke sentra pembuatan batik di Pekalongan Jawa Tengah. Banyak sentra kerajinan di Yogyakarta atau daerah lain yang menjadi buruan pedagang.

Yang menarik, beberapa suplier barang murah buat jualan menawarkan sistem tukar barang jika tidak laku. Ini merupakan bentuk kerja sama yang saling menguntungkan agar kita tidak terbebani dengan barang jualan yang tidak laku.

Membeli Barang Obral

Penjualan secara obral merupakan salah satu teknik marketing dalam meningkatkan penjualan. Namun dalam obralan ini biasanya jenis barang yang mereka jual adalah barang sisa, tidak laku, atau yang lambat penjualannya.

Baca juga: Usaha yang Cocok untuk Pemula dan Cara Memilihnya

Tak sedikit toko ataupun pedagang yang memiliki program promosi obralan yang mereka jalankan secara periodik. Program semacam ini lumrah saja terutama agar barang tidak menumpuk dan perputaran uang usaha tetap terjaga.

Anda bisa memanfaatkan program promosi semacam ini untuk mendapatkan barang murah buat jualan. Barang obral umumnya masih dalam kondisi yang bagus namun Anda tetap perlu teliti dalam memilihnya.

Membeli Banyak

Pembelian barang dalam jumlah besar umumnya akan lebih murah ketimbang membeli eceran. Pembelian bisa dalam satuan lusin, bal, atau karung. Semakin besar satuan barang yang kita beli harga satuannya akan jauh lebih murah.

Ada banyak pusat grosir atau perkulakan yang menerapkan penjualan dengan sistim ini. Tempat semacam ini juga menjadi buruan para pedagang yang ingin mendapatkan barang murah buat jualan.

Membeli Barang Cacat

Alternatif untuk mendapatkan barang dagangan dengan harga murah adalah dengan membeli produk reject atau cacat. Barang semacam ini biasanya memang ada sedikit kerusakan, seperti kancingnya lepas atau lainnya.

Baca juga: Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga yang Mudah Laku dan Menjanjikan

Kerusakan ini biasanya sangat kecil namun karena tidak sempurna lantas terkena reject. Namun untuk menghindari kerugian Anda tentunya harus teliti dalam memilihnya. Anda juga bisa memperbaikinya agar barang bisa Anda jual kembali.

Itulah beberapa cara mencari barang murah buat jualan terutama untuk Anda yang ingin menjalankan usaha. Semakin murah barang dagangan yang Anda dapatkan akan semakin cepat dibeli konsumen dan semakin besar keuntungannya. (R11/HR-Online)

Editor: Jujang