Beber Jadi Desa ODF, Kadinkes Ciamis Imbau Tetap Jalankan 3M

Beber Jadi Desa ODF, Kadinkes Ciamis Imbau Tetap Jalankan 3M. Foto: Suherman/HR.
Beber Jadi Desa ODF, Kadinkes Ciamis Imbau Tetap Jalankan 3M. Foto: Suherman/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Beber jadi Desa ODF (Open Defecation Free) pertama tahun 2020 di Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Untuk meraih predikat ODF ini bukanlah pekerjaan mudah. Butuh keuletan, kesabaran, dan strategi dalam menjawab setiap tantangan.

Hal itu dikatakan Kepala UPTD Puskesmas Cimaragas, Tata Sudinta, saat memberikan pemaparan dalam kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke-56.

“Kabar yang lebih membahagiakan bagi seluruh jajaran Pemerintahan Kecamatan Cimaragas, yaitu diraihnya status ODF oleh Desa Beber. Ini menjadi kado istimewa dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November,” ujarnya.

Lebih lanjut Tata mengatakan, kehadiran KAPAS SABA DESA (Kampaye Pentingnya Arti Sehat), dan SIASAT (Sodaqoh Infaq Atasi Segala Tantangan) sebagai inovasi lokal.

Sehingga, Puskesmas Cimaragas mampu membangkitkan kesadaran kolektif setiap kalangan untuk berperan aktif mewujudkan masyarakat yang sehat. Terutama dalam buang air besar sembarangan.

Tata menyebutkan, selama tiga bulan berproses, terhitung sejak awal Agustus 2020, pembangunan sebanyak 174 jamban telah selesai. Pembangunan jamban tersebut secara mandiri. Kemudian, masyarakat memanfaatkannya untuk mengawali perilaku hidup bersih dan sehat.

Ia pun menjelaskan, berbagai penerapan teknologi type jamban keluarga telah pihaknya dapatkan. Semua itu menjadi pembelajaran berharga dalam mengemas kreativitas berbasis kearifan lokal.

Baca Juga : Pegawainya Positif Covid-19, Kantor Camat Cihideung Tasikmalaya Tutup

“Proses verifikasi sebagai syarat mendapatkan status Desa ODF telah dilakukan oleh perwakilan lembaga pemerintahan desa tetangga, yaitu Desa Cimaraga, dan Desa Jayaraksa,” terang Tata.

Tim yang terdiri dari kecamatan dan Puskesmas telah bekerja sesuai standar. Bahkan, data yang laporannya sudah dalam register akses jamban keluarga Desa Beber telah sesuai dengan fakta lapangan atau masyarakat.

“Dokumen hasil verifikasi inilah yang menjadi dasar penetatapan Desa Beber sebagai Desa ODF tahun 2020,” jelasnya.

 Selain itu, Tata juga mengajak kepada seluruh petugas Puskesmas Cimaragas agar bertekad mewujudkan satu desa lagi meraih status Desa ODF.

Warga Beber Harus Tetap Patuhi Prokes dan Jalankan 3M

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Ciamis, dr. H. Yoyo, MM.Kes., mengatakan, meski Desa Beber menjadi salah satu Desa ODF, pihaknya tetap mengharapkan agar masyarakat terus meningkatkan pola hidup sehat dan selalu menjalankan 3M dalam kehidupan sehari-hari.

“Beber jadi Desa ODF yang merupakan salah satu desa dengan memiliki kategori unggul dalam menjalankan hidup sehat masyarakatnya. Saat pandemi ini, mari kita tetap satukan tekad perangi Corona. Cara paling penting dalam memerangi virus ini adalah dengan mematuhi prokes serta menjalankan 3M,” terangnya.

dr. Yoyo juga mengatakan, Desa Beber merupakan satu satunya desa di Kabupaten Ciamis yang mendapatkan status Desa ODF tahun 2020 ini.

Ia juga menyebutkan, Kabupaten Ciamis sudah ada 48 desa yang sudah ODF. Namun, tahun 2020 hanya ada satu desa, yaitu Desa Beber. Pihaknya berharap hingga akhir tahun masih ada desa lain yang akan menyusul untuk menjadi Desa ODF tahun ini.

Untuk tahun sekarang, pihaknya menargetkan 120 desa menjadi Desa ODF. Tapi karena adanya pandemi, maka kesiapan beberapa desa jadi terganggu. Hanya Desa Beber yang mendeklarasikan sebagai Desa ODF.

“Mudah mudahan desa yang lain segera menyusul. Tahun ini masih ada waktu hingga akhir Desember. Jadi masih ada kemungkinan desa lain akan mendeklarasikan sebagai Desa ODF pada akhir tahun ini,” pungkas dr. Yoyo. (Suherman/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah

Aegis Boost Pro