Benteng RS Purbaratu Kota Tasikmalaya Ambruk

Benteng RS Purbaratu Kota Tasikmalaya Ambruk
Bentang penyangga tebing Rumah Sakit Purbaratu Kota Tasikmalaya yang ambrol. Foto : Apip/HR

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),- Benteng penyangga tebing Rumah Sakit (RS) Purbaratu Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, ambruk. Ambruknya benteng sepanjang belasan meter tersebut, akibat hujan deras yang mengguyur Kota Tasikmalaya, Selasa malam (17/11/2020).

Surya Chandra warga setempat mengatakan, ambruknya benteng terjadi pada Rabu (18/11/2020) sekitar pukul 03.00 WIB.

Surya menduga, bahwa pembangunan bentang penyangga RS Purbaratu tersebut asal-asalan, atau tidak sesuai dengan spesifikasi teknis dasar pembangunan.

Bahkan, satu pekan sebelumnya, Ia sempat mengingatkan pihak pelaksana atau pengembang pembangunan RS Purbaratu Kota Tasikmalaya. Pasalnya, terdapat retakan memanjang pada benteng yang ambruk itu.

“Malah, saya menyarankan ke pengembang untuk menopang benteng dengan tahanan yang kokoh. Namun, mereka tidak menggubrisnya,” ucapnya kepada HR Online, Rabu (18/11/2020).

Sedangkan, benteng penyangga bangunan RS Purbaratu yang ambruk tersebut, menimpa saluran air sungai Cihaji.

Akibatnya, puluhan kolam petani ikan kemungkinan gagal panen. Sebab, material bangunan tersebut menimpa sungai. Imbasnya, air sungai meluap serta merendam kolam produktif milik para petani ikan.

Padahal, kata Surya, kolam ikan yang kebanjiran akibat benteng ambruk itu cukup produktif. Bahkan, setiap tiga bulan sekali ia dan petani ikan lainnya memanen ikan konsumsi.

“Kini usaha kami hancur. Seharusnya pihak terkait bertanggungjawab atas ambruknya benteng itu. Kami juga akan minta ganti rugi, karena tidak bisa memanen ikan,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, ketika dihubungi HR Online menyebutkan, pihaknya bakal menerjunkan tim ke lokasi kejadian.

“Saat ini saya masih di luar kota. Nanti saya bakal turunkan tim ke lapangan,” singkat Uus. (Apip/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

Aegis Boost Pro