Blind Van DFSK Gelora, Mobil Komersial yang Dukung Kegiatan Usaha

Blind Van DFSK Gelora, Mobil Komersial yang Dukung Kegiatan Usaha
Ilustrasi Blind Van DFSK Gelora. Foto : Istimewa

Blind Van DFSK Gelora akhirnya resmi meluncur dan sudah bisa mulai masyarakat Tanah Air beli. Sebelumnya awal tahun 2020, perusahaan telah memperkenalkannya pada Pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC).

Sebenarnya ada alasan tertentu, mengapa DFSK meluncurkan mobil ini terlebih dahulu daripada model lainnya. Diketahui, banyak konsumen Indonesia yang membutuhkan model ini untuk mendukung kegiatan usaha.

Major Qin juga mengatakan bahwa Gelora akan memiliki peran penting dalam dunia Indonesia. Tentu tujuannya agar dunia usaha terus tumbuh dan perekonomian bangsa Indonesia turut tergerakkan.

Baca Juga : Hyundai Genesis G80, Sedan Eksklusif yang Rilis di Australia

Sebelumnya mereka telah meluncurkan pickup Super Cab untuk konsumen Indonesia. Rencananya juga, DFSK akan meluncurkan Gelora versi minibus kira-kira dalam beberapa waktu ke depan.

Blind Van DFSK Gelora yang Multifungsi

Mobil komersial satu ini bisa konsumen manfaatkan untuk berbagai jenis bidang usaha. Seperti transportasi umum, logistik perkotaan, penyelamatan medis, dan berbagai bidang usaha lainnya.

Lamanya jarak waktu antara saat perkenalan dan peluncuran mobil ini memang cukup lama, sekitar 8 bulan. Hal ini karena pandemi virus Corona yang menimpa Indonesia membuat pabrikan menunda peluncuran mobil ini sendiri.

Konsumen sudah bisa mulai memesan mobil Blind Van DFSK Gelora ini melalui 90 jaringan resmi DFSK yang ada pada seluruh wilayah Indonesia. Kabarnya, Suzuki APV Arena Blind Van akan menjadi salah satu pesaing dari mobil Gelora ini.

Ternyata DFSK juga menawarkan mobil Gelora E yang menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkannya. Namun, hal ini masih akan menanti regulasi dari pemerintah Indonesia terkait kendaraan listrik.

DFSK Ubah Gelora Jadi Ambulance

DFSK telah melakukan kerja sama dengan karoseri Ambulance Pintar Indonesia (API) untuk mengubah Gelora menjadi ambulance. Gelora yang mereka ubah menjadi ambulance ini berguna untuk keperluan para tenaga medis.

Kerja sama ini menawarkan sejumlah tipe ambulance yang tentunya juga memiliki spesifikasi berbeda-beda. Salah satu tipe mobil ambulance yang mereka tawarkan adalah Gelora Ambulance Jenazah.

Baca Juga : Land Rover Baby Defender, Mobil Mungil yang Meluncur Tahun 2022

Karena telah berubah menjadi mobil ambulance, interior dan eksterior Blind Van DFSK Gelora juga turut berubah. Mengenai eksterior, mobil lengkap dengan sirine, spotlight, logo, LED Light Bar Oval, dan tulisan Ambulance.

Sementara pada bagian interior tersemat lampu operasi, tabung oksigen, landasan stretcher, dan kotak P3K. Selain itu, juga ada gantungan infus dan berbagai kebutuhan medis yang kendaraan ambulance butuhkan lainnya.

Karena untuk kebutuhan medis, kabinnya lebih lega, nyaman, dan fasilitasnya sangat lengkap. Akibat dari pandemi virus Corona ini, kebutuhan akan kendaraan ini tentu semakin banyak.

Tipe tersebut yaitu Ambulance Deluxe, Standar, Standar 1, Economy, dan Jenazah. Mengenai harga dari Gelora ambulance ini mulai dari Rp219.600.00 hingga mencapai Rp244.900.000.

Spesifikasi Mesin

Mengenai mesin sendiri, Blind Van DFSK Gelora sudah mengusung tenaga yang kuat, handal, dan responsif. Mobil sudah menggunakan mesin DK 1.500CC DVVT dan lengkap dengan transmisi manual 5 percepatan.

Yang mana mobil ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 109dk pada putaran 6.000rpm. Selain it,u juga mampu menghasilkan torsi 140Nm pada 3.200-4.000rpm dan tenaga tersalurkan ke roda belakang.

Mesin tersebut semakin lengkap dengan adanya sistem pengereman hydraulic dual circuit braking system. Pada roda depan sudah lengkap dengan cakram dan roda belakang lengkap dengan tromol biasa.

Sementara pada bagian suspensi depan, Blind Van DFSK Gelora telah menggunakan MacPherson Strut Independent. Gunanya tentu untuk penyangga tubuh dari mobil DFSK Gelora ini sendiri.

Sedangkan untuk penopang roda belakang, mobil ini menggunakan tipe 5 Leaf Spring. Selain itu, juga menggunakan Non-independent Suspension with Stabilizer.

Mesin tersebut mendapat dukungan dari fungsionalitas DFSK Gelora dengan daya angkut. Yang mana memiliki dimensi berukuran PxLxT (4.500mm x 1.680mm x 2.000mm), sehingga lebih luas dan lapang.

Untuk model Blind Van ini, memiliki kabin dengan panjang sekitar 2,63m dan luasnya 4,8m kubik. Hal ini sangat cocok untuk menunjang kapasitas kargo, kebutuhan logistik, katering, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan Blind Van DFSK Gelora, konsumen sudah bisa memesan dan hanya perlu membayar sekitar Rp169 juta. Seperti penjelasan sebelumnya, untuk model ambulance memiliki harga berbeda dari versi awalnya ini. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Mobil Listrik BMW iNEXT akan Diungkap pada 11 November Mendatang