Bunga Bangkai Ditemukan di Kebun Warga Cipaku Ciamis

Bunga Bangkai Cipaku
Bunga Bangkai ditemukan di kebun milik warga Cipaku, Kabupaten Ciamis. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bunga bangkai setinggi 45 cm dengan diameter 1 meter ditemukan di kebun milik Maman Isak, warga Lembur Girang, Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Maman Isak, mengaku terkejut saat melihat bunga bangkai yang muncul secara misterius di kebunnya. Apalagi bunga bangkai tersebut sudah  dalam keadaan mekar dengan warna yang sangat menarik. 

Bunga yang juga dikeal dengan nama bunga raflesia tersebut memiliki daun berwarna kemerah-merahan sementara pada bagian dalamnya berwarna kecoklatan. 

“Setelah diukur, bunga tersebut tingginya 45 cm dengan diameter 1 meter. Bunga raflesia yang tumbuh mekar tersebut merupakan, pertama kali ditemukan,” katanya, Kamis (19/11/2020). 

Lanjut Maman, informasi keberadaan bunga bangkai di Cipaku Ciamis ini cepat menyebar dan menyedot perhatian warga. Sehingga banyak warga penasaran dan ingin melihat langsung bunga bangkai di kebunnya. Namun, Maman tidak tahu sampai kapan bunga tersebut akan bertahan. 

Maman, menjelaskan bunga raflesia merupakan bunga yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem. Bunga yang biasa tumbuh mekar di atas tanah ini, juga bisa tumbuh di pohon karena inangnya berupa tumbuhan akar.

“Mengingat bunga bangkai ini bunga yang dilindungi, maka siapapun tidak boleh mengambilnya. Biarkan bunga raflesia tumbuh mekar dan mudah-mudahan bisa bertahan lama,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online)

Editor: Ndu