Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Kerja Otot Jantung yang Sangat Penting pada Tubuh Manusia

Cara Kerja Otot Jantung yang Sangat Penting pada Tubuh Manusia

Cara kerja otot jantung dalam tubuh manusia memang perlu kita ketahui, begitu pula dengan fungsi serta karakteristiknya. Otot jantung sendiri merupakan suatu otot penyusun dinding jantung yang meliputi sel-sel cardiomycocyte atau myocardiocyteal.

Sel otot tersebut berjumlah satu atau dua, meskipun ada juga yang berjumlah hingga tiga dan empat inti sel. Namun hal tersebut sangat jarang terjadi. Otot jantung bergerak dibawah kesadaran, sehingga tidak terpengaruh oleh perintah otak ataupun saraf pusat.

Pada otot jantung ialah gabungan otot polos serta otot lurik. Sebab memiliki daerah yang gelap dan terang bila anda lihat secara seksama menggunakan mikroskop. Memiliki banyak inti sel yang letaknya pada tengah dan sifat gerak sama.

Otot tersebut bekerja tanpa lelah dan tanpa istirahat untuk membuat darah terus mengalir. Selain itu, otot jantung juga merupakan otot kehidupan bagi manusia. Karena bila ia berhenti bekerja, maka peredaran darahnya juga akan terhenti dan menimbulkan kematian bagi manusia.

Baca Juga: Organ Sistem Pernapasan Manusia dan Cara Kerjanya

Cara Kerja Otot Jantung pada Manusia

Otot ini bekerja bawah sadar ataupun tanpa kendali dari individu tersebut. Saraf otonom berupa saraf simpatik serta saraf parasimpatik menjadi hal yang mempengaruhi segala aktivitas atau kegiatan otot jantung.

Dengan begitu, otot jantung akan mampu berfungsi secara terus-menerus tiada berhenti. Kemudian juga bisa menjadi pemeran utama untuk keberlangsungan hidup manusia.

Dapat kita artikan pula cara kerja otot jantung, sel-sel khusus alias sel pacu jantung akan mempengaruhi cara kerjanya. Sel tersebut akan bertanggung jawab sebagai pengendali kontraksi pada jantung manusia.

Kemudian pada sistem saraf jantung akan mengirimkan sinyal kepada sel-sel pacu jantung. Yang mana bisa mempercepat serta memperlambat detak jantung anda. Sehingga kita tidak dapat mengendalikan kinerja dari otot yang satu ini.

Karakteristik otot Jantung

Otot jantung memiliki karakteristik yang struktural dan fungsional antara otot rangka serta otot polos. Hal ini akan memberikan irama jantung serta kontraksi secara terus-menerus. Untuk itu, anda juga perlu mengetahui apa karakteristiknya selain cara kerja otot jantung.

Sel miokard yang merupakan sel otot dengan satu inti pusat dan miofibril lurik. Sel tersebut memiliki prosesus lateral kemudian bergabung dengan prosesus sel tetangga oleh formasi khusus diskus interkalaris.

Pada otot jantung terdiri dari sel-sel sistem otonom atau kardionektor. Yang mana merupakan miosit jantung dengan modifikasi khusus dan konduksi impuls saraf. Mereka bercabang pada seluruh jantung dan membentuk sistem purkinje sebagai alat pacu jantung.

Sel serta cara kerja otot jantung hanya anda temukan pada organ jantung, khusus untuk memompa darah dengan kuat dan efisien. Empat karakteristik yang menjadi penentu sel-sel jaringan otot jantung. Mereka bekerja tanpa sadar secara intrinsik, lurik, bercabang, serta berinti tunggal.

Baca Juga: Fungsi Otot Polos, Struktur, dan Cara Kerja untuk Tubuh

Fungsi Otot Jantung

Otot jantung terletak pada bagian tubuh yang sangat vital atau penting. Sebab otot jantung merupakan kunci dari nyawa manusia. Oleh karena itu, otot jantung memiliki fungsi yang vital pula, yaitu sebagai berikut.

  1. Otot akan bekerja sebagai pompa darah ke semua tubuh. Sehingga saluran peredaran darah pada manusia yang melimpah akan oksigen bersih terus mengalir ke dalam seluruh organ tubuh manusia.
  2. Dengan cara kerja otot jantung juga untuk membersihkan tubuh dari hasil metabolisme dengan cara membantu mengeluarkan racun. Kemudian menggantinya dengan darah yang bebas dari karbondioksida.
  3. Otot jantung ikut berfungsi dalam membantu sel-sel sekitar untuk berkontraksi.
  4. Berperan juga dalam proses memompa ventrikel pada jantung.
  5. Kemudian berfungsi sebagai pemeras darah sehingga bisa keluar dari jantung. Proses ini terjadi saat berkontraksi dan mengambil darah ketika relaksasi.
  6. Selain itu, juga menunjang kinerja dari organ jantung itu sendiri. Dimana dengan membantu jantung untuk menjalankan tugasnya dalam menjamin kehidupan bagi individunya atau seseorang.

Otot jantung memang memiliki banyak fungsi bagi tubuh manusia. Untuk itu, selalu rutin menjaga kesehatan jantung serta otot-otot sekitarnya. Anda bisa melakukannya dengan olahraga rutin dan mengurangi makanan berlemak tinggi.

Itulah cara kerja otot jantung serta karakteristik dan fungsinya bagi tubuh manusia. Dengan begitu, anda bisa lebih memahami mengenai otot jantung dan juga mengerti seberapa pentingnya organ jantung bagi manusia. Sehingga jaga selalu kesehatan organ jantung anda. (R10/HR Online)