Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menscreenshot HP Vivo Paling Mudah dan Cepat Semua Seri

Cara Menscreenshot HP Vivo Paling Mudah dan Cepat Semua Seri

Cara menscreenshot HP Vivo semua tipe pasti banyak yang belum tahu. Tentu screenshot adalah kebutuhan banyak orang. Termasuk pengguna ponsel Vivo. Sebab semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan ini akan terus berguna.

Sebab kini screenshot berguna untuk menyimpan sebuah informasi yang akan muncul dalam bentuk gambar. Setiap merk HP berlomba-lomba meluncurkan produk gadget terbarunya. Tentu dalam peluncuran ini, mereka menginginkan spesifikasi yang juga berkembang.

Dengan begitu, tidak semua HP memiliki kinerja yang sama. Salah satunya pada cara menangkap layar yang berbeda pada setiap serinya. Namun, pada umumnya cara ini hampir sama dengan HP lainnya.

Baca juga: HP Vivo Full HD, Hadirkan Tampilan Layar yang Lebih Tajam dan Jernih

Metode ini bisa anda terapkan dengan cara apapun. Bisa memilih sesuai kebutuhan dengan berbagai tujuan. Baik untuk menyimpan informasi maupun kebutuhan tutorial dan lain sebagainya.

Meskipun sama-sama HP Vivo, namun tidak semua cara menangkap layarnya sama. Hal ini karena dalam pembuatannya selalu banyak inovasi dengan adanya fitur terbaru.

Cara Menscreenshot HP Vivo Paling Cepat dan Mudah

Untuk melakukan tangkapan layar pada HP Vivo, ada tiga cara yang bisa anda lakukan. Ketiga cara ini sama-sama mudah dan cepat. Anda tinggal memilih salah satu cara yang nyaman bagi anda.

Berikut cara menangkap layar pada HP Vivo:

Screenshot HP Vivo Tombol Kombinasi

Cara yang pertama adalah menggunakan kombinasi tombol fisik. Menangkap layar menggunakan tombol ini merupakan cara klasik. Mungkin sudah banyak orang yang mengetahuinya.

Apalagi cara ini akan sangat mudah bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan HP Vivo. Walaupun kini Vivo telah meluncurkan produk terbaru dengan cara yang lebih mudah, pasti tombol kombinasi adalah solusi pertama bagi pengguna. Caranya cukup dengan menekan tombol fisik yang memungkinkan pada HP Vivo merk apa saja.

Melakukan tangkapan layar dengan tombol ini bisa dilakukan oleh pengguna yang masih pemula. Sebab memang sangat cepat dan mudah. Bahkan merk HP lain juga bisa menggunakan tombol kombinasi untuk menscreenshotnya.

  1. Langkah pertama dalam cara menscreenshot HP Vivo adalah menentukan halaman layar yang ingin anda tangkap.
  2. Selanjutnya anda bisa menekan dan tahan tombol home + tombol power dalam waktu yang bersamaan.
  3. Lepaskan kedua tekanan pada tombol tersebut hingga terdengar suara shutter potret.
  4. Gambar yang anda screenshot akan langsung muncul pada status bar.
  5. Anda juga bisa mengedit gambar screenshot sebelum anda menyimpannya.
  6. Begitu sebaliknya, jika belum pas atau kurang anda bisa menghapusnya.

Cara ini memang memungkinkan anda lakukan pada semua tipe HP Vivo. Baik keluaran terbaru maupun keluaran lama. Namun, HP Vivo yang keluaran saat ini tidak ada tombol home fisiknya.

Fitur Bawaan

Cara menscreenshot HP Vivo berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur bawaannya. Hal ini tentunya akan sama dengan brand Android lainnya. Sebab Vivo kini memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan memberikan fitur screenshot secara khusus.

Baca juga: HP Vivo Memori Internal 128GB, Gaming Lebih Puas dan Akses File Cepat

Tujuan adanya fitur ini agar mudah bagi pengguna untuk memperoleh tangkapan layar yang mereka inginkan. Fitur pada HP Vivo ini namanya adalah S-Capture.

Namun, fitur ini hanya ada pada HP Vivo keluaran terbaru saja. HP Vivo keluaran lama masih belum memiliki fitur canggih ini. Sehingga bagi anda pengguna HP Vivo keluaran terbaru, wajib menyimak penjelasan berikut ini.

Inilah cara menscreenshot HP Vivo keluaran terbaru dengan fitur S-Capture:

  1. Anda harus menentukan halaman mana yang akan anda screenshot.
  2. Jika sudah, anda bisa mengusap satu jari dari bawah menuju ke bagian tengah layar. Secara otomatis akan muncul halaman yang berisi menu pada HP Vivo.
  3. Anda bisa melihat pada bagian dalam menu ada fitur S-Capture.
  4. Klik fitur tersebut dan akan muncul beberapa menu lagi. Menu tersebut antara lain record screenshot, rectangular, long screenshot, dan funny screenshot.
  5. Setelah itu, anda bisa memilih salah satu opsi screenshot sesuai dengan kebutuhan.
  6. Anda bisa klik pada tombol save dan secara otomatis hasilnya akan muncul pada layar bar. Akan ada notifikasi bahwa screenshot telah berhasil anda lakukan.
  7. Hasil secara otomatis akan tersimpan pada galeri anda.

Aplikasi Pihak Ketiga

Cara menscreenshot HP Vivo berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Ini merupakan cara yang cocok untuk semua jenis dan tipe HP Vivo. Cara penggunaannya juga sangat mudah dan cepat.

Bahkan orang awam pun akan cepat dalam memahami cara menangkap layar dengan menggunakan aplikasi tambahan. Menariknya lagi, beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan sudah memiliki fitur terbaru yang canggih. Hal ini akan sangat membantu anda dalam melakukan screenshot ponsel Vivo.

Kini sudah banyak jenis aplikasi screenshot untuk ponsel Vivo. Anda bisa mendownloadnya pada Google Play Store dengan mudah dan gratis. Tak perlu ribet, anda cukup memilih satu aplikasi terbaik pilihan anda.

Ada beberapa jenis aplikasi yang mungkin bisa sebagai referensi bagi anda. Aplikasi tersebut adalah ScreenshotX, Penangkapan Layar, Assistive Touch, Screenshot Quick Free, dan lain sebagainya.

Nah, aplikasi tersebut bisa anda install dengan gratis. Anda bisa langsung menggunakan cara menscreenshot HP Vivo dengan aplikasi yang sudah terinstall. Bahkan aplikasi itu bisa untuk semua merk HP Vivo.

Cara Screenshot HP Vivo dengan 3 Jari

Berikutnya anda bisa melakukan screenshot dengan menggunakan tiga jari. Cara ini anda perlu mengubah pengaturan pada HP Vivo yang anda miliki. Cara ini cukup mudah bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Android terbaru.

Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan:

  1. Hal utama yang harus anda lakukan sebelumnya adalah membuka menu pengaturan pada HP Vivo.
  2. Pada opsi menu screenshot, anda bisa mengaktifkan Three Fingers Swipe Screenshot.
  3. Setelah itu, anda bisa membuka halaman layar yang ingin anda tangkap.
  4. Anda cukup mengusap menggunakan 3 jari dari atas ke arah bawah.
  5. Layar HP akan berkedip jika proses screenshot yang anda lakukan berhasil.
  6. Akan muncul notifikasi pada status bar bahwa hasil screenshot telah berhasil anda lakukan.
  7. Hasil secara otomatis akan tersimpan pada galeri HP Vivo anda.

Cara Screenshot Panjang Chat WhatsApp

Semakin berkembangnya dunia teknologi menuntut kita untuk terus beradaptasi dengan kemajuan yang ada. Kini banyak pengguna Android yang belum tahu cara menscreenshot HP Vivo yang panjang pada chat WhatsApp. Cara ini bisa anda lakukan dengan menginstall aplikasi tambahan atau fitur pada HP yang sudah ada.

Pasalnya, tidak semua ponsel Vivo bisa untuk screenshot panjang. HP Vivo keluaran lama belum ada fitur untuk itu. Sehingga memerlukan sebuah aplikasi tambahan.

Pada dasarnya, menscreenshot panjang untuk chat WhatsApp pada HP keluaran terbaru menggunakan fitur S-Capture. Caranya sama dengan yang sudah dijelaskan.

Hanya dalam pemilihan menu, anda memilih longshot. Nantinya pada halaman yang anda pilih bisa langsung anda screenshot. Hasilnya juga akan langsung muncul pada bar notifikasi.

Baca juga: HP Vivo Kamera Depan 8MP Dukung Aktivitas Selfie dan Rekam Video

Berbeda dengan HP keluaran lama yang mungkin belum ada fitur longshot. Maka dari itu, perlu mendownload aplikasi tambahan agar bisa menscreenshot panjang untuk chat WhatsApp.

Aplikasi ini tidak hanya untuk chat WhatsApp saja, tapi bisa untuk kebutuhan lainnya. Cara menscreenshot HP Vivo dengan aplikasi ini cukup mudah.

Langkah Screenshot

  1. Langkah utama yang harus anda lakukan adalah dengan menginstall aplikasi pilihan anda. Dapatkan aplikasi gratis terbaik pada Google Play Store. Pilih aplikasi longshot yang cocok untuk HP Vivo anda.
  2. Jika sudah, anda bisa langsung coba menjalankan aplikasi tersebut. Setelah itu, anda bisa klik tombol shutter pada aplikasi tersebut. Aplikasi akan meminta izin agar bisa tampil pada bagian atas atau status bar.
  3. Selanjutnya anda bisa menekan pilihan start now. Dengan begitu, anda sudah bisa membuka aplikasi WhatsApp dan mencari chat yang ingin anda screenshot. Cara menscreenshot HP Vivo dengan menggunakan longshot ini sangat mudah.
  4. Langkah berikutnya, anda klik opsi start untuk memulai proses screenshot.
  5. Anda harus scroll ke bawah sampai batas chat yang anda inginkan.
  6. Jika sudah sampai pada batas chat, anda bisa klik opsi done pada halaman bar. Hasil screenshoot akan langsung tersimpan pada menu galeri. Apabila kurang sesuai, anda bisa mengulanginya dengan cara yang sama.

Memang melakukan screenshot HP adalah cara yang paling efektif untuk menyimpan berbagai informasi. Terlebih jika kebutuhan itu urgent akan sangat membantu.

Itulah cara menscreenshot HP Vivo dengan berbagai metode dan fitur berbeda. Hal ini bisa anda terapkan sesuai dengan merk dan tipe HP masing-masing. (R10/HR-Online)

- Advertisment -