Cegah Covid-19, Ratusan Petugas Pemilu di Pangandaran Ikuti Rapid Tes

Ratusan petugas
Rapid tes yang diikuti petugas pemilu di Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Ratusan petugas penyelenggara pemilihan umum kepala daerah di Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran mengikuti rapid tes.

Ketua PPK Kecamatan Kalipucang, Indra, mengatakan, rapid tes yang berlangsung secara serentak ini merupakan upaya antisipasi penyebaran covid-19 selama Pilkada berlangsung.

Untuk wilayahnya, sebanyak 648 petugas mengikuti pemeriksaan tim medis, baik dari tingkat PPK, PPS hingga KPPS.

“Tes ini merupakan salah satu langkah agar penyelenggaraan Pilkada tidak menjadi klaster baru, apalagi sekarang masih dalam masa pandemi covid-19,” katanya, Selasa (24/11/2020).

Pemeriksaan secara cepat ini, kata Indra, merupakan kewajiban bagi seluruh penyelenggara Pilkada. Bahkan aturan tersebut sesuai dengan PKPU tahun 2020.

Pada pelaksanaan pencoblosan nanti, lanjutnya, penerapan protokol kesehatan menjadi prioritas utama, baik untuk para petugas maupun pemilih.

“APD yang sudah kami terima dari KPU juga sudah terdistribusikan ke petugas. Mudah-mudahan nanti hingga pelaksanaan bisa berjalan dengan lancar, kondusif dan terbebas dari virus corona,” pungkasnya.

baca juga: TNI-Polri Awasi Prokes 3M saat Penyaluran BLT di Kantor Pos Pangandaran

Sebelumnya, Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, menegaskan semua penyelenggara wajib mengikuti rapid tes, menyediakan tempat cuci tangan dan handsanitizer bagi pemilih yang hendak mencoblos.

Sementara itu, untuk menghindari penyebaran virus corona, TPS yang menjadi tempat menyalurkan hak konstitusi warga secara berkala akan dilakukan sterilisasi dan pemberlakuan prokes secara ketat. (Entang/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

Aegis Boost Pro