Jumat, Juli 1, 2022
BerandaBerita PangandaranCegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Pangandaran Bentuk 2 Satgas

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Pangandaran Bentuk 2 Satgas

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam upaya cegah penyebaran covid-19, Pemkab Pangandaran membentuk Satgas Penanganan Covid-19 dan Satgas Pemulihan Ekonomi.

Pembentukan tersebut, pemerintah juga melibatkan berbagai elemen, seperti tokoh pemuda, ulama, kader penggerak PKK, maupun ormas.

Pjs Bupati Pangandaran Dani Ramdan menjelaskan, terakhir ada kasus di perkantoran pada sebuah bank swasta dan salah satu instansi daerah.

Akan tetapi setelah tracking tidak ada yang positifdan hanya satu dan keluarganya saja yang positif.

“Sebelumnya kita fokus pada pendatang, wisatawan dan pemudik yang kasusnya datang dari luar. Tapi sekarang sudah antar penduduk, bahkan di perkantoran,” kata Dani Ramdan, Selasa (3/11/2020).

Makanya, kata Dani, langkah-langkah yang dilakukan Pemda mengantisipasi pola penyebaran di internal, yakni peningkatan tes setiap ada kasus, terutama kepada yang kontak erat.

“Perawatan di kita cukup baik. Yang meninggal hanya 1 dari total sudah 96 kasus sembuh. Semua perawatan di RSU cukup baik, saya intruksikan kepada Kadinkes kalau ada penambahan positif OTG harus diisolasi dan mendapatkan perawatan di ruangan yang berbeda,” kata Dani Ramdan.

Langkah Pemda yang terus melakukan operasi penyadaran masyarakat, khususnya wilayah Pangandaran karena tempat keluar masuk pendatang dan masyarakat ternyata efektif.

“Pemda saat ini sedang menyiapkan program perubahan perilaku bagi masyarakat karena ada 3 macam masyarakat tentang Covid-19 ini, pertama tidak percaya adanya covid, kedua mempercayai tapi masih acuh, dan ketiga sudah bagus sadar dan mengubah perilakunya,” imbuhnya.

Untuk mewujudkan itu, pihaknya akan menggeser perubahan perilaku di masyarakat dengan melibatkan para kader-kader perubahan perilaku PKK, pemuda, tokoh agama, Ormas, dengan merombak gugus tugas menjadi satuan tugas Covid-19 terdiri dari berbagai organisasi kemasyarakat.

“Sudah dari akhir Oktober kita rombak. Saat ini sedang melakukan sosialisasi pembentukan dua satgas,” kata Dani lagi.

Ia harap adanya kedua satgas tersebut bisa bekerja dengan baik sesuai agar penularan corona semakin kecil dan ekonomi kembali pulih. (Mad/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -