Cek Garansi HP Oppo, Ini Dia Cara Mudah, Syarat dan Kebijakannya!

Cek Garansi HP Oppo, Ini Dia Cara Mudah, Syarat dan Kebijakannya!
Cek Garansi HP Oppo. Foto Ist/net

Cek garansi HP Oppo perlu anda lakukan karena dapat membantu untuk memperbaiki bila terjadi kerusakan atau masalah. Dengan beberapa cara cek, kebijakan, dan syarat yang perlu anda penuhi sebelumnya.

Mengetahui status garansi HP Oppo sangat penting karena ketika ingin anda jual, dapat memberikan harga yang tidak terlalu murah. Sebab HP anda tersebut masih memiliki garansi.

Terlebih lagi, akhir-akhir ini banyak penipuan dengan mengatasnamakan ponsel bergaransi, namun ternyata tidak. Hal inilah yang perlu anda waspadai. Maka dari itu, sangat penting untuk mengecek garansi ponsel, terutama ponsel Oppo.

Cara Cek Garansi HP Oppo, Syarat dan Kebijakannya

Oppo merupakan salah satu brand smartphone Android yang banyak masyarakat minati. Selain karena harganya yang terbilang terjangkau, Oppo juga memiliki spesifikasi mumpuni. Sama halnya dengan perangkat lain, Oppo juga menyertakan garansi resmi ketika anda membeli HP.

Ketika membeli sebuah HP, penting untuk memperhatikan masa garasinya. Sehingga nantinya tidak perlu bingung saat akan melakukan perbaikan atau claim garansi pada service center resmi.

Baca juga: HP Oppo Fitur NFC, Berikan Kemudahan dalam Segala Jenis Transaksi

Untuk mendapatkan smartphone Oppo yang bergaransi, anda bisa membelinya pada toko ponsel resmi. Namun bila terpaksa harus membeli secara online, sebaiknya anda cek garansi HP Oppo terlebih dahulu.

Garansi Unit dan Aksesoris Produk Oppo

Bila anda masih bingung mengenai garansi itu apa, simak penjelasannya berikut. Garansi merupakan sebuah jaminan akan kualitas produk setelah terjual. Sehingga segala kerusakan akan pihak produsen atau vendor tanggung sesuai dengan syarat dan ketentuan masing-masing.

Pengguna bisa mendapatkan layanan ini selama masa waktu yang telah pihak vendor tetapkan sejak tanggal penjualan. Pengguna juga wajib melakukan claim kepada service center resmi dengan membawa paket lengkap pembelian setelah melakukan cek garansi HP Oppo.

Layanan garansi ini merupakan jaminan untuk mendapatkan claim dalam melakukan perbaikan. Sehingga bukanlah sebuah asuransi untuk HP hilang. Untuk itu, apapun yang akan ada dapatkan telah sesuai dengan syarat dan kebijakan.

Cara Cek Melalui Kartu Garansi

Untuk mengecek garansi smartphone Oppo yang paling mudah adalah dengan melihat kartu garansi dan faktur pembelian. Ketika anda membeli HP baru, tentunya akan mendapatkan paket set handset, yaitu unit, warranty card, serta manual book.

Dengan cek garansi HP Oppo, anda bisa melihat masa garansi smartphone ini berlaku. Langkahnya cukup mudah dan simpel, anda hanya perlu menjumlahkan sudah berapa lama waktu pembelian ponsel.

Misalnya anda melakukan pembelian pada tanggal 1 Januari 2020 dan sekarang tanggal 1 Juni 2020, maka sisa garansi resmi ponsel anda adalah sekitar enam bulan lagi.

Baca juga: HP Oppo yang Support MHL, Mudahkan Proses Koneksi HP ke Layar TV

Karena semua smartphone Oppo yang pasarannya Indonesia memiliki masa garansi selama 12 bulan untuk penggantian spare-part serta biaya servisnya.

Namun cek garansi HP Oppo ini sifatnya estimasi sederhana saja. Untuk mengetahui masa garansi yang lebih akurat, dapat anda lakukan dengan cek garansi secara online. Hanya dengan memanfaatkan nomor IMEI, anda bisa melihat status garansi perangkat HP Oppo.

Cara Cek Garansi Oppo Melalui Nomor IMEI

Untuk mengecek garansi HP melalui nomor IMEI, anda bisa mengecek kodenya terlebih dahulu dari HP atau dus pembelian. Umumnya mengecek IMEI dengan dus karena smartphone dalam kondisi mati sehingga tidak bisa mengakses aplikasi.

Namun cara ini bisa kita bilang lebih praktis bila penggunaan sedang berada dekat dus. Caranya dengan ambil dus smartphone Oppo yang telah anda beli, lalu lihat bagian belakangnya. Nanti akan muncul nomor IMEI dari smartphone Oppo tersebut.

Bila dusbook HP Oppo anda hilang, anda tidak perlu khawatir. Karena anda juga bisa dengan melakukan cek garansi HP Oppo dengan IMEI melalui setelan ponsel.

  1. Caranya dengan masuk menu “Setelan”
  2. Pilih “Tentang Ponsel”
  3. Klik “Status”
  4. Kemudian pilih IMEI yang nantinya akan tertera

Selain dengan mengecek melalui dusbook, anda juga bisa mengecek dengan mengetikkan kode pada smartphone. Anda bisa melakukan cara ini dengan sebagai berikut.

  1. Nyalakan smartphone Oppo milik anda terlebih dahulu sebelum melakukan cek garansi HP Oppo
  2. Kemudian anda bisa langsung mengakses menu “Phone” atau “Telepon” pada smartphone
  3. Setelah itu, tekan kode *#06#, lalu tekan “OK” atau “Yes” atau logo dengan lambang telepon
  4. Nantinya aplikasi ini akan memunculkan kotak dialog yang berisi nomor IMEI dari smartphone Oppo tersebut

Setelah anda mendapatkan nomor IMEI perangkat Oppo, selanjutnya bisa langsung melakukan pengecekan garansi. Untuk mengecek garansi ponsel Oppo, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Setelah mendapatkan nomor IMEI ponsel anda. Bisa langsung membuka browser atau aplikasi mesin pencari lainnya pada smartphone maupun PC dan laptop
  2. Ketika browser telah terbuka, kunjungi alamat situs Oppo pada https://oppo-id.custhelp.com/app/products/warranty_status
  3. Bila berhasil masuk, isikan nomor IMEI yang telah ada dapatkan. Begitu pula dengan kode captcha untuk validasi
  4. Setelah semua kode anda masukkan, silahkan tekan tombol “Cek Sekarang”
  5. Nantinya halaman situs akan menampilkan sisa masa berlaku garansi HP Oppo yang anda miliki

Kebijakan Garansi Oppo

Pihak Oppo tentunya juga memiliki kebijakan serta persyaratan terkait dengan pengajuan claim setelah anda cek garansi HP Oppo. Faktur dan kartu garansi yang valid merupakan jaminan dasar hak pengguna atau konsumen untuk pengajuan.

Maka dari itu, pastikan bila setiap bukti pembelian perangkat anda simpan dengan baik. Jika bukti ini hilang, tidak bisa menunjukan salinan yang valid. Pihak service center akan membandingkan bulan setelah tanggal produksi dan tanggal kartu E-Warranty.

Hal ini hanya berlaku untuk pembelian perangkat Oppo negara Indonesia saja. Semua perangkat Oppo yang anda beli dari luar negeri tidak dapat mengajukan claim ke service center Oppo Indonesia.

Sebelum melakukan cek garansi HP Oppo dan perbaikan pada service center resmi Oppo, anda perlu memenuhi beberapa kebijakan. Berikut ini beberapa hal yang dapat membuat garansi tidak berlaku.

  1. Terjadi kerusakan pada unit perangkat Oppo karena kesalahan pengguna.
  2. Pengguna tidak dapat menunjukan bukti pembelian serta kartu garansi yang sah. Kecuali anda bisa membuktikan bahwa smartphone tersebut masih dalam masa garansi.
  3. Kerusakan ponsel akibat penggunaan yang tidak benar oleh pengguna, seperti jatuh, tertekan, atau terendam.
  4. Adanya kerusakan pada HP Oppo yang tidak sengaja karena faktor alam. Hl ini bisa termasuk gempa, kebakaran, banjir, hingga kecelakaan lalu lintas.
  5. Masa waktu garansi yang telah melewati ketentuan sejak tanggal pembelian, maka sangat penting untuk melakukan cek garansi HP Oppo.
  6. Perangkat Oppo rusak akibat kesalahan dalam pemeliharaan yang tidak sesuai produk. Misalnya penggunaan suhu ekstrem, penambahan aksesoris produk, dan lain sebagainya.
  7. HP error karena pemakaian sehari-hari pengguna. Contohnya casing yang baret, kerusakan tombol, dan layar aksesoris.
  8. Smartphone yang rusak akibat pembongkaran oleh pihak selain service center resmi Oppo.
  9. Pengguna perangkat melakukan modifikasi sistem, rooting, serta custom ROM.

Hal yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Pengajuan Claim

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika akan melakukan perbaikan ponsel dan cek garansi HP Oppo. Sebab hal ini dapat mempengaruhi bisa tidaknya claim yang akan anda ajukan. Berikut ini beberapa syarat yang perlu anda penuhi.

  1. Salinan mengenai bukti yang valid.
  2. Faktur asli juga harus lengkap termasuk bukti pembelian dan stempel oleh penjual. Tidak boleh anda ubah karena nantinya pihak Oppo akan menganggap tidak sah.
  3. Stiker nomor IMEI pada kartu garansi juga tidak boleh rusak ataupun robek.
  4. Ketika akan mengajukan perbaikan, bawalah unit lengkap dengan aksesoris pembelian, kartu garansi, hingga buku pedoman.
  5. Sebelum melakukan perbaikan, anda wajib melakukan backup atau cadangkan data. Termasuk menghapus semua data pribadi seperti nomor kontak, pesan, dan foto.

Penghapusan serta backup data ini perlu anda lakukan untuk menghindari hal-hal buruk. Seperti kehilangan data atau bahkan potensi penyalahgunaan data pribadi anda. Hal ini menjadi salah satu bentuk menghormati privasi milik pengguna yang akan cek garansi HP Oppo.

Baca juga: HP Oppo yang Ada LED Notifikasi, Berikut Daftarnya!

Pihak Oppo service center tidak memiliki tanggung jawab untuk melakukan backup atau memulihkan data anda. Sehingga tidak akan bertanggung jawab atas hal yang timbul dari kehilangan atau tersebarnya data anda. Pihak service center hanya boleh mengarahkan cara backup data kepada pengguna Oppo.

Itulah beberapa cara cek garansi HP Oppo, kebijakan, dan persyaratan dalam mengajukan perbaikan. Anda perlu memahami dan memperhatikan hal-hal tersebut. Agar nantinya dapat mengetahui apa yang perlu anda lakukan bila terjadi kerusakan pada perangkat anda. (R10/HR-Online)

Editor: Deni Supendi