Cek Plat Kendaraan, Lebih Mudah dan Akurat dengan Cara Online

Cek Plat Kendaraan, Lebih Mudah dan Akurat dengan Cara Online
Ilustrasi cek plat kendaraan. Foto : istimewa

Cek plat kendaraan bisa menjadi salah satu cara dimana anda bisa melihat masa berlaku pajak. Sebagai pemilik kendaraan, tentu tidak asing dengan yang namanya dokumen penting hingga nomor kendaraan.

Semua itu menjadi identitas kendaraan yang harus anda miliki. Plat nomor kendaraan merupakan identitas unik yang anda miliki. Jika anda analogikan kombinasi antara angka dan huruf pada plat tersebut merupakan nama yang tertulis pada STNK.

Tidak hanya itu saja, plat ini juga menjadi penanda masa berlakunya pajak kendaraan itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya cek secara teliti agar anda tahu kapan pajak perlu anda perbaharui.

Anda tidak perlu bingung untuk melakukan pengecekan. Sebab, saat ini cek plat kendaraan sudah bisa anda lakukan dengan cara mudah.

Saat ini Samsat berbagai daerah sudah hadir dengan kelengkapan fitur terbaru. Sehingga memungkinkan anda bisa cek plat secara online.

Baca Juga : Kunci Mobil Hilang, Ada Banyak Cara untuk Mengatasinya

Dengan mengecek nomor kendaraan, anda bisa melihat besar kecilnya pajak yang perlu dibayar. Apalagi kemudahan kelengkapan fitur yang tersedia, cek nomor kendaraan motor atau mobil bisa anda lakukan.

Saat ini mengeceknya melalui website resmi untuk masing-masing daerah sudah bisa anda manfaatkan. Dengan begitu, pajak kendaraan bisa muncul dengan jumlah yang harus anda bayar.

Cara Cek Plat Kendaraan Via Online

Plat nomor pada kendaraan merupakan wajah yang tercantum pada STNK setiap motor atau mobil. Komponen yang ada pada kendaraan ini berisi tentang informasi mengenai registrasi kendaraan.

Terbuat dari potongan plat logam dan terpasang pada bagian depan dan belakang kendaraan. Setiap kendaraan memiliki kode yang memperlihatkan identitas daerah masing-masing.

Informasi tersebut yang tercantum pada STNK kendaraan, baik dari data merk kendaraan, tahun pembuatan, warna, model, bahkan informasi lainnya. Termasuk nama pemilik dan alamatnya.

Adanya plat tersebut bisa membantu pemilik kendaraan ketika terjadi hal yang tidak anda inginkan. Jika dulu untuk melakukan pengecekan hanya bisa mendatangi Samsat, kini tidak.

Ada beberapa cara mudah yang bisa anda gunakan untuk cek plat kendaraan. Cara mudah tersebut antara lain:

Melalui SMS

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk cek plat kendaraan yaitu via SMS. Cara konvensional yang satu ini bisa anda lakukan menggunakan SMS saja.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Takut Naik Motor dengan Cepat dan Mudah

Namun, untuk pengecekan plat yang satu ini hanya untuk beberapa kota saja. Tidak menyeluruh ke semua berbagai daerah. Terdapat beberapa kota besar yang bisa menggunakan cara ini.

Antara lain Jakarta, Yogyakarta, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Untuk daerah lainnya belum tersedia aplikasi yang bisa anda lakukan dengan menggunakan SMS.

Misalnya untuk area Jakarta, anda bisa mengirim SMS ke 1717 dengan format Metro (spasi) nomor plat yang akan anda cek. Ada biaya yang harus anda keluarkan, yaitu sebesar Rp 1000 saja. Setiap kota atau wilayah, ada caranya masing-masing.

Melalui Aplikasi

Cara yang kedua yaitu menggunakan aplikasi. Tersedia berbagai aplikasi terbaru yang bisa memudahkan anda untuk pengecekan.

Namun, perlu anda tahu jika aplikasi tersebut tidak hanya untuk pengecekan plat nomor saja. Akan tetapi, melayani untuk pembayaran pajak kendaraan.

Lebih menariknya lagi, aplikasi setiap wilayah berbeda-beda, Hal ini karena alasan untuk memberikan kemudahan bagi yang ingin mengecek plat nomor kendaraan.

Melalui Website

Cara yang bisa anda lakukan ketika ingin pengecekan plat nomor bisa juga melalui website. Langkah ini memang paling mudah karena sudah tersedia website resmi pihak kepolisian dan pemerintah daerah.

Cara ini bisa anda gunakan karena termasuk cara cepat dan paling jitu. Hasil yang bisa anda dapatkan akurat serta tidak membutuhkan waktu lama.

Website yang ada juga untuk beberapa wilayah dan daerah. Oleh sebab itu, sebaiknya sesuaikan nomor plat yang akan anda cek dengan website daerah itu sendiri.

Sebenarnya melakukan pengecekan plat nomor adalah hal yang perlu anda lakukan. Apalagi saat ini sudah ada banyak cara untuk melakukannya.

Dengan bantuan berbagai fitur menarik via online, anda bisa cek plat kendaraan dengan akurat. Hal ini bisa membantu anda mengetahui biaya pajak itu sendiri. (R10/HR-Online)

Baca Juga : BPKB Motor Asli, Cek Sebelum Anda Tertipu Dokumen Palsu