Cerita Pjs Bupati Pangandaran Jadi Relawan Uji Vaksin

Relawan Uji Vaksin
Pjs Bupati Pangandaran, Dani Ramdan (baju putih peci hitam) saat mengontrol tes swab pedagang pasar Pananjung. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pjs Bupati Pangandaran, Dani Ramdan menceritakan pengalamannya saat dirinya menjadi relawan uji vaksin.

Beberapa waktu lalu, Dani bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendaftarkan ddiri sebagai relawan uji vaksin.

“Habis disuntik vaksin tubuh saya tidak terjadi apa-apa. Kondisi paling hanya demam saja,” kata Dani saat memantau pelaksanaan swab tes di Pasar Pananjung Pangandaran, Rabu (25/11/2020).

Lebih lanjut Dani menambahkan, sejak pandemi Covid-19, beberapa negara berlomba membuat vaksin termasuk pembuatan vaksin di Indonesia.

“Di Indonesia vaksinnya namanya merah putih, yang rencananya sampai Desember diuji cobakan,” katanya.

Dani mengatakan, prosedur yang dilakukan saat uji klinis maupun uji lapangan merupakan kerjasama antara Biofarma dengan Sinovic (China).

“Tinggal menunggu hasil tes, bulan Desember 2020 nanti,” kata Dani.

Setelah bulan Desember, akan dilihat efektivitas dari vaksin tersebut. Selanjutnya, pada bulan Januari 2021 akan ada pengiriman dan pendistribusian vaksin merah putih.

“Sekitar 4 juta vaksin yang akan didistribusikan bagi tenaga kesehatan dulu yang memiliki resiko tinggi,” jelas Dani.

Dani menambahkan, bulan Januari sampai akhir tahun 2021 pendistribusian vaksin akan dilakukan secara bertahap sesuai prioritas di masing-masing daerah.

“Pendistribusiannya akan bertahap sesuai kebutuhan. Prioritas terlebih dulu di masing-masing daerah,” kata Dani.

Dani Ramdan pun menjelaskan perkembangan terkini kondisi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, drg Yani Achmad Marzuki yang saat ini masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Pandega karena terpapar Covid-19. 

“Sebelum terkonfirmasi Covid-19, Kadinkes mengalami sakit tifus atau gangguan pada lambung, saat ini kondisinya baik-baik saja. Namun, belum negatif,” pungkasnya. (Madlani/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

Aegis Boost Pro