Ciri-ciri Hewan Vertebrata dan Klasifikasi Superkelas

Ciri-Ciri Hewan Vertebrata dan Klasifikasi Superkelas
Ilustrasi. Ciri-ciri Hewan Vertebrata. Foto Ist/net

Ciri-ciri hewan vertebrata yang utama adalah tidak memiliki tulang belakang. Vertebrata merupakan hewan yang masih satu filum dengan Chordata. Filum Chordata memiliki empat subfilum yakni Hemichordata, Urochordata, Cephalochordata, serta Vertebrata.

Hewan vertebrata mempunyai ruas tulang belakang yang berfungsi untuk perkembangannya dari notokorda. Habitat dari hewan jenis ini berada pada air tawar maupun air laut. Vertebrata adalah hewan yang memiliki kepala dengan bentuk yang jelas.

Tak hanya itu, otak hewan ini terlindungi oleh cranium atau tulang kepala. Hewan ini memiliki rahang berjumlah dua pasang dan bernafas. Uniknya, vertebrata bernapas menggunakan tiga organ sekaligus, yaitu paru-paru, insang, dan kulit.

Baca juga: Hewan Vertebrata dan Avertebrata, Klasifikasi dan Contohnya

Sebenarnya masih banyak lagi informasi seputar hewan vertebrata. Sebelum mengetahui ciri-ciri dari hewan ini, akan lebih baik jika mengetahui pengertiannva.

Pengertian dan Ciri-Ciri Hewan Vertebrata

Hewan terbagi atas dua kelompok yaitu vertebrata dan avertebrata. Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang (tulang punggung). Tulang belakang pada hewan ini berasal dari perkembangan sumbu penyokong tubuh primer.

Penyokong ini bernama notokorda yang ketika dewasa akan mengalami pembentukan tulang sekunder. Biasanya disebut dengan vertebra atau tulang belakang. Inilah yang merupakan ciri khusus pada hewan vertebrata.

Bentuk dari hewan vertebrata adalah simetris bilateral. Hewan ini memiliki organ tubuh dan sistem pencernaan yang sempurna. Sistem reproduksi dari hewan ini yaitu secara generatif.

Hewan vertebrata memiliki endoskeleton atau rangka dalam yang menopang berat tubuh. Rangka ini membantu hewan vertebrata untuk bergerak. Lalu berfungsi untuk melindungi organ vital yang ada.

Adapun ciri-ciri dari hewan vertebrata sebagai berikut:

Memiliki Tulang Sejati yang Sempurna

Ciri-ciri hewan vertebrata yang pertama adalah mempunyai tulang sejati dan sempurna. Tulang pada hewan vertebrata sudah sempurna. Hal ini terbukti pada otak terlindungi oleh tulang tengkorak sejati.

Ukuran dari tulang sejati dan sempurna ini memiliki ukuran yang bermacam-macam. Ada yang berukuran kecil dan ada juga yang berukuran besar. Ukuran besar misalnya pada hewan seperti sapi, gajah, kerbau, dan lain sebagainya.

Memiliki Alat Gerak Aktif Lengkap

Hewan vertebrata memiliki alat gerak aktif yang lengkap. Alat gerak ini meliputi sirip, ekor, kaki, dan tangan. Karena tersusun oleh tulang, maka memudahkan hewan vertebrata untuk bergerak.

Peredaran Darah Tertutup

Sistem peredaran darah dari hewan vertebrata adalah peredaran darah tertutup. Yang mana hewan ini bernafas menggunakan insang, paru-paru, dan kulit. Hewan ini juga memiliki alat indra berupa sepasang mata dan sepasang telinga.

Baca juga: Contoh Hewan Ovovivipar Beserta Penjelasan Lengkapnya

Jangan salah, ciri-ciri hewan vertebrata memerlukan sistem ekskresi. Organ untuk sistem ini adalah ginjal. Sehingga memiliki organ yang lebih lengkap dari hewan lainnya.

Mempunyai Dua Lapisan Kulit

Ciri dari vertebrata selanjutnya adalah mempunyai dua lapisan kulit. Lapisan ini adalah epidermis dan dermis. Karakteristik ini unik daripada hewan lainnya yang tidak termasuk vertebrata.

Sebenarnya ciri-ciri dari vertebrata tidak hanya ini. Masih ada karakteristik lain yang menunjukkan jenis hewan vertebrata antara lain:

Hewan vertebrata memiliki tali saraf tunggal. Tali ini merupakan susunan tempat berkumpulnya sel saraf. Memiliki perpanjangan kumpulan saraf dari otak.

Selanjutnya, ciri-ciri hewan vertebrata juga memiliki tiga bagian tubuh. Bagian ini adalah kepala, badan, dan anggota badan yang mencakup lengan serta kaki. Hewan vertebrata juga bisa berenang, berlari, terbang, melompat, memanjat, dan merayap.

Organ dalam yang berupa pencernaan, jantung, dan pernafasan berada pada suatu rongga tubuh atau selom. Vertebrata memiliki alat tubuh yang lengkap dan menyusun sistem organ. Hal ini meliputi pencernaan yang panjang mulai dari mulut hingga anus.

Ciri-Ciri Alat Tubuh Vertebrata

Terdapat kelenjar bundar pada hewan vertebrata. Kelenjar ini bernama endokrin yang bisa menghasilkan hormon pengendalian. Mampu mengendalikan pertumbuhan dan proses fisiologis pada hewan ini.

Memiliki susunan saraf yang tersusun dari otak dan sumsum tulang belakang. Vertebrata bersuhu tubuh panas dan homointernal. Artinya suhu tubuh panas ini selalu tetap.

Ciri-ciri hewan vertebrata juga bersuhu dingin. Hal ini akan menyesuaikan dengan keadaan lingkungan atau poikiloterm. Alat reproduksi pada vertebrata berpasangan, kecuali pada jenis burung. Kelenjar kelamin ovarium dan testis mampu menghasilkan sel tubuh dan sperma.

Klasifikasi Hewan Vertebrata

Dalam pembagiannya, hewan vertebrata terbagi atas dua superkelas, yaitu pisces dan tetrapoda. Superkelas tetrapoda masih terbagi empat bagian, yaitu mamalia, reptilia, aves, dan amphibia. Berikut klasifikasi hewan vertebrata:

Ikan (Pisces)

Pisces merupakan makhluk hidup yang berada di dalam air. Hewan ini bernafas melalui insang, sebab tidak memiliki paru-paru. Alat gerak ikan adalah sirip dan ekor.

Ciri-ciri hewan vertebrata ini memiliki struktur tubuh atas kepala, badan, dan ekor. Seluruh bagian badan ikan ini berlendir dan tertutup oleh sisik. Sistem pencernaan pisces juga lengkap mulai dari mulut hingga anus.

Baca juga: Hewan yang Paling Rentan Terinfeksi Covid-19 Menurut Studi Genomik

Alat ekskresi pada hewan ini juga sama, yaitu ginjal. Namun, untuk alat reproduksinya terpisah atau hermafrodit. Pisces melakukan fertilisasi dalam dan luar tubuh. Hewan ini bersifat ovipar, vivipar, serta ovovivipar.

Amfibi (Amphibia)

Hewan amfibi memiliki kehidupan yang sangat unik daripada hewan lainnya. Sebab amfibi bisa hidup di dua alam, yaitu darat dan air. Hewan ini juga tergolong dalam hewan berdarah dingin, sama seperti pisces.

Hal ini karena amfibi bisa mengatur suhu tubuhnya. Amfibi bernafas menggunakan organ paru-paru. Tetapi amfibi juga bisa bernafas menggunakan kulit dan juga insang.

Ciri-ciri hewan vertebrata ini memiliki bentuk tubuh dari hewan amfibi ini bervariasi. Biasanya bagian depan tubuh hewan ini lebih kecil daripada belakang. Hewan amfibi juga memiliki kaki selaput.

Reptil (Reptilia)

Klasifikasi hewan vertebrata berikutnya adalah reptilia. Merupakan jenis hewan melata yang memiliki sisik pada seluruh bagian tubuhnya. Hal ini sama seperti pisces dan amfibi.

Contoh dari hewan reptilia adalah buaya, kadal, dan ular. Mudah untuk mengenali hewan ini karena bergerak dengan melata atau menelungkup. Mungkin bagi sebagian orang, hewan ini sangat menggelikan karena bentuknya tidak biasa.

Kulit dari reptilia ini kering dan bersisik. Sehingga memudahkan dalam beradaptasi dengan lingkungannya. Alat gerak hewan ini berupa kaki yang berukuran pendek dan memiliki ekor lebih panjang.

Alat indra pada hewan reptilia hanya tiga saja, yaitu mata, hidung, dan telinga. Ciri-ciri hewan vertebrata yang paling familiar adalah predator pemakan daging atau karnivora. Hewan ini berkembangbiak dengan bertelur dan ada juga yang bertelur serta beranak.

Burung (Aves)

Hewan vertebrata klasifikasi aves ini bisa terbang. Superkelas aves ini memiliki banyak bulu yang berguna untuk melindungi tubuhnya. Hewan ini memiliki alat gerak berupa kaki dan sayap.

Tidak semua hewan aves ini bisa terbang. Ada juga hewan yang tidak bisa terbang, misalnya ayam, bebek, angsa, dan lainnya.

Jenis ini memiliki ciri anatomi tubuh yang hampir mirip dengan mamalia. Memiliki jantung yang tersusun dari empat katup. Hal lain yang merupakan ciri-ciri burung adalah memiliki paruh.

Ciri-ciri hewan vertebrata ini bernafas menggunakan paru-paru dan pundi-pundi udara. Sistem peredaran darah pada aves adalah tertutup. Aves mengalami fertilisasi secara internal.

Mamalia

Klasifikasi hewan vertebrata berikutnya adalah mamalia. Hewan mamalia memiliki kelenjar mammae (kelenjar susu). Kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi susu sebagai sumber makanan bagi anak-anaknya.

Tak heran jika hewan ini bernama hewan menyusui. Dari semua kelompok hewan vertebrata, mamalia ini paling sering kita jumpai. Hal ini karena habitatnya berada pada sekitar lingkungan manusia.

Ciri-ciri hewan vertebrata ini merupakan hewan berdarah panas. Ada beberapa hewan mamalia yang hidup dalam air. Misalnya lumba-lumba dan paus.

Baca juga: Hewan Purba Kongonaphon Kely Ditemukan Ilmuwan, Berukuran 10 Cm

Berbeda dengan aves yang memiliki bulu untuk melindungi tubuhnya. Mamalia memiliki rambut yang berfungsi untuk melindungi tubuhnya. Sistem pernafasan hewan ini menggunakan paru-paru.

Memiliki anggota gerak yang berfungsi untuk berjalan, berenang, dan menggenggam. Pada bagian kulit terdapat kelenjar minyak dan keringat. Organ pernafasannya sama seperti manusia, yaitu jantung dengan empat ruang dan bersekat sempurna.

Rangkaian gigi pada hewan ini juga menyerupai manusia, yaitu gigi seri, taring, dan geraham. Hewan ini berkembang biak dengan beranak. Contohnya adalah sapi, kerbau, kambing, kucing, dan lain sebagainya.

Itulah ciri-ciri hewan vertebrata yang bisa kita pelajari bersama. Pada umumnya, kita sering melihat atau menjumpai beberapa jenis hewan vertebrata pada lingkungan sekitar. Dengan begitu, tidak asing lagi dengan aktivitas mereka. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara