ColorOS 11 HP Oppo Resmi meluncur, Ini Daftar Ponsel yang Bisa Update

ColorOS 11 HP Oppo Versi Resmi
Ilustrasi ColorOS 11 HP Oppo Versi Resmi. Foto : net/ist

Beberapa HP Oppo resmi mendapatkan ColorOS 11 versi resmi. Sebelumnya, Oppo sendiri merilis ColorOS 11 versi Beta yaitu pada September 2020 lalu. Saat ini, versi versi resmi ColorOS 11 atau berbasis Android 11, resmi hadir di Tanah Air.

Sementara smartphone Oppo pertama yang mendapatkan pembaruan tersebut yakni seri Reno4 F. Kemudian, nantinya akan menyusul Oppo seri Find X2 sekitar akhir bulan November ini.

Seperti kita ketahui bahwa Oppo merupakan merek smartphone global terkemuka. Sebagai vendor terpopuler dalam hal penjualan, tentu tidak ingin mengecewakan konsumennya.

Baca Juga : HP Oppo PEGM00, Mendapatkan Sertifikasi dari Otoritas TENAA China

Oleh karena itu, hari ini Kamis (19/11/2020), vendor asal China ini mengumumkan peluncuran versi resmi terbaru ColorOS 11 untuk HP Oppo di Indonesia.

Sebelumnya, pabrikan ponsel asal negeri Tirai Bambu ini memperkenalkan ColorOS 11 secara global. Bahkan, sebagai salah satu OS pertama yang menggunakan basis Android 11, serta hanya dalam waktu 2 bulan bisa merilis versi resminya yang stabil.

Reno4 F Dapat ColorOS 11 HP Oppo Versi Resmi Pertama

Adapun model unggulan dari Oppo yang mendapatkan pembaruan versi resmi ColorOS 11 antara lain Reno4 F dan seri Find X2.

Sementara untuk Oppo Reno4 F sudah menerima pembaruan resmi yakni sejak 12 November 2020 lalu. Sedangkan untuk seri Find X2 akan menyusul sekitar akhir bulan November ini.

Nantinya, versi resmi ColorOS 11 tersebut bakal menjangkau lebih dari 30 HP OPPO. Jadi, bukan hanya Reno4 F dan seri Find X2, namun juga termasuk seri Reno serta seri A. Tapi, pembaruan tersebut akan secara bertahap sampai Desember 2020.

Kelebihan ColorOS 11

Adapun konsep yang ColorOS 11 usung adalah“Make Life Flow”. Sedangkan pada fiturnya nanti tetap mempertahankan fitur-fitur favorit yang terdapat pada Android.

Bukan hanya itu, ColorOS terbaru ini juga sekaligus menghadirkan kustomisasi UI dengan lebih kaya serta tentunya banyak pengguna Oppo yang menantikan.

HP Oppo yang sudah terpasang ColorOS 11 nantinya, akan menawarkan tingkat kustomisasi UI yang memang belum pernah ada sebelumnya.

Kustomisasi UI tersebut bisa membantu penggunanya untuk mewujudkan imajinasi dan lebih mempersonalisasi pengalaman mereka.

Baca Juga : Baterai HP Oppo Reno4, Bisa Dipakai Berbagai Aplikasi Meski Tinggal 5%

Sehingga, nantinya pengguna smartphone Oppo bisa membuat tema, Always-On Display, warna, serta wallpaper mereka sendiri. Sampai, font atau huruf, nada dering serta ikon.

Selain itu, ColorOS 11 yang terpasang pada HR Oppo juga meningkatkan fitur Dark Mode yang stock Android sediakan, dengan 3 skema warna serta tingkat kontras.

Bukan hanya itu, OPPO Relax 2.0 dapat memungkinkan penggunanya menciptakan atau membuat kreasi white noise mereka sendiri.

Bahkan, sekaligus menawarkan koleksi suara yang lebih imersif serta kaya, yang berasal dari berbagai kota di seluruh negara di dunia.

Memperbaiki Bug

Sementara itu, PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto, mengatakan, ColorOS 11 yang terpasang pada HP Oppo mendapatkan tanggapan sangat luar biasa dari para penggunanya.

“Kami sudah bekerja sama dengan tim Android. Kerjasama tersebut dalam memperbaiki bug serta melakukan evaluasi atau masukan-masukan dari ribuan konsumen Oppo di seluruh dunia,” kata Aryo dalam keterangan resmi.

“Untuk peluncuran versi resmi ColorOS 11 ini dengan senang hati bisa meluncurkan pertamanya secara global untuk pengguna kami di Tanah Air,” imbuhnya.

Baca Juga : HP Oppo Reno4 Mo Salah Edition, Membawa AON Smart Sensor

Sedangkan untuk mewujudkan peluncuran serta pembaruan yang lebih cepat, Oppo pun berkolaborasi dengan Google. Untuk peluncuran ColorOS terbaru ini pun sejalan dengan pengumuman besutan Google Android 11.

Sehingga, kini ColorOS 11 adalah salah satu OS atau sistem operasi smartphone pertama yang mengumumkan versi resminya dengan basis OS Android 11 bagi pengguna HP Oppo.

Sementara untuk peluncuran gelombang pertama, smartphone OPPO Reno4 F sudah dilakukan pada 12 November 2020 lalu. Sedangkan HP OPPO Find X2 series seperti Find X2 Pro, dan Find X2 Pro Automobili Lamborghini Edition, pada 25 November 2020.

Untuk versi resmi peluncuran ColorOS 11 mulai dengan HP unggulan OPPO, serta bakal segera tersedia lebih dari 30 smartphone OPPO lainnya.

Lantas bagaimana caranya untuk memperbarui ke versi resmi dari ColorOS 11 tersebut?. Setidaknya ada 2 cara agar pengguna HP Oppo Reno4 F bisa merasakan  ColorOS terbaru ini.

Pertama, pada pengaturan kemudian klik pembaruan perangkat lunak lalu klik mendeteksi versi baru. Sedangkan cara kedua yaitu tunggu sampai adanya pemberitahuan untuk memperbarui. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Subagja Hamara