Cuci Motor Setelah Hujan, Jangan Malas Agar Tidak Merusak Komponen

Cuci Motor Setelah Hujan, Jangan Malas Agar tidak Merusak Komponen
Ilustrasi cuci motor setelah hujan. Foto : istimewa

Cuci motor setelah hujan wajib anda lakukan agar tidak memberikan dampak buruk. Kendaraan sepeda motor memang menjadi salah satu transportasi yang sering digunakan karena praktis.

Selain itu, kendaraan roda dua ini juga bisa terhindar dari kemacetan. Banyak alasan mengapa sebagian besar orang memilih menggunakan transportasi yang satu ini.

Kendaraan yang anda miliki tentunya bisa menemani kemana saja beraktifitas. Agar kondisi kendaraan tetap terjaga, pasti perlu perawatan yang rutin.

Baca Juga : Manfaat Oli Bekas, Bisa Anda Jadikan Ladang Bisnis Kembali

Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan memberikan perawatan interior dan eksteriornya. Mencuci kendaraan menjadi salah satu cara yang wajib anda lakukan.

Apalagi saat musim hujan, pasti kendaraan akan lebih kotor dari biasanya. Cuci motor setelah hujan pun harus anda lakukan sebagai perawatan.

Mungkin masih banyak orang yang malas melakukannya. Bahkan tidak tahu jika kendaraan terkena hujan dan tidak segera dibersihkan, memiliki efek buruk.

Saat musim hujan, aktifitas pun tetap berjalan. Hal ini membuat sebagian besar orang menganggap jika mencucinya akan percuma. Padahal sebenarnya cuci motor untuk menjaga semua komponen dalam keadaan baik-baik saja.

Efek Samping Malas Cuci Motor Setelah Hujan

Mencuci kendaraan saat hujan sepertinya sia-sia. Hal ini terkadang membuat pemilik motor enggan melakukannya. Hal ini karena setelah dicuci, motor akan kotor kembali.

Sebenarnya anggapan ini tidak benar. Justru hal ini adalah kewajiban yang harus anda lakukan. Sebab, air hujan memiliki kandungan asam yang bisa merusak komponen kendaraan dan cat.

Hal ini justru akan membuat anda merasa rugi bukan? Apalagi jika komponen kendaraan terkena kotoran dan menempel, akan mengurangi performa kendaraan.

Baca Juga : Merawat Helm Doff, Cukup Rumit Berbeda dengan Tipe Lainnya

Banyak masalah yang bisa terjadi jika air hujan yang menempel pada kendaraan tidak segera anda bersihkan. Zat asam yang terkandung pada air hujan akan menimbulkan water spot atau jamur.

Sehingga warna bodinya akan rusak, bahkan kusam. Masih banyak alasan mengapa anda perlu mencuci kendaraan setelah kehujanan. Berikut ini efek samping yang bisa terjadi jika anda malas setelah terkena guyuran air hujan.

Kampas Rem Bermasalah

Masalah pertama jika anda malas cuci motor setelah hujan yaitu kampas rem bermasalah. Hal ini terjadi karena komponen yang satu ini akan menimbun kotoran setelah terkena hujan.

Jika komponen tidak segera anda bersihkan, akan terdengar suara decitan ketika roda berputar. Tidak hanya itu saja, ada efek samping lainnya yaitu rem yang akan cepat aus.

Hal ini terjadi akibat kotoran yang menempel menggores piringan cakram. Sehingga terjadilah keadaan seperti itu saat motor anda gunakan kembali.

Mesin Tidak Dapat Melepas Panas Secara Normal

Efek samping yang kedua saat anda malas cuci motor setelah hujan yaitu mesin tidak bisa mengeluarkan panas secara normal. Hal ini terjadi akibat air hujan yang menempel pada beberapa bagian kendaraan.

Baca Juga : Umur Pakai Aki Mobil, Bisa Dipengaruhi Oleh Beberapa Faktor

Sehingga mengakibatkan performanya menurun. Apalagi jika kotoran mengendap pada radiator, tentu efeknya semakin parah. Jika terjadi hal ini, motor akan overheat.

Suspensi Rusak

Suspensi kendaraan juga menjadi salah satu yang kena dampak jika anda malas cuci motor setelah hujan. Pelumas akan larut ikut air hujan sehingga muncul decitan yang tidak enak didengar.

Maka dari itu, alangkah sebaiknya segera anda cuci. Jika tidak memiliki waktu yang longgar, bisa lap dulu setelah motor terkena hujan.

Merusak Komponen yang Tertutup Karet Seal

Pada kendaraan roda dua ini banyak komponen yang dilindungi karet seal. Bagian-bagian tersebut juga akan ikut terkena dampak jika anda malas membersihkannya.

Apalagi jika karet seal yang terletak pada tromol dan juga pelek, efeknya akan buruk. Karet akan mudah rusak sehingga performa mesin berkurang.

Tutup Busi Rusak

Efek samping yang lain yaitu pada tutup busi. Tutup busi memiliki peranan yang cukup penting pada kendaraan. Fungsinya yaitu menghilangkan kebocoran antara busi dan menjaga resistensi internal yang tinggi.

Jika fungsi kelistrikan tidak berfungsi, dapat menyebabkan motor mogok. Banyak efek samping yang bisa timbul jika anda malas cuci motor setelah hujan. Hal ini mempengaruhi pada setiap komponen motor. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Rem Sepeda Motor, Kenali Sistem Kerja dan Jenisnya