Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruDoa dan Dzikir Setelah Sholat, Banyak Manfaat Untuk Kehidupan Manusia

Doa dan Dzikir Setelah Sholat, Banyak Manfaat Untuk Kehidupan Manusia

Doa dan dzikir setelah sholat merupakan anjuran yang akan membawa pada sebuah amalan yang luar biasa. Berdoa setelah sholat bagi umat Islam bertujuan supaya Allah SWT mengabulkan do’a yang kita panjatkan.

Oleh karena itu, kebiasaan ini merupakan sarana dalam memohon pertolongan pada Allah SWT. Tentu saja kebiasaan ini sesuai dengan apa yang Rasulullah SAW lakukan dulunya.

Rosululloh SAW senantiasa berdzikir serta berdoa setelah melaksanakan salat sebagaimana tersirat dalam sebuah hadits riwayat Bukhori-Muslim:

Sebagai seorang muslim, sudah sepantasnya kita mencontoh kebiasaan Rasulullah. Kita senantiasa memanjatkan doa dan dzikir setelah sholat. Pastinya tetap dengan mengikuti adab yang baik dan benar.

Doa dan Dzikir Setelah Sholat

Suatu kebiasaan ini akan mampu meningkatkan amalan ibadah kita kepada Allah SWT. Hati pastinya akan selalu tenang dalam menghadapi suatu masalah. Tentu akan banyak sekali dampak positif yang kita dapatkan.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Dhuha, Pengertian, Niat, Tata Cara Hingga Hikmahnya

1. Membaca Istigfar

Doa dan Dzikir Setelah Sholat

2. Membaca Kalimat Tauhid 3x

3. Membaca Doa Mohon Perlindungan Siksa Neraka 3x

4. Doa dan Dzikir Setelah Sholat Untuk Mohon Perlindungan

5. Membaca Al-Fatihah

Doa dan Dzikir Setelah Sholat

6. Membaca Ayat Kursi

7. Membaca Surah Al Ikhlas

8. Membaca Surah Al Falaq

9. Doa dan Dzikir Setelah Sholat Dengan Membaca Surah An Naas

10. Membaca Tasbih 33x

Doa dan Dzikir Setelah Sholat

11. Membaca Tahmid 33x

12. Membaca Takbir 33x

13. Membaca Tahlil 33x

14. Membaca Doa dan Dzikir Setelah Sholat

Doa dan Dzikir Setelah Sholat

Keutamaan Membaca Doa dan Dzikir

Memiliki kebiasaan baik dengan selalu membaca doa dan dzikir setelah sholat pastinya akan mendatangkan banyak manfaat dalam hidup. Baik sebagai bekal akhirat maupun pedoman hidup pada alam dunia. Kebiasaan baik ini tentunya harus kita lakukan dengan konsisten.

Jika kita menginginkan hal baik, maka dalam menjalani segala aktivitas harus dengan suasana yang baik pula. Hati kita ini adalah gudang kebaikan dari Allah SWT. Tergantung bagaimana kita bersikap dan juga mengolahnya.

Allah SWT telah memberikan banyak kemudahan bagi kita untuk mendapatkan pahala dan segala kenikmatan dunia. Bahkan kemudahan bertaubat juga selalu terbuka lebar bagi umat-Nya. Hal ini merupakan salah satu keutamaan dan manfaat jika senantiasa berdoa dan berdzikir.

Berikut adalah manfaat doa dan dzikir dalam kehidupan sehari-hari:

Baca juga: Tata Cara Sholat Hajat dan Keutamaan Dalam Melaksanakan Sholat

Mendapat Ridho dari Allah SWT

Semua umat muslim pasti menginginkan ridho dari Allah SWT. Pasalnya, ridho Allah SWT akan mengiringi setiap aktivitas yang kita jalani. Apabila sebuah aktivitas tidak mendapatkan ridho dari Allah, bisa saja hal buruk menimpa kita.

Keutamaan pertama dari doa dan dzikir setelah sholat adalah mendapatkan ridho dari Allah SWT. Selagi kita melakukannya dengan niat dan adab yang benar, insyaallah akan mendapatkan apa yang kita mau. Kehidupan juga akan berjalan dengan lancar.

Menambah Rizki

Berikutnya dengan terus berdoa dan berdzikir akan menimbulkan rasa bersyukur pada diri kita. Semua manusia pasti menginginkan rezeki yang cukup. Walaupun tidak banyak, asal cukup dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Saat sedang berdoa dan berdzikir, alangkah baiknya selalu memohon rizki yang barokah dan cukup. Buat apa rizki banyak, tapi tidak cukup. Hal ini tentu akan membuat ketentraman hati.

Menghilangkan Rasa Gundah Gulana

Hati merupakan salah satu bagian dari jiwa yang hanya sekilas rasa sakit akan terasa kuat. Selain itu, rasa sakit ini akan terus menghantui hati manusia. Sebab, akan sulit sekali melupakan sesuatu yang menyakitkan. Dengan begitu, melakukan doa dan dzikir setelah sholat akan menghilangkan rasa yang mengganjal pada hati kita.

Tak hanya itu, dengan doa dan dzikir juga akan melatih kesabaran kita. Sehingga akan mudah dalam menerima kenyataan yang tidak sesuai dengan hati. Bahkan sebagai umat muslim yang beriman akan selalu mengingat Allah SWT.

Mengusir Syaitan

Dalam menjalani kehidupan, manusia selalu berhadapan dengan nafsu. Bahkan segala aktivitas pasti terkendali oleh nafsu. Mengingat manusia hidup berdampingan dengan makhluk ghaib yang mana akan mengendalikan nafsu kita.

Dalam hal ini adalah syaitan, yang mana selalu berusaha menjerumuskan manusia pada keburukan. Dengan selalu berdoa dan berdzikir, akan memberikan keteguhan hati dan terhindar dari godaan syaitan yang terkutuk. Oleh karena itu, hati dan pikiran akan kembali bersih.

Doa dan dzikir setelah sholat mampu membentengi kita dari tindakan yang sesat. Dengan begitu, hal ini memang tidak boleh lepas dari kebiasaan kita agar selalu mendapatkan ridho dan perlindungan dari Allah SWT.

Mendekatkan Diri pada Allah SWT

Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Salah satunya adalah dengan berdoa dan juga berdzikir. Hal ini bisa kita lakukan dengan mudah dan fleksibel. Namun, akan lebih baik jika kita melakukannya setelah sholat.

Apalagi jika kita mau menjalankan sholat malam. Dengan begitu, tentu akan mendapatkan pahala yang lebih. Bahkan hal ini akan mempermudah dalam mengabulkan doa yang kita panjatkan.

Menghilangkan Rasa Susah pada Jiwa Manusia

Seringkali manusia merasakan kemurungan. Bahkan hampir setiap manusia pernah merasakannya. Hal ini bisa kita lawan dengan terus mengingat Allah SWT.

Kita harus ingat bahwa masih ada Tuhan yang mampu menemani kita saat orang lain tidak mau. Pasalnya, dengan membaca doa dan dzikir setelah sholat akan membuat hati tenang dan tentram. Selain itu, akan mengurangi rasa murung yang kita rasakan.

Menyingkirkan Ketakutan

Keutamaan doa dan dzikir yang kita lakukan setelah sholat mampu menyingkirkan rasa takut yang mendalam. Rasa takut memang seharusnya kita hindari jauh-jauh. Sebab rasa takut yang akan membunuh kita secara perlahan.

Akan sulit menjalankan sesuatu apabila masih ada rasa takut yang menghantui. Dengan membaca doa dan dzikir, mampu menangkal rasa takut yang ada. Bahkan kita akan merasa aman karena dekat dengan Allah SWT.

Kita yakin bahwa Allah akan selalu melindungi manusia yang senantiasa mengingat-Nya. Dalam hal ini, pikiran kita akan lebih rileks dan merasa tenang. Pasalnya, hati kita sudah bebas dari rasa takut yang ada.

Oleh sebab itu, hal wajib bagi umat muslim untuk selalu berserah diri pada Allah SWT. Salah satunya cara adalah dengan selalu membaca doa dan dzikir setelah sholat. Ternyata banyak sekali manfaat yang akan kita peroleh jika berhasil melakukannya dengan baik. (Muhafid/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -

Berita Terbaru