DPMD Ciamis Bentuk Desa Tanggap Covid-19 Tingkatkan Sosialisasi 3M

Tingkatkan Sosialisasi
Sekretaris DPMD Ciamis Dian Budiana. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Ciamis mengingatkan Desa untuk tingkatkan sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan (Prokes) 3M.  Mengingat angka kasus positif Covid-19 Ciamis terus mengalami peningkatan cukup signifikan.

Pemkab Ciamis telah membentuk Desa Tanggap Covid-19 sebanyak 265 Desa dari 27 Kecamatan.  Desa Tanggap Covid-19 harus memaksimalkan fungsinya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sekretaris DPMD Ciamis Dian Budiana mengatakan peran aparat desa dalam mencegah Covid-19 sangat penting. Melalui Desa Tanggap Covid-19 bisa turun langsung ke masyarakat dalam hal sosialisasi dan edukasi agar masyarakat mempedomani prokes 3M. Yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

‚ÄúSelain tingkatkan sosialisasi, Desa Tanggap Covid-19 ini bisa menyediakan tempat isolasi. Jika nanti ada warga yang positif namun rumahnya tidak ada yang kosong. Jadi bisa menempatkan pasien pada ruangan isolasi tersebut,” katanya.

Desa Tanggap Covid-19 juga harus melakukan penyemprotan desinfektan setiap rumah warga. Tujuan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat agar tidak berpikiran negatif tentang Covid-19.

“Dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. Setiap desa mempunyai inovasinya masing-masing dalam menekan kenaikan kasus Covid-19  untuk daerahnya,” ucapnya.

Pihaknya berharap dengan Desa Tanggap Covid-19, semua desa proaktif dan tingkatkan sosialisasi dalam pencegahan Covid-19. Salah satunya yaitu dengan selalu mencatat setiap warga yang baru masuk atau keluar dari zona merah.

“Tolong data kembali warganya, siapa tau ada yang sudah bepergian dari zona merah. Kalau ada, suruh untuk karantina mandiri dulu selama 14 hari. Kemudian, saya harap agar semua desa bisa mensosialisasikan protokol kesehatan 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Ciamis, dr. Eni Rochaeni mengapresiasi adanya Desa Tanggap Covid-19. Dengan ini, bisa mengoptimalkan penanganan Covid-19 Ciamis.

“Dengan adanya Desa Tanggap Covid dan Satgas setiap desa itu sebagai upaya mengoptimalkan penanganan dan pencegahan Covid-19 kepada masyarakat Ciamis. Yang terpenting tingkatkan sosialisasi prokes 3M,” ucap Eni Rochaeni. (DSW/R9/HR-Online)

Editor: Dadang