Fungsi GPU pada HP, Ketahui Juga Cara untuk Mengecek Jenisnya

Fungsi GPU pada HP, Ketahui Juga Cara untuk Mengecek Jenisnya!
Ilustrasi Fungsi GPU pada HP. Foto : Istimewa

Fungsi GPU pada HP utamanya untuk membantu kinerja dari CPU sendiri. GPU singkatan dari Graphics Processing Unit adalah sirkuit khusus untuk mempercepat keluaran gambar dalam buffer bingkai.

Pembuat merancang khusus GPU untuk memberikan daya yang lebih tinggi. Selain itu, juga terintegrasi dengan motherboard melalui port terpisah.

Grafik terintegrasi lebih akrab bagi pengguna Android karena termasuk dalam apa yang kita sebut dengan System-on-a-Chip (SoC). Seperti Snapdragon 810 yang mana juga menyertakan GPU Adreno 430 terintegrasi.

Kali ini, memori yang ia gunakan adalah memori sistem dan GPU terintegrasikan ke dalam prosesor itu sendiri. GPU pada umumnya lebih efektif dan efisien daripada CPU dalam memanipulasi grafik.

Fungsi GPU pada HP dan Cara Mengecek Jenisnya

Salah satu fungsi utama GPU lainnya adalah meringankan beban pada CPU (Central Processing Unit). Terutama saat menjalankan aplikasi intensif grafis seperti game resolusi tinggi atau aplikasi grafis 3D.

Dalam hal ini, GPU akan bertanggung jawab untuk membuat grafik, tekstur, dan warna dalam game. Sedangkan CPU, tidak harus mengerjakan grafik dan dapat menggunakan sumber dayanya untuk kalkulasi mekanisme game.

Arsitektur GPU tidak terlalu berbeda dari CPU, namun konstruksinya jauh lebih optimal untuk penghitungan informasi grafis yang efisien. Oleh karena itu, GPU akan menjadi komponen yang tidak efektif dan lambat jika melakukan hal selain tugas grafis.

Ponsel cerdas modern lengkap dengan chipset tersemat canggih yang dapat melakukan banyak tugas berbeda tergantung pada pemrogramannya. Fungsi GPU pada HP adalah bagian penting dari chipset tersebut.

Baca Juga : Mengubah HP CDMA ke GSM, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini

Karena game seluler mendorong batas kemampuannya, kinerja GPU menjadi semakin penting. Tidak seperti prosesor sentral, GPU memiliki banyak inti pemrosesan yang berjalan pada kecepatan rendah. Core ini pada dasarnya memiliki dua fungsi berbeda, yakni pemrosesan puncak dan piksel.

Pemrosesan Puncak

Pemrosesan puncak pada dasarnya berputar pada sekitar gagasan sistem koordinat. GPU menangani kalkulasi geometris untuk memproduksi ruang dimensional pada layar ponsel anda.

Ini menghasilkan hal-hal seperti kedalaman dan data spasial dalam game serta kemungkinan rotasi dalam ruang tiga dimensi. Fungsi dari GPU sendiri memang sangat berpengaruh terhadap pengalaman bermain game anda.

Pemrosesan Piksel

Fungsi GPU pada HP kedua adalah pemrosesan piksel. Ini sederhananya bisa kita katakan sebagai grafik yang kita lihat. Sangat kompleks dan membutuhkan lebih banyak daya pemrosesan daripada yang pemrosesan puncak butuhkan.

Pemrosesan piksel merender berbagai lapisan dan menerapkan efek yang ponsel perlukan. Hal ini untuk membuat tekstur kompleks sehingga mendapatkan grafik yang paling realistis.

Baca Juga : Fungsi Infrared pada HP, Ketahui Bagaimana Cara untuk Mengeceknya

Setelah kedua proses ini tertangani, hasilnya akan terkirim ke pembacaan digital. Dalam hal ini, maksudnya adalah layar ponsel cerdas atau tablet anda.

Fungsi GPU pada HP ini sendiri akan terjadi terus-menerus, jutaan kali per detik saat kita bermain game. Hal inilah yang juga menjadi alasan mengapa ponsel anda terkadang memanas.

Mengecek Jenis GPU Lewat Boks

Ketika anda membeli smartphone, pastinya akan lengkap dengan boks dan buku panduan. Anda bisa memanfaatkan kedua barang tersebut untuk mengecek jenis GPU pada ponsel anda.

Karena biasanya dalam kedua barang tersebut akan ada spesifikasi singkat yang menerangkan kemampuan HP. Apabila cara tersebut tidak berhasil untuk menemukan jenis GPU, anda bisa mencoba cara lain.

Periksa Jenis GPU dengan Aplikasi

Selain mengetahui fungsi GPU pada HP, anda juga harus mengetahui jenisnya. Kali ini menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama CPU-Z.

  1. Aplikasi ini bisa anda unduh melalui Google Play Store. Anda juga bisa mengunduhnya langsung dari situs resminya CPUID.
  2. Jika sudah, lalu install aplikasi.
  3. Setelah anda install aplikasi CPU-Z, kemudian buka aplikasi tersebut.

Melalui aplikasi CPU-Z ini, anda bisa menemukan detail mengenai spesifikasi Android milik anda. Agar bisa mengetahui jenis GPU milik anda, silakan pergi ke menu atau halaman SOC.

Pada menu inilah anda bisa mengetahui jenis GPU yang ponsel Android anda miliki. Jika anda masih merasa kurang yakin, anda dapat melihat secara online dari GSMArena dan cari tipe handphone anda.

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi GPU pada HP dan cara untuk mengecek jenisnya. Anda perlu mengetahui dua hal tersebut sebelum memilih untuk mengunduh game apa. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Keyboard HP Tidak Bisa Mengetik Huruf, Simak Cara untuk Mengatasinya
Aegis Boost Pro