Fungsi Infrared pada HP, Ketahui Bagaimana Cara untuk Mengeceknya

Fungsi Infrared pada HP, Ketahui Bagaimana Cara untuk Mengeceknya!
Ilustrasi Fungsi Infrared pada HP. Foto : Istimewa

Fungsi infrared pada HP memang sangat bermanfaat dan memudahkan orang untuk melakukan beberapa hal. Infrared sendiri merupakan tipe radiasi energi yang tak akan tampak oleh mata manusia.

Dahulu fungsi infrared pada ponsel berguna sebagai alat transfer file seperti lagu atau foto antar perangkat. Hal inilah yang membuat sejumlah produsen ponsel berlomba-lomba menciptakan perangkat dengan dukungan teknologi tersebut.

Cara kerjanya yaitu pengguna harus mendekatkan ponsel dengan posisi sensor yang berhadapan satu sama lain. Pastikan posisi ponsel tersebut tepat sekaligus tidak terhalang oleh benda solid.

Proses pengiriman dapat gagal jika jarak ponsel terlalu jauh, terhalang benda solid, dan posisi tidak tepat. Anda dapat mengirimkan file dengan memilih file tersebut dan pilih mengirim via sensor.

Inilah Fungsi Infrared pada HP

Teknologi pengiriman file menggunakan infrared saat ini sudah tergantikan dengan fitur Bluetooth. Alasan pergantian penggunaan teknologi ini karena Bluetooth terbilang lebih stabil daripada infrared.

Selain itu, dengan menggunakan Bluetooth, anda juga tidak perlu meletakkan ponsel terlalu dekat. Namun, hal ini tak membuat infrared menghilang dari teknologi yang ada pada smartphone zaman sekarang.

Mengontrol TV

Sebelumnya anda harus mengunduh aplikasi dan mengarahkan sensor ke arah perangkat seperti TV untuk mendapatkan fungsi infrared pada HP ini. Lalu, anda hanya harus mengikuti langkah panduan yang muncul pada layar aplikasi.

Baca Juga : Ganti DNS Android dengan Mudah, Simak Cara-caranya Berikut Ini!

Jangan lupa untuk memastikan perangkat telah menjalankan perintah yang aplikasi tersebut berikan. Selain itu, anda juga harus menentukan tipe dan merek perangkat tersebut sebelumnya.

Hingga akhirnya anda dapat menyimpan pengaturan kendali remot pada HP anda. Anda tak hanya satu, umumnya berbagai pengaturan remote dapat tersimpan dalam aplikasi tersebut.

Pendukung Pendeteksi Wajah

Infrared juga bisa berguna untuk mendukung fitur keamanan pada ponsel cerdas anda tersebut. Biasanya produsen akan menyematkan teknologi tersebut untuk mendeteksi wajah ketika ingin membuka kunci layar HP, bahkan pada kondisi cahaya redup.

Cara kerja fungsi infrared pada HP ini yaitu anda harus mendaftarkan wajah anda ke pengaturan keamanan. Saat anda menghadapkan kamera depan ke wajah anda, infrared akan mendeteksi dan merekam berbagai titik pada wajah.

Mengecek Infrared Melalui Kode Dial

Setelah mengetahui fungsi, tentunya anda juga perlu tahu bagaimana cara mengecek ketersediaan infrared pada ponsel. Sebenarnya caranya sangat gampang untuk melihatnya. Anda hanya perlu mengetikkan kode pada menu dial up ponsel.

Baca Juga : HP Kena Minyak Goreng, Inilah Hal-hal yang Harus Anda Lakukan!

Setiap merek HP memiliki kode dial yang berbeda-beda, seperti Samsung dengan kode *#0*#. Sementara Xiaomi dengan *#*#64663#*#*, Vivo menggunakan *#558#, dan Oppo kode dialnya *#808#.

Jika anda pengguna Asus, anda perlu mengeceknya lewat kalkulator dengan mengetikkan 12345+. Untuk tahapan cara mengecek agar mendapatkan fungsi infrared pada HP ini, simak langkah-langkahnya :

  1. Ketikkan kode dial yang sesuai dengan merek ponsel
  2. Setelah itu, layar akan menampilkan General Test Mode
  3. Kemudian silakan cari menu dengan nama IR LED.
  4. Jika anda menemukannya, berarti anda bisa menggunakan ponsel menjadi remote TV dan AC. Begitu pula sebaliknya.

Mengecek Melalui Aplikasi

Jika HP anda tidak kompatibel dengan cara tersebut, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama IR Test untuk mengeceknya. Ini lebih mudah karena hanya satu klik saja, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama, unduh aplikasi lewat Google Play Store dan install pada perangkat. 
  2. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut, lalu lihat bagaimana hasilnya.
  3. Jika fungsi infrared pada HP ini tidak bisa anda dapatkan, maka akan muncul tulisan berwarna merah. Yang mana akan tertulis kalimat The result of the test say that: “YOU DON’T HAVE AN IR BLASTER”.
  4. Apabila tersedia fitur tersebut, maka pada layar akan muncul tulisan berwarna hijau. Yang mana akan muncul kalimat bertuliskan The result of the test say that : “YOU HAVE AN IR BLASTER”.

Apabila anda masih kurang puas atau belum mendapatkan hasil dengan menggunakan kedua cara tersebut, jangan khawatir. Terdapat cara terakhir yang masih bisa anda gunakan untuk mengecek ketersediaan fitur tersebut.

Untuk bisa mendapatkan fungsi infrared pada HP, anda bisa mengecek ketersediaannya dengan melihat sekitar bagian bodi ponsel. Jika tersedia fitur tersebut, maka akan ada lampu kecil mirip seperti lampu pada remot dan begitu pula sebaliknya. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Mengubah HP CDMA ke GSM, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini 
Aegis Boost Pro