Fungsi Roda Gila, Sebagai Komponen Penyimpan Energi Rotasi

Fungsi Roda Gila, Sebagai Komponen Penyimpan Energi Rotasi
Ilustrasi fungsi roda gila. Foto : istimewa

Fungsi roda gila pada kendaraan memang cukup penting keberadaannya. Pada umumnya komponen ini biasa memiliki sebutan dengan sebagai flywheel.

Fungsi dari komponen tersebut yaitu sebuah perangkat mekanik dengan tujuan menyimpan energi rotasi. Jika berbicara dengan masalah teknis, roda gila mempunyai momen inersia yang memiliki jumlah cukup signifikan.

Sehingga, komponen ini berhubungan langsung dengan kecepatan rotasi pada mesin dan menahannya. Jika berbicara kalkulasi, jumlahnya energi yang dapat tersimpan setara dengan kuadrat kecepatan rotasi.

Sehingga seumpama kecepatan rotasinya sebesar 100 RPM, maka energi yang tersimpan yaitu 10.000. Selanjutnya hasil dari energi tersebut akan langsung tersalurkan ke roda gila dalam bentuk torsi.

Inilah yang nantinya berguna untuk peningkatan kecepatan dari rotasi. Sehingga energi akan tersimpan. Namun, jika roda gila melepas energi yang telah tersimpan dengan torsi ke beban mekanik, maka kecepatan berkurang.

Fungsi Roda Gila pada Kendaraan

Komponen yang berada pada bagian mesin ini mungkin belum banyak orang yang tahu. Padahal sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya anda lebih tahu apa saja komponen yang ada.

Setelah anda mengetahui komponen dan fungsinya, tentu lebih mudah dalam perawatan. Semua komponen memiliki fungsi masing-masing dan wajib untuk anda berikan perawatan yang tepat.

Misalnya pada roda gila. Fungsi roda gila pada kendaraan memiliki peranan penting untuk melepaskan energi beban mekanik pada piston.

Flywheel terbuat dari bahan dasar baja tuang yang memiliki kualitas tinggi. Bentuknya seperti piringan dengan bobot yang cukup berat.

Pada mobil yang biasa mengangkut penumpang bobot dari komponen ini bisa sebesar 7,5-50 kg. Semakin besar kendaraan, maka semakin berat pula bobot roda gila.

Baca Juga : Penyebab Rem Depan Mobil Macet, Akibat Tidak Adanya Perawatan Rutin

Namun, kini komponen ini juga mengalami kemajuan saat ini. Sudah tersedia flywheel dari bahan serat karbon serta bantalan magnet.

Dengan bahan terbaru ini bobot flywheel memiliki beban lebih ringan, akan tetapi tetap stabil. Bagi anda yang belum mengenal fungsi flywheel lebih luas, berikut ulasannya.

Menyimpan dan Menyalurkan Energi Putar dari Mesin

Fungsi roda gila pertama dari kendaraan ini untuk menyalurkan dan menyimpan energi putar mesin. Saat kendaraan nyala hingga menghasilkan tenaga putar, maka flywheel bisa menyimpan hingga menyalurkan kembali.

Proses ini juga terpengaruh akan poros engkol yang juga ikut dalam bagian penyalur tenaga. Pada poros engkol terdapat beberapa baut yang mengikat bagian ujung hingga akhir. Inilah sistem kerja poros engkol pada kendaraan.

Putaran Mesin Lebih Seimbang

Putaran pada mesin kendaraan harus seimbang agar kendaraan lebih selaras, lembut, dan tentunya rata. Dengan adanya komponen ini, putaran mesin bisa lebih seimbang akibat energi yang ada dalam sistem.

Padahal sumber yang timbul tidak bisa terus-menerus. Komponen ini yang terpasang pada bagian crankshaft yang dapat membuat keseimbangan pada kinerja mesin akibat fungsi roda gila.

Baca Juga : Umur Kampas Kopling Mobil, Berpengaruh pada Transmisi Kendaraan

Jika putaran tidak merata, energi yang dihasilkan tidak akan memiliki daya. Kecepatan keseimbangan yang tidak seimbang bisa diredam lebih baik secara otomatis.

Tempat Memasang Kopling Mobil

Fungsi roda gila berikutnya yaitu untuk memasang komponen kopling mobil. Namun, khusus untuk transmisi manual saja.

Sedangkan pada transmisi otomatis roda gila mengikat komponen Torque Converter. Komponen Clutch Cover menjadi salah satu komponen yang biasa terpasang menyatu dengan flywheel.

Sedangkan antara kedua komponen ini terletak plat kopling yang terhubung dengan poros transmisi. Saat plat kopling terjepit, maka tenaga putar mesin terputus dan poros transmisi terbebas.

Memutar Mesin Pertama Kali

Selain itu, masih ada juga fungsi flywheel, yaitu memutar mesin pertama saat kendaraan anda starter. Pada bagian tepinya terdapat ring gear yang berkaitan dengan pinion gear starter.

Ketika mobil anda starter, maka roda gila juga akan berputar. Sehingga terdapat efek domino ke bagian lain dalam mobil. Akhirnya mesin bisa hidup dan anda gunakan.

Keberadaan roda gila pada kendaraan memiliki banyak kegunaan. Peranannya cukup vital terhadap mesin kendaraan. Sehingga perlu anda ketahui apa saja fungsinya.

Bahan pembuatannya dari bahan berkualitas karena komponen ini berada pada bagian mesin. Fungsi roda gila cukup banyak dan dapat mempengaruhi perputaran mesin pertama kali saat anda starter. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Knalpot Mobil Tanpa Resonator, Ada 3 Efek yang Harus Anda Tahu