Ganti Password WiFi Lewat HP dengan Beberapa Cara Berikut ini

Ganti Password WiFi Lewat HP dengan Beberapa Cara Berikut ini
Ilustrasi Ganti Password WiFi Lewat HP. Foto : Istimewa

Ganti password WiFi lewat HP dapat anda lakukan dengan mudah dan lebih aman. Anda bisa mengganti password WiFi Indihome, MNC, Huawei, ZTE, dan juga TP-Link.

Wi-Fi sangat bagus untuk membuat anda tetap terkoneksi. Namun, WiFi yang tidak anda amankan dengan baik dapat membahayakan informasi pribadi Anda.

Untuk melindungi jaringan dan data anda, silakan jaga kata sandi router agar tetap terlindungi dan ubah kata sandi secara teratur. Mengubah kata sandi anda juga mencegah tetangga mencuri bandwidth anda.

Selain itu, karena kata sandi yang sudah tersebar luas maka penggunanya juga akan semakin banyak. Dengan begitu, tentu jaringan WiFi anda tentu akan semakin lambat.

Cara Ganti Password WiFi Lewat HP

Setiap jenis atau merek WiFi akan memiliki cara yang berbeda-beda. Sehingga perlu anda sesuaikan. Berikut ini ada beberapa jenis atau merek WiFi lengkap dengan cara mengganti password-nya.

WiFi Indihome

Untuk mengganti password WiFi Indihome anda perlu membuka browser dan pastikan HP sudah tersambung dengan WiFi. Setelah itu, silakan ketikan 192.168.1.1 pada kotak alamat lalu tekan OK atau enter.

Baca Juga : Cara Menghapus Aplikasi Bawaan, Perangkat Lebih Lancar Anti Lemot

Nanti akan muncul halaman login pada browser dan berisi username dan password. Kemudian isilah username dan password tersebut dengan benar, jangan sampai salah.

Apabila anda sudah lupa, cara ganti password WiFi lewat HP selanjutnya adalah menekan tombol restart. Tombol ini biasanya berada pada belakang router atau modem, setelah itu pengaturan akan kembali seperti semula.

Apabila anda sudah berhasil login, pilih menu network dan juga WLAN. Pada kolom WPA passphrase, silahkan isi dengan password baru.

Jika sudah selesai dan benar, anda bisa menekan submit. Untuk mengecek berhasil atau tidaknya, koneksikan perangkat dengan WiFi yang password-nya sudah baru.

Wifi MNC Play

Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan bahwa HP telah terhubung ke jaringan WiFi tersebut. Kemudian buka browser Google Chrome dan anda bisa pakai fitur Situs Desktop.

Baca Juga : Pengaturan Cuaca di HP Samsung, Berikut Cara Mudah Mengaturnya!

Pada bagian address bar, silakan ketik alamat IP 192.168.100.1 kemudian kunjungi. Nanti akan muncul halaman login dan masukkan username dan password.

Setelah itu anda harus masuk ke menu WLAN lalu pilih WLAN Basic Configuration. Untuk ganti password WiFi lewat HP yaitu pada kolom WPA PreShared Key. Apabila sudah anda ganti, lalu pilih Save.

Wifi Huawei

Cara ini bisa anda terapkan untuk mengganti password WiFi untuk modem router merk Huawei. Langkah pertama tetap sama yaitu pastikan bahwa HP telah terhubung dengan jaringan WiFi.

Lalu bukalah browser Google Chrome dan sebaiknya tetap gunakan fitur Situs Desktop. Pada bagian address bar, ketik dan kunjungi alamat IP 192.168.1.1, 192.168.1.254, atau 192.168.0.1. Anda bisa memilih salah satu dari ketiga alamat IP tersebut.

Baca Juga : Solusi Baterai Kembung agar Kembali Seperti Semula dengan Mudah

Nanti akan muncul halaman login dan masukkan username dan password.  Anda bisa isi dengan username: root dan password: admin. Selain itu, juga bisa isi dengan username: support dan password: support.

Pilihan terakhir, anda bisa mengisi dengan username: support dan password: theworldinyourhand. Apabila sudah, anda bisa mulai ganti password WiFi lewat HP sesuai keinginan anda.

Setelah itu, silahkan masuk ke menu WLAN  dan pilih WLAN Basic Configuration. Untuk mengganti password WiFi anda, silahkan isikan pada WPA PreShared Key.

WiFi ZTE

Untuk anda yang menggunakan modem bermerek ZTE, anda bisa menggunakan cara satu ini. Langkah terpenting yaitu memang anda harus memastikan HP terhubung dengan WiFi.

Cara kedua tetap sama yaitu buka browser Google Chrome dan pakai fitur Situs Desktop. Pada bagian address bar, ketik dan kunjungi alamat IP berupa 192.168.1.1.

Langkah untuk ganti password WiFi lewat HP selanjutnya adalah mengetikan informasi pada bagian halaman login. Umumnya, anda bisa mengisi username: user dan password: user.

Selain itu, anda juga bisa mengisi username: username dan password: admin. Untuk mengetahui username dan password bawaan router dengan tepatnya anda bisa cek bagian belakang modem.

Setelah anda sukses melakukan login, pilihlah menu Network ยป WLAN lalu pilih SSID Setting. Jika ingin mengubah nama wifi, silahkan ubah pada bagian SSID Name

Sementara untuk mengubah password, silahkan pilih menu Network lalu tekan WLAN dan Security. Setelah itu baru anda bisa mengubah password WiFi pada bagian WPA Passphrase. Jika password sudah anda ubah, silahkan tekan Submit.

Itulah beberapa cara untuk ganti password WiFi lewat HP yang bisa anda terapkan. Anda bisa pilih salah satu cara tersebut dengan menyesuaikan jenis atau merek WiFi yang anda gunakan. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Autofocus Kamera HP Tidak Berfungsi, Pulihkan dengan Cara Berikut Ini!
Aegis Boost Pro