Hardware HP Rusak, Inilah Cara Menangani Sesuai Permasalahannya!

Hardware HP Rusak, Inilah Cara Menangani Sesuai Permasalahannya!
Ilustrasi Hardware HP Rusak. Foto : Istimewa

Hardware HP rusak sering menjadi permasalahan yang pengguna alami dan membutuhkan penanganan secara khusus. Sebelum mengetahui bagaimana menanganinya, sebaiknya anda pastikan apakah ponsel benar-benar rusak karena hardware.

Untuk lebih mudah mengenalinya apakah rusak karena hardware adalah ketika HP mati secara total. Bahkan kadang akan mati secara tiba-tiba, walaupun sebelumnya sudah anda charger.

Ponsel tidak mengisi, lensa kamera rusak, kemasukan air, layar sentuh tidak responsif merupakan salah satu bentuk rusaknya hardware. Hal tersebut perlu anda analisa agar bisa menentukan cara penanganan yang tepat.

Pemakaian HP secara berlebihan bahkan hingga panas juga merupakan kebiasaan yang sangat tidak baik. Hal ini karena bisa menyebabkan hardware ponsel cepat mengalami kerusakan.

Hardware HP Rusak, Inilah Cara Menanganinya!

Sama seperti penjelasan sebelumnya, setiap bentuk permasalahan memiliki cara penanganan yang berbeda-beda. Jika kerusakan masih dalam tahap ringan, mungkin anda bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri.

Namun, jika sudah terlalu parah, maka jalan satu-satunya adalah membawanya ke tukang servis HP. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak beberapa permasalahan dan cara menanganinya berikut ini.

Ponsel Tidak Mengisi

Cara ini bisa anda terapkan jika masalah yang anda alami berupa ponsel tidak mau mengisi. Hal ini bisa karena casing baterai yang rusak sehingga mencegah ponsel mengisi daya.

Mungkin juga karena port pengisian bengkok atau kabel yang salah menyebabkan hardware HP rusak. Hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mencoba kabel pengisi daya atau adaptor pengisi daya lain.

Jangan lupa kedepannya untuk menyimpan kabel dengan benar dan tidak menekuknya. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kabel yang bengkok atau putus.

Baca Juga : Mengatasi Tombol Back Android Tidak Berfungsi, Simak Cara Mudahnya!

Jika cara ini tidak menyelesaikan masalah, ini mungkin karena port dan konektor tidak melakukan kontak yang cukup. Bila anda memiliki pemahaman tentang mekanisme ponsel, anda bisa melakukan beberapa perbaikan seperti berikut:

  1. Anda membutuhkan jarum ataupun tusuk gigi untuk melakukan sedikit probing.
  2. Matikan perangkat dan keluarkan baterai.
  3. Setelah itu, lihat ke dalam port. Nanti anda akan menemukan tab kecil dan gunakan jarum tersebut untuk mengangkatnya.

Anda harus memastikan bahwa ada kontak yang lebih baik antara port dan steker. Tetapi jika anda tak paham, sebaiknya jangan mencoba, karena bisa membuatnya hardware HP rusak semakin parah.

Menangani Layar Sentuh Tidak Responsif

Jika ternyata layar anda tidak responsif terhadap sentuhan, ada beberapa hal yang dapat anda coba. Salah satunya adalah dengan mematikan dan menghidupkan kembali HP tersebut.

Pilihan lainnya adalah dengan mengembalikan telepon ke Pengaturan Pabrik. Jika fungsi layar benar-benar rusak, anda memang harus mengganti layar tersebut agar bisa berfungsi kembali.

Lensa Kamera Rusak atau Kabur

Jika memiliki lensa kamera kabur atau tergores, hal pertama yang anda lakukan adalah membersihkannya dengan sangat baik. Namun, jangan langsung menyeka dengan kain. Keluarkan alkohol atau semprotan yang dimetilasi dan seka dengan benar serta pastikan bersih.

Baca Juga : Ganti IMEI HP pada Android dengan Cara Root dan Tanpa Root

Jika lensa anda masih belum mengambil foto yang jelas, ada beberapa trik kecil lain untuk menangani hardware HP rusak. Seperti menggunakan selotip, selai kacang, ataupun pasta gigi, tapi ini bukan rekomendasi yang tepat.

Yang benar-benar perlu anda lakukan adalah mengganti lensa. Ada juga cara untuk melakukannya sendiri, tetapi jangan melakukannya kecuali anda adalah ahlinya.

Kemasukan Air

Ponsel yang kemasukan air adalah salah satu bentuk mengapa hardware bisa rusak. Korsleting yang terjadi saat listrik ponsel anda bertemu air dan menyebabkan masalah.

Jika anda memiliki ponsel yang terbuka, lepaskan bagian belakang dan keluarkan baterai. Bersihkan sampai semuanya benar-benar bersih dan kering. Jika baru menumpahkan sedikit air ke ponsel, cara menangani hardware HP rusak ini sudah cukup.

Situasi anda sedikit lebih rumit karena anda tidak dapat memisahkan ponsel dan membersihkan air. Ada beberapa hal yang dapat anda coba, seperti meletakkan ponsel ke dalam sekantong beras selama 48 jam.

Letakkan ponsel sedemikian rupa sehingga cairan apapun dapat mengalir, yaitu miring atau duduk pada salah satu tepinya. Setelah menggunakan salah satu metode tersebut, anda siap untuk menghidupkan kembali ponsel.

Jika yang terburuk telah terjadi dan ponsel rusak, anda harus menghubungi pabrikan. Kerusakan air seringkali dapat membatalkan garansi, sehingga anda bisa memperbaikinya melalui tukang servis terdekat.

Itulah beberapa permasalahan hardware HP rusak dan cara untuk menanganinya. Untuk itulah, anda tak boleh salah dalam menentukan langkah saat ingin memperbaiki hardware. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Solusi Baterai Kembung agar Kembali Seperti Semula dengan Mudah