Harga Kucing Anggora Sebanding dengan Keistimewaannya

Harga Kucing Anggora Sebanding Dengan Keisitimewaannya
Kucing Anggora. Foto Ist/net

Harga kucing Anggora terbilang tinggi, namun memiliki banyak peminatnya. Hal ini karena kucing ini memiliki sifat yang manja sehingga membuatnya terlihat menggemaskan dan lucu. Maka jangan heran jika banyak orang yang menyukainya untuk menjadi hewan peliharaan.

Kucing yang menjadi hewan peliharaan memiliki banyak jenisnya. Nah, salah satu jenis yang sering menjadi incaran adalah kucing Anggora. Jenis ini populer dengan bulunya yang lembut, panjang, serta lebat.

Dengan ciri khasnya yang demikian, membuat kucing ini sering bersanding dengan jenis kucing Persia. Namun pada kenyataannya, keduanya berbeda. Kebanyakan orang memelihara kucing sebagai penghilang lelah ketika bermain dengannya.

Harga Kucing Anggora

Kucing Anggora memiliki sejarah yang menarik untuk diulik. Nama anggora orang ambil dari kota Ankara yang merupakan ibukota dari Turki. Jenis yang satu ini pertama kali orang kenal sebagai kucing yang memiliki bulu panjang dan lebat ketika berada di Eropa.

Baca juga: Kucing Bersembunyi Sebelum Mati, Ini Alasannya!

Sehingga dulunya kucing ini menjadi souvenir untuk mereka yang mengunjungi Turki. Dengan semakin lama kian populer membuat jenis kucing ini semakin langka dan orang mulai sulit mendapatkannya. Namun berkat dari Kebun Binatang Ankara, hewan yang satu ini bisa terselamatkan.

Melalui program yang mereka lakukan untuk menyelamatkan kucing dari kepunahan, membuat kucing Anggora semakin terkenal sampai saat ini.

Harga Kucing Anggora Sebanding dengan Keistimewaannya
Kucing Anggora Abu. Foto: Ist/net

Bahkan popularitasnya tidak hanya sebatas negara Turki saja, namun sudah menyebar ke penjuru dunia. Tidak heran jika harga kucing Anggora melambung tinggi, mengingat usaha pemerintah Turki menyelamatkan kucing ini dari kepunahan.

Tren memelihara kucing Anggora juga menjangkiti masyarakat Indonesia. Karena sampai saat ini, masih banyak yang menginginkan untuk memelihara dan merawat hewan yang menggemaskan ini.

Dengan meningkatnya permintaan akan kucing, membuat banyak kucing Anggora yang beredar bukan ras aslinya, namun merupakan hasil persilangan dengan kucing lokal.

Kepribadian Kucing Anggora

Salah satu daya tarik kucing Anggora adalah tampilannya yang anggun dan cantik. Hal ini tentu saja membuat orang ingin sekali memilikinya.

Baca juga: Kucing Gli di Hagia Sophia Turki jadi Favorit Wisatawan, Ini Sejarahnya!

Namun sebenarnya yang kucing ini miliki bukan hanya itu saja, melainkan juga tingkat kecerdasan yang tinggi sehingga membuat harga kucing Anggora terbilang mahal.

Selain itu, kucing Anggora juga banyak orang kenal sebagai hewan yang aktif, bagaimana tidak? Kucing ini akan melakukan apapun untuk menarik perhatian pemiliknya.

Meskipun pemiliknya tengah sibuk, kucing akan mencari cara untuk mendapatkan perhatian. Sehingga jenis yang satu ini memang sangat cocok untuk teman bermain.

Tidak hanya cerdas saja, namun kucing Anggora memiliki jiwa sosial tinggi dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.

Bahkan untuk tamu yang baru datang sekalipun, akan menyambutnya dengan ramah. Menariknya, kucing Anggora bisa beradaptasi dengan mudah ketika anda memiliki hewan peliharaan yang lainnya.

Misalnya saja ada anjing dan jenis kucing lainnya. Kucing ini tidak akan mengganggu, justru bisa berteman. Dengan kecerdasan yang tinggi terkadang membuat kucing ini bertingkah berlebihan dan membuat kegaduhan.

Oleh karena itu, perlu kesabaran yang tinggi untuk bisa merawat kucing Anggora. Dengan modal kesabaran, anda tidak akan cepat bosan dan bisa dengan mudah merawatnya. Selain itu, perhatikan anggaran untuk merawatnya dan ketahui harga kucing Anggora ketika ingin membelinya.

Ciri-Ciri Kucing Anggora

Bagi anda yang pencinta kucing, tentu harus tahu bagaimana ciri-ciri kucing Anggora. Karena banyaknya perkawinan silang yang beredar membuat orang harus jeli melihat kucing Anggora yang masih asli atau sudah campuran. Terutama lihat dari harga kucing Anggora.

Pertama, perhatikan bentuk wajah kucing yang jika melihatnya akan terlihat seperti segitiga yang terbalik dengan kepala lebih lebar dan dagu yang mengerucut. Paling menonjol adalah pada bagian kepalanya, bulu kucing ini tidak terlalu lebat dan panjang.

Telinga

Selanjutnya perhatikan bagian telinganya yang melebar pada bagian bawah dengan semakin keatas akan mengerucut seperti membentuk segitiga. Jarak antar telinga akan lebih dekat serta tidak terlalu banyak bulu panjang dan lebat yang menyelimutinya.

Dengan bulu yang tidak banyak, akan membuat telinga kucing terlihat dengan jelas. Ciri ini akan membuat anda bisa menemukan kucing Anggora yang masih asli ketika ingin membelinya.

Mata

Bagian yang tidak boleh terlupa untuk anda teliti adalah mata yang unik. Jika jeli, maka akan melihat mata kucing lebih miring dengan posisi keatas seperti buah almon dengan warna mata kuning. Matanya yang indah membuatnya memiliki harga kucing Anggora yang tidak sedikit.

Baca juga: Makanan Berbahaya untuk Kucing, Hindari!

Namun ada pula warna matanya yang biru, namun tuli tidak bisa mendengar. Kucing yang bermata biru tidak banyak dan hanya sebagian saja. Oleh sebab itu, anda harus teliti untuk menemukan kucing Anggora kesayangan.

Hidung

Berbeda dengan kucing lokal, hidung kucing Anggora terlihat lebih mancung dengan wajahnya yang lebih lonjong. Jika melihatnya dari dekat, maka akan terlihat hidungnya seperti keatas dengan lubang hidungnya terlihat.

Tubuh

Harga kucing Anggora yang lumayan mahal membuat anda harus teliti untuk mencarinya. Dengan tubuhnya yang langsing tentu akan lebih mudah menemukannya, namun tubuh kucing jantan akan lebih besar daripada yang betina.

Keseluruhan tubuh kucing akan lebih panjang dengan bagian belakang lebih tinggi daripada bagian depan. Untuk struktur tulangnya bagus dan sedikit terlihat dari tubuhnya.

Kaki

Kucing Anggora memiliki bentuk kaki lebih panjang dan tinggi. Dengan ukuran seperti membuat tubuhnya terlihat proposional dengan bentuk tubuh yang panjang karena masuk kucing medium. Kaki panjangnya akan membuat kucing lebih langsing dan memiliki harga kucing Anggora yang lumayan menguras kantong.

Ekor

Paling menarik dari bagian tubuh kucing Anggora adalah bagian ekornya yang panjang dengan bulu lebat. Bulu bagian ekor ini berbeda dengan tubuhnya yang lain. Lalu jika mengamati dengan detail, maka akan terlihat ekornya mengambang seperti miliki musang.

Bulu

Harga kucing Anggora sering tidak orang hiraukan jika melihat keindahan bulunya. Namun untuk bulunya ini akan tumbuh sesuai cuaca dimana ia tinggal.

Misalnya jika kucing tinggal pada area panas, maka bulunya tidak terlalu panjang. Beda halnya jika tinggal pada area lebih dingin, maka bulunya akan tumbuh lebih panjang.

Jika ingin membeli kucing, jangan salah pilih dengan kucing Persia. Karena kucing Anggora memiliki bulu yang tidak terlalu lebat, namun pada bagian lehernya akan tumbuh bulu paling lebat daripada area yang lainnya.

Harga

Untuk mengadopsi kucing Anggora, maka perlu menyiapkan dana yang fantastis karena memang harga kucing Anggora super mahal, apalagi masih asli belum ada campurannya. Biaya yang bisa anda siapkan kisaran Rp 4 juta sampai Rp 14 juta.

Namun untuk yang sudah mengalami percampuran, maka akan menurunkan harganya secara signifikan. Untuk itu, jika menemui harga kucing Anggora yang murah, maka perlu waspada karena sudah mengalami campuran.

Cara Merawat

Bagi yang ingin merawat kucing Anggora, maka memerlukan komitmen yang tinggi karena perlu melakukan perawatan yang rutin untuk menyisir dan menyikat bulunya. Sehingga melalui penyisiran yang rutin akan membuat bulu terlihat lebih rapi dan indah.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Hadist Tentang Pelihara Kucing, Hewan Kesayangan Rasulullah SAW

Tidak hanya itu saja, jika anda lakukan dengan rutin, maka bulunya akan terjaga kelembutannya. Lalu perawatan yang tidak kalah pentingnya juga bagian giginya setiap hari. Bagian kukunya juga harus dipotong dengan rutin agar tidak mengganggu aktivitas kucing.

Lalu bagian mata juga tidak boleh anda lupakan untuk membersihkannya dengan menggunakan lap dan bersihkan kotoran yang menempel pada bagian matanya. Dengan menggunakan kain yang halus, sebelumnya basahi dengan menggunakan sari apel serta air yang hangat.

Jangan menggunakan kapas ketika membersihkan telinga kucing Anggora karena bisa merusak telinganya. Harga kucing Anggora yang mahal harus anda imbangi dengan kebersihan bagian pembuangan kotorannya yang terjaga terus. Jika kotak kotorannya bersih, maka bisa menjaga bulu kucing Anggora tetap terawat.

Pastikan kucing ini selalu dalam ruangan saja karena agar tidak mudah tertular penyakit dari hewan lainnya. Tentu bisa berbahaya untuk keindahan bulu dan kesehatan kucing. Maka anda jangan sampai menyepelekan hal ini.

Dengan ciri dan cara merawat kucing yang berbeda, tidak heran jika harga kucing Anggora mahal. Dengan keistimewaan yang kucing Anggora ini miliki, tentu siapa saja ingin memeliharanya. (R10/HR-Online)

Editor: Eva Latifah

Aegis Boost Pro