HP Gaming Black Shark 3 Turun Harga, Recommended Buat Gamer

HP Gaming Black Shark 3 kini sudah turun harganya. Foto: Net/Ist.
HP Gaming Black Shark 3 kini sudah turun harganya. Foto: Net/Ist.

HP Gaming Black Shark 3 kini sudah turun harganya. Smartphone tersebut resmi masuk pasar Indonesia pada bulan Mei 2020 lalu. Pertama kali rilis HP Black Shark 3 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 865 ini harganya Rp11 jutaan. Namun kini sudah turun menjadi Rp8 juta.

Potongan harga sebesar Rp3 juta lebih murah ketimbang harga pada saat awal peluncurannya. Adanya penurunan harga tersebut telah diumumkan Black Shark Indonesia melalui akun Instagramnya. Dalam unggahannya itu, harga perangkat tersebut saat ini Rp7.xxx.000.

Meskipun informasi harga pada postingan itu masih tersensor. Tetapi, harga smartphone gaming ini sejak Jum’at (06/11/2020), telah berubah pada sejumlah situs e-commerce, yaitu Rp7.999.000.

Dengan harga terbaru ini, HP gaming besutan Black Shark 3 lebih murah dari beberapa HP gaming lainnya, seperti Asus ROG Phone 3 yang juga resmi masuk pasar Tanah Air.

HP gaming dari Asus itu dibandrol harga Rp10 jutaan. Walaupun lebih mahal dari Black Shark 3, namun varian RAM serta media penyimpanannya sama, yaitu 8GB/128GB.

Meski begitu, harga HP gaming Black Shark 3 untuk varian 12GB/256GB masih tetap sama, tidak ada penurunan, yaitu Rp12 juta.

Baca Juga : HP Gaming Realme Termurah 2020 Layak Dimiliki Gamer Pemula

HP Gaming Black Shark 3

Spesifikasi

Spesifikasi HP Black Shark 3 yang HR Online rangkum meliputi layar AMOLED dengan luas 6,67 inchi beresolusi Full HD Plus, dan 90 Hz refresh rate.

Kemudian, untuk touch sampling rate Black Shark 3 yang mencapai 270 Hz bisa menghasilkan respons sentuhan lebih sensitif, yakni mencapai 24 ms.

HP Black Shark 3 memiliki triple camera belakang yang tersusun dalam modul berbentuk segitiga terdiri dari 64 MP kamera utama, 13 MP kamera ultra-wide, dan 5 MP lensa depth sensor. Sedangkan, kamera depan untuk selfie memiliki resolusi hingga 20 MP.

Beralih ke dapur pacu, HP Gaming Black Shark 3 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 865. Mendapat dukungan dua varian RAM serta media penyimpanan, yaitu 8GB/128GB, dan 12GB/256GB.

Kinerja perangkat tersebut juga mendapat dukungan baterai berkapasitas 4.720 mAh, lengkap dengan fitur pengisian cepat 65 Watt.

HP gaming Black Shark 3 juga mendukung konektivitas 5G, jack earphone 3,5 mm, WiFi 6, serta liquid cooling sebagai sistem pendingin model sandwich. Sistem tersebut mampu meredam panas yang berlebihan ketika perangkat ini digunakan bermain game.

Desain

Desain pada cangkang HP gaming Black Shark 3 ini benuansa huruf ‘X’ beserta logo ikonik huruf ‘S’ yang dapat menyala. Kemudian, bagian bawah logo huruf ‘S’ ada modul magnetis berbentuk segitiga.

Jadi modul tersebut sebagai alternatif selain melalui port USB Type-C ketika mengisi daya dengan arus 18 Watt.

Baca Juga : HP Gaming Terbaik dengan MediaTek Helio G-Series, Cek Harga di Sini!

Fitur

HP Gaming Black Shark 3 memiliki fitur canggih. Salah satunya teknologi layarnya yang bermateri AMOLED seluas 6,67 inchi.

Layar AMOLED memiliki refresh rate hingga 90 Hz, serta touch response rate mencapai 270 Hz yang mampu merespons sentuhan secara gesit, yaitu hanya 24 ms.

Selain waktu dalam merespons, layar AMOLED HP Black Shark 3 juga sudah mengadopsi teknologi MEMC (Motion Estimation Motion Compensation).

Dalam Black Shark 3 ini, teknologi tersebut memungkinkan tampilan konten video akan berjalan lebih lancar dengan teknik penambahan fps (frame rate).

Dengan begitu, bermain game menjadi bebas dari gangguan. Masuk fitur gaming juga menjadi lebih spesifik karena ada fitur Shark Space 3.0. Sejatinya fitur ini telah terpasang pada semua smartphone gaming Black Shark.

Baca Juga : Spesifikasi Realme Narzo 20: HP Gaming Terbaru, Berapa Harganya?

Fungsi utama fitur yang terdapat pada HP Gaming Black Shark 3 itu untuk mencegah berbagai hal yang dapat mengganggu pengguna dalam bermain game. Seperti halnya panggilan telepon, WhatsApp, SMS, serta notifikasi dari beragam aplikasi lain.

Shark Space hanya dapat aktif dengan cara menggeserkan sebuah toggle yang ada pada bingkai kiri bagian bawah HP. Pengguna cukup menggeserkannya ke atas.

Lalu setelah menggeserkannya, pengguna akan mendapati tampilan fitur Shark Space 3.0. Di dalamnya pengguna juga bisa mengubah beberapa pengaturan.

Semuanya terangkum dalam menu Gamer Studio milik HP Gaming Black Shark 3. Seperti performa, pengaturan untuk kecepatan layar, kemudian sensitivitas display terhadap sentuhan, dan sebagainya. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah