Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Langkaplancar Pangandaran Longsor

Hujan Deras, Sejumlah Wilayah di Langkaplancar Pangandaran Longsor
Camat Langkaplancar Kabupaten Pangandaran saat meninjau lokasi longsor di Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar. Foto: Enceng/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Akibat hujan deras yang terjadi beberapa hari ini, sejumlah wilayah di Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, mengalami longsor.

Mendapat laporan adanya beberapa longsor di wilayah kerjanya, Camat Langkaplancar langsung turun meninjau lokasi bencana.

Camat Langkaplancar, Deni Ramdani, mengatakan, hujan deras yang terjadi sejak kemarin sore, mengakibatkan longsor di beberapa titik.

Bahkan yang terparah berada di wilayah Desa Bojongkondang.

“Ada yang hampir sepanjang jalan mengalami longsor, ini di Dusun Desa Blok Datar jeruk. Lokasinya berada pada jalur penghubung Langkaplancar-Cineam Tasikmalaya. Satu lagi di Jalan Raya Cibatu-Gunung Kelir,” katanya, Selasa (17/11/2020).

Deni menambahkan, untuk jalur Cibatu-Gunung Kelir sementara waktu kendaraan roda 6 tidak boleh lewat dulu, karena khawatir akan memperparah longsoran, apalagi kendaraan dengan tonase yang berat.

“Saya juga sudah memerintahkan perangkat desa untuk memasang rambu atau pagar bambu sementara, agar para pengguna jalan berhati-hari saat melintas sekitar longsoran itu,” paparnya.

Untuk kendaraan roda 2 dan roda 4, masih bisa lewat namun tetap harus berhati-hati.

“Agar jalan ini tetep bisa dilewati kendaraan roda 6, maka harus secepatnya dipasang besi bronjong. Saya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait, insya allah dalam waktu dekat akan ada pengontrolan, semoga saja bisa segera diperbaiki,” imbuhnya.

Selain Desa Bojongkondang, lanjutnya, Desa Pangkalan juga terdapat 3 titik longsor, 2 antara lain berlokasi di areal sawah dan 1 lagi berdekatan dengan MAN 2 Pangandaran.

Ia pun mengimbau warga agar selalu waspada saat musim penghujan ini, terlebih dari bahaya bencana longsor, pohon tumbang dan lainnya. (Enceng/Koran HR)

Aegis Boost Pro