IDI Ciamis Pantau Kesehatan Korban Banjir di Banjarsari dan Banjaranyar

IDI Ciamis Pantau Kesehatan Korban Banjir di Banjarsari dan Banjaranyar
IDI Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyalurkan bantuan kepada keluarga korban bencana banjir Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar, Kamis (5/11/2020). Selain memberikan bantuan, IDI juga memantau kesehatan warga pasca banjir. Foto : Ferry Ramdani/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyalurkan bantuan kepada keluarga korban bencana banjir Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar, Kamis (5/11/2020).

Bantuan berupa sembako dan alat tulis tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban banjir.

Selain menyalurkan bantuan, pengurus IDI Kabupaten Ciamis juga memantau kesehatan para korban bencana banjir. Hal tersebut sebagai upaya agar memastikan kesehatan masyarakat pasca bencana banjir.

“Hari ini, IDI Ciamis menyalurkan bantuan sembako dan alat tulis yang langsung ke posko bencana banjir Banjarsari dan Banjaranyar. Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian dari kami,” kata Sekretaris IDI Ciamis, dr. Eni Rochaeni kepada HR Online.

Menurutnya, pasca bencana banjir, pasti masyarakat kesulitan untuk mencari sandang pangan. “Tetapi alhamdulillah, bukan hanya kami saja. Bantuan untuk korban bencana banjir setiap harinya terus datang dari masyarakat Ciamis,” ucapnya.

Karena takut setelah banjir ada warga yang sakit gatal-gatal, diare, demam dan lain sebagainya, maka pihaknya juga memeriksa kesehatan warga yang terkena banjir.

“Syukur alhamdulilah, semua korban bencana banjir kondisi kesehatannya sehat dan baik-baik saja. Itu semua berkat sigapnya pelayanan kesehatan dari Puskesmas Banjarsari dan Banjaranyar,” tuturnya.

Eni berharap, melalui bantuan ini setidaknya bisa meringankan beban dan bermanfaat bagi para korban banjir.

Pihaknya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pengurus IDI Ciamis, yang turut serta ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Tak lupa, IDI Ciamis pun memberikan memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang protokol kesehatan Covid-19 kepada masyarakat.

“Supaya, pasca bencana banjir ini masyarakat tetap disiplin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Itu semua agar kita semua terhindar dari virus Covid-19,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto