Jalan Amblas di Batulawang Kota Banjar, Mobil Tak Bisa Lewat

Jalan Batulawang Kota Banjar
Jalan amblas di sekitar perbatasan Tundagan-Pager Batu, Batulawang Kota Banjar, Jawa Barat. Foto: Hendra/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Jalan aspal yang berada di sekitar perbatasan Tundagan-Pager Batu, Batulawang, Kota Banjar, Jawa Barat, amblas. Akibatnya jalan ditutup untuk mobil.

Sementara motor masih bisa lewat, namun diimbau pengendara agar berhati-hati ketika melewati jalan yang amblas tersebut. 

Babinmas Batulawang, Bripka Irfan Hidayat, mengatakan, selain amblas, jalan aspal yang berada di perbatasan Tundagan-Pager Batu tersebut juga retak. 

“Kami mendapat laporan dari warga sekitar pukul 06.30 pagi. Kami dibantu Babinsa serta perangkat desa Batulawang langsung melihat ke lokasi,” ujarnya, Rabu (18/11/2020).

Brifka Irfan menyebutkan, jalan aspal yang retak cukup dalam dan panjang. Kedalaman amblasnya sendiri sekitar 50 cm. Sementara panjang keretakannya sekitar 15 meter.

“Ini sudah membahayakan, makanya kami pasang tanaman sebagai rambu hati-hati bagi pemakai jalan,” katanya. 

Bripka Irfan menambahkan, amblasnya tanah dan retaknya jalan aspal di Batulawang, Kota Banjar tersebut, akibat dari labilnya permukaan tanah.

Selain itu juga, akibat gerusan rembesan air hujan yang turun selama dua malam berturut-turut. 

“Kami sangat khawatir kalau tanah labil ini terkena hujan lagi, maka bisa menambah kedalaman dan keretakan jalan yang lebih parah. Makanya jalur mobil kami tutup dulu kalau motor bisa melalui tepi sisi jalan yang retak. Itu juga harus hati-hati,” pungkasnya. (HND/R7/HR-Online)

Editor: Ndu