Mencari Jasa Penerjemah Tersumpah yang Terpercaya, Begini Tipsnya!

Mencari Jasa Penerjemah Tersumpah yang Terpercaya, Begini Tipsnya!
Ilustrasi Jasa Penerjemah Tersumpah. Foto: Ist/net

Jasa penerjemah tersumpah adalah layanan alih bahasa yang sudah bersertifikat resmi dari pemerintah. Berbeda dari penerjemah biasa, sebelum membuka layanan kepada masyarakat umum seorang ahli bahasa mengikuti ujian kualifikasi penerjemah dan disumpah oleh instansi pemerintah.

Baru kemudian diperbolehkan membuka penerjemah tersumpah secara resmi. Lantas, apakah Anda sudah tahu tips mencari penerjemah tersumpah? Simak yuk ulasan berikut.

Tips seperti ini penting untuk Anda ketahui dan pahami. Karena di internet semakin menjamur penyedia layanan penerjemah tersumpah. Baik itu yang dikelola oleh perorangan ataupun lembaga.

Bagi seorang penerjemah, jumlah klien bisa menjadi salah satu tolak ukur yang membuatnya semakin layak dipilih. Tips mencari jasa penerjemah tersumpah selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

Serangkaian Tips Mencari Jasa Penerjemah Tersumpah yang Terpercaya

Keamanan dan Sertifikasi

Penerjemah tersumpah memiliki sertifikasi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat. Jika Anda berdomisili di Jakarta dan hendak menggunakan penerjemah tersumpah, pastikan mereka mengantongi Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta.

Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa jasa penerjemah tersumpah yang ditawarkan benar-benar asli, bukan penyedia layanan abal-abal.

Dalam prosesi pengambilan sumpahnya, seorang ahli bahasa berjanji untuk menjaga informasi di dalam dokumen pelanggan dengan baik dan tidak membocorkan kepada pihak lain. Dengan begitu Anda tidak mengkhawatirkan keamanannya.

Untuk membuktikan sendiri dan lebih yakin, silahkan minta mereka menunjukkan sertifikat resmi yang dikeluarkan pemerintah. 

Harga

Jasa penerjemah tersumpah yang profesional dan terpercaya tidak akan mematok harga murah untuk layanannya. Adapun harga yang ditawarkan relatif mahal, namun sebanding dengan hasil terjemahan yang memuaskan dan terjamin rahasianya.

Harap waspada ketika ada pihak yang mengaku sebagai penerjemah tersumpah dan menawarkan harga sangat murah. Secara umum, tarif penerjemah tersumpah ditawarkan mulai dari Rp. 150 ribu per halaman dan bahkan ada yang mencapai Rp. 800 ribu per halaman. 

“Bagi penerjemah profesional bukan harga yang menjadi prioritas, melainkan keamanan informasi di dalam dokumen dan menyampaikan isinya sebaik mungkin” Jelas Direktur CV. Solusindo Karya Nusa, Harmoko S.H.

Review Konsumen

Apa yang ditulis oleh konsumen sesudah menggunakan layanannya bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan. Jika banyak yang merasa puas dan menyukai penerjemahannya, Anda bisa yakin untuk order disana. Semakin lama jasa tersebut buka, maka semakin banyak review konsumen yang ditulis.

Seperti CV. Solusindo yang sudah melayani sejak tahun 2013 di bidang jasa penerjemah tersumpah. Selama kurun waktu lebih dari 7 tahun, ada banyak review konsumen yang diterima. Sebagian besar konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Total ada 15 bahasa yang bisa dipilih konsumen untuk menerjemahkan dokumennya. Seperti bahasa Jepang, Inggris, Spanyol, Mandarin, dan lain-lain.

Klien yang Pernah Bekerjasama

Di website resmi jasa penerjemah biasa ditampilkan daftar klien yang sebelumnya pernah bekerjasama. Dari daftar klien tersebut Anda bisa melihat langsung siapa saja yang bekerjasama dan mempercayakan dokumen kepada penyedia jasa.

Semakin banyak klien yang pernah ditangani, maka reputasi dan tingkat kepercayaan semakin bagus. Cv. Solusindo telah bekerjasama dengan perorangan, instansi pemerintah, BUMN dan pemilik perusahaan swasta untuk menerjemahkan dokumen ke berbagai bahasa. Lebih dari dua ribu dokumen yang sukses diterjemahkan.

Layanan

Pilihlah penerjemah tersumpah yang mampu diajak konsultasi secara responsif dan menyediakan banyak metode komunikasi. Baik itu melalui telepon, chat WhatsApp dan email. Sehingga, Anda bisa bertanya-tanya dengan mudah dan jika mengalami kendala bisa segera dicarikan solusi.

Baiklah, mungkin cukup sekian dahulu pembahasan kali ini tentang lima tips mencari jasa penerjemah tersumpah yang terpercaya. Semoga uraian singkat diatas bisa bermanfaat untuk Anda. (R11/HR-Online)

Editor: Ahmad Muhafid