Jembatan Penghubung di Neglasari Ciamis Terancam Ambruk

Jembatan Penghubung
Kondisi jembatan penghubung yang terancam ambruk. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jembatan penghubung antar Desa di Dusun Girimulya, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis terancam ambruk.

Jembatan yang merupakan akses vital antara Desa Neglasari, Sukajaya dan Margajaya ini sangat penting sekali sebagai penunjang perekonomian warga sekitar.

Sementara itu, kondisi pondasi yang nyaris ambruk ini akibat gerusan air sungai yang terhambat oleh tiang beton penyangga yang berdiri di tengah sungai.

Sekdes Neglasari, Apan Ruspandi, mengatakan, adanya tiang yang posisinya persis tengah sungai tersebut menghambat laju air dan membuat penumpukan sampah saat debit air meningkat.

“Arus airnya melebar dan bagian pondasi jembatan nyaris ambruk. Apalagi saat sungai Cipamutih meluap membawa ratusan kubik sampah yang nyangkut tiang itu,” kata Apan, Kamis (26/11/2020).

Baca juga: Pohon Albasia Tumbang di Cintanagara Ciamis, 1 Rumah Warga Hancur

Melihat kondisi ini, pihaknya berkeinginan membuang tiang beton itu. Namun hal itu bukanlah perkara gampang, apalagi bila secara manual.

Sehingga, ia pun mengajukan permohonan bantuan alat berat ke Pemkab Ciamis untuk mengatasi persoalan tersebut.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan Tagana, lalu sekarang sedang membuat surat prngajuan bantuan alat untuk membuang tiang beton prnyangga tengah jembatan” pungkasnya. (Suherman/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid