Jenis Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Promosi Bisnis

jenis influencer marketing
Jenis influencer marketing. Foto: Ist/Net

Jenis influencer marketing memperlihatkan besarnya pengikut yang ada. Memilih influencer marketing perlu kita sesuaikan dengan anggaran dan produk bisnis agar hasilnya efektif. Bentuk promosi modern ini memang makin populer.

Istilah influencer semakin populer seiring makin besarnya pengaruh sosial media dalam mempengaruhi perilaku orang. Tak hanya Instagram, berbagai media sosial lainnya seperti Facebook hingga Youtube pun menggunakan istilah ini.

Influencer marketing atau influence marketing, menurut Wikipedia, merupakan salah satu bentuk pemasaran melalui media sosial yang melibatkan dukungan dan penempatan produk oleh seorang influencer.

Baca juga: Lowongan Kerja Online Tanpa Modal yang Terbukti Menghasilkan

Jenis influencer marketing itu bisa orang atau organisasi yang mempunyai keahlian, tingkat pengetahuan, atau pengaruh sosial yang luas dalam bidangnya. Konten influence umumnya berbentuk iklan testimonial dengan aksi influencer sebagai pembeli yang mereview produk.

Tidak setiap orang bisa menjadi influencer. Mereka umumnya adalah artis, tokoh, selebgram, youtuber, ataupun blogger yang memiliki follower dalam jumlah yang besar. Besarnya pengikut mencerminkan besarnya pengaruh yang dimilikinya.

Jenis Influencer Marketing dan Manfaatnya

Ada beberapa jenis influencer marketing yang biasanya menjadi ukuran nilai atau harga yang perlu dikeluarkan untuk mempromosikan produk. Banyak orang yang tergiur untuk menjadi influencer karena kerjanya yang ringan namun mendapatkan bayaran yang besar.

Mempromosikan produk melalui influencer dinilai cukup efektif. Selain pasarnya yang lebih segmented, pengaruh sang influencer juga lebih mengena. Nah, berikut ini beragam bentuk influencer marketing yang perlu Anda tahu.

Mikro Influencer

Sesuai namanya, jenis mikro influencer ini menunjuk pada tokoh atau influencer yang memiliki follower, pengikut, atau subscriber berkisar 1.000 hingga 10.000 orang. Influencer jenis ini kebanyakan ahli dalam bidang tertentu, seperti programmer, fotografer, penulis, atau atlet.

Dengan jumlah pengikut sebanyak ini seorang influencer memliki pengaruh pada media sosial. Namun kelemahannya, pangsa pasar jenis influencer marketing ini tidak besar dan terlalu spesifik. Berikut keunggulan jasa influencer mikro untuk mempromosikan bisnis.

Lebih Murah

Mikro influencer umumnya memasang harga yang tidak terlalu besar kepada para pelaku bisnis yang ingin menggunakan jasanya. Influencer ini hanya perlu membuat konten pada media sosial dan membagikan kepada pengikutnya.

Lebih Ramah

Mikro influencer umumnya memiliki kedekatan hubungan dengan para pengikutnya yang lebih dekat dan lebih akrab. Jenis pengikut mereka kebanyakan riil human, bukan fiktif, dan terpercaya.

Makro Influencer

Jenis influencer marketing selanjutnya adalah makro influencer. Mereka mempunyai jumlah follower dari 10 ribu sampai 100 ribu orang. Jenis influencer ini umumnya dari selebgram, artis, selebritis, maupun public figur yang aktif mengelola media sosialnya.

Baca juga: Ingin Mendapatkan Uang dari Facebook dengan Mudah? Begini Caranya!

Besarnya jumlah follower makro influencer justru membuatnya memiliki kelemahan karena pasarnya yang terlalu luas dan tidak tertarget. Hal ini karena jenis ini tidak menyasar niche tertentu. Berikut ini kelebihan influencer jenis ini.

Jangkauan yang Luas

Besarnya jumlah follower dari influencer jenis ini membuat jangkauan pasarnya yang luas. Ini akan membuat produk yang dipromosikannya bisa menjangkau target pasar yang sangat besar. Bandingkan dengan menggunakan media lainnya.

Mudah Terkenal

Memanfaatkan jasa influencer jenis ini juga menguntungkan karena akan membuat produk yang dipromosikannya lebih mudah menjadi viral sehingga cepat terkenal dan populer di masyarakat.

Mega Influencer

Jenis influencer marketing selanjutnya adalah mega influencer. Seperti namanya, jenis influencer ini mempunyai jumlah pengikutnya lebih dari 100 ribu orang. Lantas siapa saja yang masuk dalam mega influencer?

Baca juga: Istilah Promosi Bisnis Online yang Sering Digunakan Saat Jual Produk

Para influencer adalah para artis, selebritis, dan tokoh yang sangat terkenal. Penampilannya selalu menjadi buruan media. Berikut ini daftar 10 besar mega influencer untuk sosial media Instagram, yaitu:

  1. Instagram (375 juta follower)
  2. Cristiano Ronaldo (241 juta follower)
  3. Ariana Grande (206 juta follower)
  4. Dwayne ‘The Rock’ Johnson (203 juta follower)
  5. Kylie Jenner (200 juta follower)
  6. Selena Gomez (195 juta follower)
  7. Kim Kardashian (191 juta follower)
  8. Lionel Messi (168 juta follower)
  9. Beyoncé (155 juta follower)
  10. Justin Bieber (150 juta follower)

Kelebihan mempromosikan produk melalui jasa mega influencer adalah jangkauan pasarnya yang sangat luas. Sehingga setiap postingan promosi produknya akan segera menjadi viral dan terkenal.

Namun kelemahannya, tentu saja biaya untuk membayar jenis influencer marketing kelas kakap ini tidak murah. Kabarnya, untuk membayar sekali postingan untuk Cristiano Ronaldo pemilik produk harus membayar minimal Rp 10 miliar. (R11/HR-Online)

Editor: Deni Supendi

Aegis Boost Pro