Jenis Kucing Terpopuler untuk Dipelihara yang Unik dan Bersahabat

Jenis Kucing Terpopuler untuk Dipelihara yang Unik dan Bersahabat
Jenis Kucing Terpopuler untuk Dipelihara. Foto: Ist/net

Jenis kucing terpopuler untuk dipelihara tentu menarik anda ketahui. Kucing merupakan salah satu hewan yang sering menjadi peliharaan. Kucing menjadi salah satu binatang menggemaskan yang banyak orang gemari karena termasuk hewan penyayang dan lucu.

Memelihara seekor binatang sebagai peliharaan tentu merupakan hobi yang biasanya orang lakukan karena kecintaan mereka kepada binatang. Bicara mengenai kucing, tentu sudah bukan rahasia lagi jika hewan yang satu ini memiliki banyak jenis.

Mulai dari bentuk tubuhnya, bulu, sampai warna yang bisa membuat orang menyayanginya. Dengan memelihara kucing, bisa meningkatkan mood seseorang serta menjadi penghilang stres karena tingkahnya yang selalu menggemaskan.

Jenis Kucing Terpopuler untuk Dipelihara

Bagi anda pecinta kucing sebagai hewan peliharaan, tentu sudah tahu jika hewan yang satu ini memiliki banyak jenis. Namun tidak semua jenis kucing bisa orang pelihara dan hidup dengan nyaman bersama manusia.

Baca juga: Harga Kucing Anggora Sebanding dengan Keistimewaannya

Nah, bagi yang sedang mempertimbangkan ingin memelihara kucing, bisa menyimak jenis kucing terpopuler untuk dipelihara berikut ini.

Kucing Persia

Jenis Kucing Terpopuler untuk Dipelihara

Jenis kucing terpopuler untuk dipelihara pertama yang bisa sebagai rekomendasi adalah jenis kucing persia. Dengan rambutnya yang panjang dan lebat, tentu akan menjadi daya tarik sendiri. Bukan itu saja, bentuk wajahnya juga cenderung lebih bulat dengan hidungnya pesek.

Namun, jangan salah dengan kucing ini, karena termasuk ke dalam golongan kucing yang mahal. Seperti dengan namanya, kucing ini pertama kali orang temukan pada negara Persia atau Iran.

Mengapa terbilang mahal? Karena untuk memelihara si manis yang satu ini, perlu menyisihkan anggaran khusus demi semua perawatan yang kucing ini butuhkan.

Perawatannya harus rutin untuk menjaga kucing tetap sehat dengan keindahan bulunya. Perlakukan yang seperti ini tidak heran jika kucing persia cenderung lebih manja, setia, dan penyayang.

Jenis kucing yang satu ini memiliki beberapa jenis lagi, seperti Persia Peaknose, Persia Himalaya, Persia Flatnose, dan juga Persia Medium.

Kucing Anggora

Jenis kucing terpopuler untuk dipelihara selanjutnya adalah kucing anggora yang terkenal dengan bulu putih. Kucing ini berasal dari negara Turki. Hewan ini menjadi salah satu yang banyak orang gemari, namun sayangnya untuk jumlahnya sangat dibatasi oleh Turki.

Baca juga: Kucing Bersembunyi Sebelum Mati, Ini Alasannya!

Bukan hanya memiliki bulu yang indah, namun kucing ini tergolong hewan yang aktif untuk teman bermain. Beda dengan kucing persia. Jika kucing ini tidak memiliki bulu yang lebat pada bagian kepalanya. Selain itu, telinganya lebih lebar pada bagian bawahnya dengan bentuk yang mengerucut seperti membentuk segitiga.

Kucing Siam

Jenis kucing terpopuler untuk dipelihara lainnya adalah jenis kucing siam atau siamese yang berasal dari negara Thailand. Namun kucing ini mulai populer ketika ditemukan pertama kali di negara Eropa. Saat itu kucing jenis ini menjadi hadiah untuk Duta Besar Inggris.

Dengan tubuhnya yang lebih ramping dan ekor lebih panjang lengkap mata birunya, berhasil menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Bukan hanya itu saja, keindahan bulunya yang pendek dengan titik hitam juga menjadi sumber kecantikan kucing ini.

Jika anda mencari kucing yang lincah, cerdas, dan lembut, maka sudah sangat tepat jika memelihara kucing siam ini. Ketika pemiliknya membutuhkan bantuan, maka kucing ini memiliki insting untuk membantu.

Kucing Ragdoll

Jenis Kucing Terpopuler untuk Dipelihara yang Unik dan Bersahabat

Hewan yang bersifat jinak ini bernama kucing ragdoll. Kucing ini berasal dari Amerika Serikat. Karena sangat jinak, ketika mengangkatnya, maka akan terasa seperti mengangkat boneka. Pasalnya, terlalu lemas dan lunglai. Soal bentuk fisiknya, kurang lebih sama dengan kucing persia dan siam.

Baca juga: Kucing Gli di Hagia Sophia Turki jadi Favorit Wisatawan, Ini Sejarahnya!

Wajah dari jenis kucing terpopuler untuk dipelihara ini berbentuk bulat, memiliki sifat tenang, dan penyayang sehingga akan cocok sebagai peliharaan. Namun jangan lupa untuk memeliharanya, anda butuh tempat yang luas untuk area bermain dan petualangan kucing.

Tidak hanya itu, anda harus lebih sering menyisir bulunya yang lebat serupa dengan kelinci. Sehingga perlu menyisirnya lebih sering untuk menjaga keindahan kucing dengan bulunya.

Kucing Maine Coon

Selanjutnya jenis kucing terpopuler untuk dipelihara adalah jenis kucing maine coon. Salah satu jenis kucing yang besar dengan sifatnya yang ramah, sehingga cocok untuk menjadi hewan peliharaan.

Tidak usah khawatir jika anda memiliki peliharaan lebih dari satu jenis, karena kucing ini bisa hidup berdampingan dengan hewan lainnya, termasuk anjing.

Untuk berat badannya, jenis yang betina sampai 6kg. Sedangkan untuk jantannya sampai 8kg. Namun tidak menutup kemungkinan ada kucing main coon yang lebih berat daripada ini. Daya tarik yang kucing ini miliki terletak pada bulunya yang panjang serta ekornya.

Tergolong kucing yang cerdas dan senang bila berada dekat dengan manusia. Bahkan kucing ini bisa merespon. Jika anda perhatikan, mereka akan lebih banyak mengeluarkan suaranya.

Kucing Exotic Short Hair

Jenis kucing terpopuler untuk dipelihara yang satu ini termasuk golongan dari persia, namun dengan bulunya yang lebih pendek, wajah yang bulat, serta hidungnya pesek. Banyak yang menyamakan kucing ini dengan boneka karena pembawaannya yang tenang.

Baca juga: Unik, Kucing Adiknya Bupati Ciamis Pandai Memijat

Untuk yang tertarik ingin memelihara kucing persia dan malas merawatnya, maka kucing yang satu ini bisa menjadi solusinya. Salah satu hewan yang ramah terhadap anak dan peliharaan yang lainnya.

Kucing Abyssinians

Jenis kucing terpopuler untuk dipelihara lainnya adalah abyssinians atau lebih populer dengan nama abys. Dengan kakinya yang lebih pendek, akan menjadi teman bermain yang menggemaskan, baik untuk anda maupun keluarga.

Jenis ini termasuk yang senang berpetualang dan aktif berjalan-jalan. Biasanya kucing ini lebih suka menyendiri, namun ketika anda ajak untuk beraktivitas, maka kucing ini tidak menolaknya. Meski memiliki kaki lebih pendek, namun telinganya lebih panjang.

Termasuk kucing dengan ukuran kecil karena hanya berbobot 3-5kg saja, namun memiliki daya tarik yang besar untuk menjadi hewan peliharaan.

Kucing Sphynx

Jenis Kucing Terpopuler untuk Dipelihara yang Unik dan Bersahabat

Jika anda menyukai hewan yang unik dan berbeda, maka jenis kucing terpopuler untuk dipelihara yang satu ini bisa anda pelihara. Kucing sphynx merupakan hasil persilangan dari genetik Kanada. Tampilan kucing ini terlihat sangat mencolok karena tidak memiliki bulu.

Namun jika hanya melihat sekilas, maka kucing akan terlihat botak. Namun jika lebih dekat, maka akan terlihat memiliki bulu yang pendek dan sedikit. Nama kucing ini berasal dari sebuah patung berasal dari Mesir dengan kulitnya yang terlihat keriput dan ekor panjang.

Termasuk kucing yang lincah, aktif, serta lebih cerdas karena bisa anda latih untuk melakukan sesuatu. Dengan postur tubuhnya yang berbeda, tidak heran jika kucing ini menjadi barang mewah untuk menjadi peliharaan.

Kucing Sabana

Lalu ada jenis kucing terpopuler untuk dipelihara, yaitu jenis sabana atau savana yang menjadi hasil persilangan dari kucing Afrika, Bengal, Siam, serta Mesir. Menjadi kucing terpanjang karena memiliki tubuh mencapai 44cm dengan bulunya yang tebal, badannya lentur, serta ramping.

Apabila melihatnya, maka akan terlihat sebagai kucing liar yang buas. Namun pada dasarnya, kucing ini lebih ramah, setia, dan cerdas. Menariknya, kucing ini mudah bersosialisasi.

Kucing Manx

Kucing yang satu ini lebih orang kenal bernama rumpy dengan ekornya pendek dan bahkan pada sebagai kucing ada yang tidak berekor. Lantaran karena adanya kelainan genetik bersifat dominan. Untuk itu, dalam pengembangbiakannya harus hati-hati.

Asal kucing ini dari Britania Raya. Dengan sifatnya yang aktif dan setia, membuat orang gemar memeliharanya. Meski dengan lingkungan baru, kucing ini cepat beradaptasi.

Kucing Kampung

Jenis Kucing Terpopuler untuk Dipelihara yang Unik dan Bersahabat

Nah, yang satu ini termasuk jenis kucing terpopuler untuk dipelihara dan mudah anda jumpai. Umumnya kucing ini memiliki 1 persen dari keseluruhan jenis kucing yang ada. Siapa saja pasti tahu kucing ini karena banyak anda jumpai pada jalanan kota dan gang.

Baca juga: Makanan Berbahaya untuk Kucing, Hindari!

Nama lain dari kucing kampung adalah kucing domestik dengan dua jenis, yaitu dengan bulu panjang dan juga pendek. Kucing dengan bulu lebih pendek merupakan percampuran. Tentu jenis kucing yang satu ini begitu menggemaskan untuk anda pelihara.

Jenis kucing terpopuler untuk dipelihara diatas semuanya membutuhkan perawatan yang berbeda. Sehingga untuk merawatnya, membutuhkan biaya dan waktu khusus. Nah, apapun jenisnya, tentu akan menjadi hewan peliharaan yang bisa menemani serta menghilangkan lelah. (R10/HR-Online)

Editor: Eva Latifah

Aegis Boost Pro