Jenis Lipstik dan Fungsinya, dari Lip Cream, Balm dan Glossy

Jenis Lipstik dan Fungsinya, dari Lip Cream, Balm dan Glossy
Jenis Lipstik dan Fungsinya. Foto: Ist/net

Jenis lipstik dan fungsinya tak hanya satu macam namun ada banyak. Ada lip balm, lip butter, lip cream, lip gloss, liner, maupun lip tint. Tahukah Anda apa perbedaan maupun fungsi alat rias bibir wanita tersebut?

Seiring perkembangan style dan kebutuhan wanita untuk tampil cantik, saat ini cukup banyak produk kecantikan yang ada di pasaran. Tak hanya untuk riasan wajah, untuk menghias bibir saja ternyata juga ada banyak.

Jika dulu kita lebih mengenal alat make up bibir dengan nama lipstik, namun saat ini perkembangan jaman memang terus makin menggeliat. Apalagi perkembangan tren mode kecantikan yang juga makin pesat.

Jenis Lipstik dan Fungsinya

Untuk Anda yang sering menggunakan make up maupun ingin menjadi beauty vloger wajib mengetahui berbagai alat rias yang ada. Nah, berikut ini berbagai jenis lipstik dan fungsinya maupun efeknya yang wajib anda tahu.

Lipstik

Produk kecantikan pertama yang tentunya sudah Anda kenal tentu saja lipstik. Alat ini termasuk yang pertama muncul sebagai riasan bibir. Warnanya pun umumnya merah sehingga populer pula dengan sebutan pemerah bibir.

Baca juga: Jangan Salah Beli, Ini Jenis Lipstik yang Sesuai Kondisi Bibir

Saat ini lipstik tersedia dalam banyak warna. Dari merah, merah tua, coklat, hingga hitam. Alat pewarna bibir ini berbentuk stik dengan bahan padat. Warnanya cukup pekat dan bisa bertahan cukup lama.

Sebenarnya banyak produk lipstik yang mampu memberikan efek yang lebih variatif. Seperti lipstik bibir untuk memberikan kesan matte, satin, maupun glossy yang lebih mengkilap.

Lip Cream

Jenis lipstik dan fungsinya yang bernama lip cream pada dasarnya serupa dengan lipstik sebagai pewarna bibir. Namun seperti namanya, bentuk pemerah bibir ini bukan stik melainkan krim yang kental.

Seperti halnya dengan lipstik, lip cream juga tersedia dalam banyak warna pilihan yang bisa Anda pilih sesuai selera dan kebutuhan. Untuk memberikan pengalaman baru dalam merias bibir tak ada salahnya Anda mencoba produk ini.

Lip Balm

Jenis lipstik dan fungsinya lainnya adalah lip balm yang juga populer dengan fungsinya sebagai pelembap bibir. Hal ini karena produk ini biasanya mengandung vitamin E dan SPF yang bermanfaat dalam merawat dan melembapkan bibir.

Kebanyakan produk lip balm bentuknya krim sehingga mudah untuk mengulaskannya pada bibir. Namun ada juga chapstick atau lip balm yang berbentuk stik. Produk ini tidak mengandung warna dan hanya untuk melembapkan saja.

Lip Butter

Jenis lipstik dan fungsinya lainnya yang juga populer adalah lip butter. Fungsi produk ini juga untuk melembapkan bibir karena kandungan minyaknya yang banyak. Produk ini cocok untuk Anda yang memiliki bibir kering dan pecah-pecah.

Baca juga: Bingung Memilih Lipstik yang Bagus? Ini Rekomendasinya untuk Anda!

Namun seperti lip balm, alat ini juga tidak mengandung warna meskipun mungkin dari sisi kemasannya penuh warna. Manfaat lip butter yang utama adalah untuk membantu agar bibir lebih sehat dan menarik.

Lip Liner

Seperti namanya, jenis lipstik dan fungsinya dari produk satu ini memiliki fungsi penting untuk membingkai dan mempertegas bentuk bibir. Bentuk lip liner yang mirip dengan pensil alis membuatnya mudah untuk mengaplikasikannya.

Dalam penggunaannya, lip liner terutama untuk merapikan lipstik dan sekaligus memberikan efek yang rapi dan tidak belepotan. Alat ini bisa kita aplikasikan pada sepanjang garis bibir.

Lip Gloss

Untuk jenis lipstik dan fungsinya produk ini lebih mirip dengan lip butter, namun dengan kandungan minyak yang lebih besar lagi. Namun selain untuk mewarnai bibir, lip gloss juga berguna untuk melembapkan bibir.

Produk yang satu ini biasanya untuk menyempurnakan polesan lipstik agar memberikan kesan yang glossy dan berkilau. Anda bisa menggunakan alat ini sebagai alternatif selain lip balm maupun lip butter.

Lip Tint

Sedangkan produk lip tint juga memiliki fungsi yang serupa dengan lipstick dan lip cream yaitu untuk mewarnai bibir. Namun perbedaannya, lip tint tidak mengandung minyak sehingga lebih cepat kering setelah kita oleskan.

Baca juga: Lipstik yang Tahan Lama dan Cocok untuk Wanita Karier

Produk ini berbentuk cair dengan aplikasinya seperti kutek untuk mewarnai kuku. Produk yang populer juga dengan sebutan lip stain lebih mengandung air, gel dan alkohol.

Itulah berbagai jenis lipstik dan fungsinya yang wanita wajib tahu, khususnya untuk Anda yang ingin lebih berkreasi. Dengan beragam produk yang memiliki fungsi berlainan bisa mengatasi beragam kendala yang ada selama ini. (R11/HR-Online)

Editor: Karwati Putu Latief

Aegis Boost Pro