Strategi Bisnis Jual Beli Motor Bekas yang Menguntungkan

jual beli motor bekas
Strategi jual beli motor bekas yang menguntungkan. Foto: Ist/Net

Jual beli motor bekas bisa menjadi pilihan usaha yang prospektif. Besarnya pasar yang membutuhkan kendaraan roda dua membuat bisnis motor bekas sangat menjanjikan. Apalagi usaha ini membutuhkan modal kecil namun keuntungannya besar.

Indonesia termasuk negara dengan pengguna kendaraan bermotor roda dua yang sangat besar. Setiap tahun tingkat penjualan sepeda motor terbilang cukup tinggi. Ini tak hanya untuk motor baru, namun juga untuk yang bekas.

Menjalankan usaha jual beli kendaraan rakyat ini tidak membutuhkan modal besar. Bahkan Anda bisa memulainya dengan modal kecil, atau bahkan tanpa modal sama sekali. Strategi berjaringan bisa menjadi langkah praktis yang jitu.

Dengan kemudahan dalam menjalankannya usaha jual beli motor bekas bisa menjadi alternatif bisnis yang sangat menjanjikan. Apalagi keuntungan usaha ini bisa Anda tentukan dengan bebas sehingga juga sangat menguntungkan.

Baca juga: Bisnis Jual Beli Mobil Bekas yang Laris dan Prospektif

Yang menarik, bisnis ini juga bisa Anda jalankan sebagai usaha sampingan tanpa mengganggu tugas utama Anda. Baik sebagai orang kantoran atau pegawai negeri sipil (PNS). Bahkan jika Anda telah memiliki usaha lain.

Strategi Bisnis Jual Beli Motor Bekas

Untuk Anda yang tertarik menjalankan usaha ini, ada sejumlah hal mendasar yang perlu Anda lakukan. Nah, berikut ini beberapa strategi bisnis jual beli motor bekas dengan modal kecil namun sangat menguntungkan.

Bisnis dengan Modal Kecil atau Tanpa Modal

Barangkali Anda membayangkan bisnis motor bekas membutuhkan modal besar terutama untuk pembelian atau pengadaan kendaraannya. Memang benar, Anda perlu membeli motor bekas agar bisa Anda pasarkan kembali.

Namun jika modal Anda terbatas, Anda bisa memulainya dengan membeli beberapa motor saja. Uang hasil penjualannya bisa Anda gunakan lagi untuk modal usaha ini dan seterusnya. Gampang kan?

Bisnis jual beli motor bekas ini juga bisa jalan tanpa modal. Caranya Anda cari saudara atau kenalan yang ingin menjual motornya. Anda bisa menawarkan untuk menjualkan dan keuntungannya Anda kumpulkan untuk modal usaha ini.

Cara Mendapatkan Motor Bekas

Bisnis kendaraan bekas ini terbilang sangat mudah. Bahkan untuk mendapatkan barang dagangan berupa sepeda motor bekas Anda tidak sulit. Tak sedikit orang yang menawarkan motor bekasnya karena membutuhkan uang.

Anda bisa mendapatkan informasi orang yang akan menjual kendaraannya melalui koran lokal, radio, atau media sosial. Bahkan saat ini ada banyak grup Facebook tempat jual beli motor bekas dengan ribuan anggota.

Bekerja Sama dengan Showroom Motor

Saat ini bisnis berjualan kendaraan motor bekas telah banyak yang menjalankannya dalam skala yang cukup besar. Showroom motor tak hanya milik pengusaha yang menjual motor baru, namun tak sedikit juga untuk motor bekas.

Baca juga: Menganalisis Peluang Usaha untuk Mempertajam Strategi Bisnis

Bahkan tak sedikit kawasan khususnya di perkotaan yang berdiri showroom motor bekas. Keberadaan mereka bisa Anda manfaatkan, terutama jika Anda hanya memiliki modal terbatas dan masih pemula dalam bisnis ini.

Strategi bisnis jual beli motor bekas tanpa modal adalah dengan menjalin kerja sama dengan pemilik showroom. Bekerja sama bukanlah untuk menjadi karyawan, melainkan sebagai marketing freelance agar waktu Anda lebih bebas.

Posisi sebagai marketing freelance juga strategis agar Anda tidak tergantung atau hanya membangun kerja sama dengan satu showroom saja. Dengan menjadi tenaga pemasar bebas Anda bisa menjualkan motor bekas sebanyak yang Anda mampu.

Nah, dengan pengalaman Anda sebagai tenaga pemasar tentunya Anda memiliki bekal berharga dalam menjual motor bekas. Dengan modal yang Anda dapatkan dari hasil komisinya bisa mulai membangun usaha sendiri.

Strategi Pemasaran Motor Bekas

Setelah Anda bisa mulai membangun sendiri usaha jual beli motor bekas ada banyak strategi pemasaran yang bisa Anda jalankan. Pengalaman Anda sebelumnya tentunya memberikan bekal berharga cara menjual dengan cepat.

Baca juga: Ingin Kredit Motor Bekas? Perhatikan Hal Ini!

Anda bisa menerapkan cara konvensional yang juga banyak orang lakukan. Seperti dengan pembuatan brosur, memasang iklan kecil pada koran lokal, hingga bergabung dalam berbagai komunitas penggemar kendaraan.

Namun untuk menggenjot dan mendongkrak penjualan Anda juga perlu memanfaatkan media sosial. Seperti ulasan sebelumnya, saat ini ada banyak grup Facebook tentang jual beli kendaraan atau barang bekas. Anda bisa bergabung dengan mereka.

Selain bergabung dalam group Facebook, Anda juga perlu rajin update dan memposting motor bekas untuk Anda tawarkan melalui Facebook atau Instagram. Dengan sedikit kreativitas, usaha jual beli motor bekas akan memberikan banyak keuntungan. (R11/HR-Online)

Editor: Jujang