Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita CiamisKasus Covid-19 di Cimaragas Ciamis Akhir Tahun Bisa Turun, Asal...

Kasus Covid-19 di Cimaragas Ciamis Akhir Tahun Bisa Turun, Asal…

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Gerakan bersama melawan Covid-19 atau “GEMA 3 M”, merupakan kampanye nasional yang fokus pada upaya preventif dan promotif untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Kampanye Gema 3 M tersebut dilaksanakan serentak pada tanggal 3 November 2020 di Indonesia. Dan mendapat respon positif dari berbagai kalangan. 

Pada kampanye secara nasional itu, unsur Muspika Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, langsung bergerak ke sasaran target. Baik fasilitas umum maupun ke masyarakat langsung.

Hal serupa juga internal Puskesmas Cimaragas lakukan, terutama pada para pengunjung yang berobat maupun keluarga pasien.

Seperti hari ini Rabu (4/11/2020), kegiatan kampanye Gema 3M masih berlanjut. Kepala Puskesmas Cimaragas, Tata Sudinta, mempimpin langsung dan bergerak  menuju rumah makan Panenjoan.

Di tempat tersebut, Tata mengedukasi tentang Covid-19, sekaligus mempublikasikan pesan 3 M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun.

Tata menuturkan, edukasi tersebut agar pengusaha atau manajemen dan staf rumah makan, memiliki pengetahuan dan pemahaman yang utuh. Yaitu, terkait tentang penerapan protokol kesehatan yang dikampanyekan dengan istilah GEMA 3 M.

“Alhamdulillah mendapat respon positif dari manajer rumah makan Panenjoan. Mereka juga akan mentaati imbauan pemerintah, sebagai upaya nyata dalam ikut berpartisipasi mensukseskan pengendalian Covid-19,” tuturnya.

Tata menambahkan, berdasarkan hasil pemantauan tim, rumah makan Panenjoan sudah menyediakan tempat cuci tangan yang representatif. Selain itu, fasilitas tempat makan dan informasi tentang 3 M.

“Semoga segala upaya yang Puskesmas Cimaragas lakukan dalam mencegah penyebaran penyakit virus Corona ini, memberi kontribusi nyata dalam menurunkan kasus Covid-19. Sehingga, berdampak pula terhadap membaiknya ekonomi rakyat,” terang Tata.

Kegiatan serupa tersebut akan Ia lakukan terus menerus, demi terciptanya masyarakat yang sehat bebas dari virus Corona.

“Insya Allah kami akan terus berusaha semaksimal mungkin, demi terjaganya kesehatan masyarakat. Dan kami sangat yakin, jika masyarakat disiplin terapkan 3M, maka kasus Covid-19 di Kecamatan Cimaragas pada akhir tahun ini akan turun,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Editor: Adi Karyanto

- Advertisment -