Kawanan Monyet di Pangandaran Masuk Pemukiman Warga

Kawanan Monyet di Pangandaran Masuk Pemukiman Warga
Kawanan monyet yang masuk ke pemukiman warga di Langkaplancar, Kab Pangandaran. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Kawanan monyet masuk ke perkampungan Dusun Citarunggang, Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, meresahkan warga.

Apalagi mereka merusak tanaman milik warga sekitar.

Salah seorang warga setempat, Tatang, mengatakan, akhir-akhir ini ada gerombolan monyet liar masuk ke perkampungan dan merusak tanaman.

Menurutnya, masuknya kawanan monyet tersebut sudah sudah berlangsung cukup lama, namun waktunya tidak menentu.

“Kadang pagi, siang atau sore hari. Ada sekitar 10 ekor monyet yang muncul setiap harinya dan ini jelas sangat meresahkan,” ucapnya, Selasa (24/11/2020).

Bukan hanya merusak tanaman warga, gerombolan monyet itu juga kadang-kadang sampai merusak atap dan masuk ke dalam rumah yang kebetulan sedang kosong.

“Warga sudah berusaha menghalaunya, namun satwa liar itu tetap datang lagi. Sepertinya sudah tidak takut sama orang,” paparnya.

Ia menambahkan, kemungkinan besar faktor masuknya kawanan monyet ke pemukiman warga karena habitat aslinya terganggu dan kekurangan makanan.

“Kemungkinan kawanan monyet itu datang dari kawasan hutan lindung Gunung Parang, atau Gunung Bongkok maupun dari kawasan hutan produksi wilayah Hutan Pamangon,” pungkasnya. (Enceng/Koran HR)