Sabtu, Oktober 23, 2021
BerandaBerita TerbaruKelebihan Ban Tubles Lebih Banyak Daripada Konvensional

Kelebihan Ban Tubles Lebih Banyak Daripada Konvensional

Kelebihan ban tubles daripada jenis biasa memang lebih banyak. Meski jika anda lihat dari luar kedua jenis ban tersebut sama, namun berbeda pada penggunaan ban dalam.

Ban merupakan komponen penting pada setiap kendaraan. Ibarat manusia, ban menjadi kaki yang bisa diajak untuk pergi melangkah.

Jika tanpa komponen ini, kendaraan pun tidak akan bisa berfungsi. Seperti yang sudah anda tahu jika pada sepeda motor terdapat dua jenis ban.

Kedua jenis tersebut antara lain ban biasa dan tubles. Mungkin sebagian besar pemilik kendaraan hanya tahu jenis ban biasa. Komponen ini memang sering digunakan pada motor umumnya.

Namun, jika jenis tubles dahulunya hanya untuk kendaraan roda empat. Kini kemajuan semakin meningkat sehingga tubles bisa untuk kendaraan bermotor.

Sayangnya, penggunaan jenis ban yang satu ini tidak bisa untuk semua jenis motor. Salah satu persyaratan untuk menggunakan ban ini, yaitu motor sudah menggunakan velg racing.

Jenis tubles memang memiliki ciri khas dengan desain anti bocor. Bahkan tanpa menggunakan ban dalam. Sehingga banyak pemilik motor yang ingin menggunakannya.

Baca Juga : Fungsi Roda Gila, Sebagai Komponen Penyimpan Energi Rotasi

Ada banyak kelebihan ban tubles daripada dengan ban biasa. Hindari penggunaan ban tubles pada velg ruji, sebab tekanan angin dalam ban akan keluar melalui celah ruji.

Karena alasan inilah mengapa ban tubles tidak bisa anda terapkan pada semua jenis motor. Sesuaikan persyaratannya dulu sebelum mengganti ban biasa dengan tubles.

Kelebihan Ban Tubles

Setiap kendaraan memiliki roda untuk berjalan. Sepeda motor pun perlu adanya roda untuk bisa digunakan. Ada dua jenis ban yang biasa terpasang pada sepeda motor.

Kedua jenis tersebut adalah biasa dan tubles. Ban biasa memang sering untuk beberapa jenis motor pada umumnya. Namun, pada jenis ban tubles memiliki desain berbeda.

Perbedaannya memang tidak terlalu tampak, hanya terdapat pada penggunaan ban dalam. Ban tubles tidak menggunakan adanya ban dalam.

Karena alasan inilah mengapa sebagian besar pemilik sepeda motor menggunakan ban jenis yang satu ini. Hal ini menjadi pilihan karena ban tubles memiliki banyak keuntungan saat digunakan.

Lantas apa saja yang bisa anda dapatkan dari kelebihan ban tubles. Berikut ini ada beberapa kelebihan dari jenis roda motor yang satu ini, antara lain:

Kokoh

Jika anda lihat dari konstruksinya yang tanpa ban dalam, tentu akan sangat kokoh. Namun, sebagai gantinya, ban ini memiliki inner-liner yang langsung mengikat velg dan udara.

Bahkan ban tubles juga memiliki daya tahan yang awet. Namun, semua tergantung dari compound yang anda gunakan. Jenis ban yang satu ini juga cocok untuk anda kenakan pada saat musim hujan.

Ban Tidak Langsung Kempes

Kelebihan ban tubles berikutnya yaitu saat mengalami kebocoran tidak akan mudah kempes. Sehingga ketika terkena benda tajam seperti paku, ban tidak akan langsung kempes.

Baca Juga : Ban untuk Cornering, Teknik Aman Saat Melalui Medan Jalan Menikung

Berbeda dengan ban konvensional. Jika hal ini terjadi, anda tidak perlu menuntunnya hingga menemukan tukang tambal. Sebab, angin yang ada dalam ban mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Namun, anda juga tetap harus segera menambalnya agar tidak mengakibatkan kerusakan pada bagian lainnya. Itulah salah satu alasan mengapa pemilik sepeda motor memilih ban tubles daripada konvensional.

Waktu Penambalan Sebentar

Tidak memiliki ban dalam, inilah yang menjadi salah satu kelebihan ban tubles. Maka dari itu, jika mengalami kebocoran atau perlu penambalan, anda tidak membutuhkan waktu lama. Caranya singkat dan sederhana. Berbeda dengan ban konvensional yang cukup ribet dan lama.

Menambal dengan Sendirinya

Dalam ban jenis yang satu ini terdapat cairan anti bocor yang memudahkan dalam perawatan. Cairan tersebut pada umumnya masuk ke dalam saat pemasangan ban pertama kali.

Dengan adanya cairan ini, anda tidak perlu untuk menambalnya ketika terjadi kebocoran. Cukup ambil benda tajam yang menusuk secara otomatis cairan tersebut akan menutupnya.

Sehingga tidak akan terjadi kebocoran kembali. Ada banyak alasan mengapa ban tubles menjadi pilihan. Salah satunya karena kelebihan ban tubles cukup banyak dan beragam. Pertimbangkan untuk menggunakan ban ini. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Ban Dual Purpose, Desain Menarik Bentuk Kotak untuk Off Road
- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img